SURAT OTTO C. KALIGIS UNTUK PRESIDEN JOKOWI:  HATI HATI DIJEBAK ANIES BASWEDAN ?

SURAT OTTO C. KALIGIS UNTUK PRESIDEN JOKOWI:  HATI HATI DIJEBAK ANIES BASWEDAN ?

KoranJokowi.com, Bandung : Saat ini kembali Viral sebuah surat yang dibuat oleh Lawyer kondang – Prof. Dr. Otto Cornelis Kaligis, S.H., M.Hum., LL.M  di jagad-maya, dan saya yakini ini benar adanya, kalau pun salah , ya sudah anggap saja pencerahan untuk kita semua tentang gonjang-ganjing Proyek Formula E –  DKI Jakarta.

Kita selaku Relawan Jokowi merasa semakin ‘tercerahkan’ atas isi surat dibawah ini

Ahahah…

Hal: Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo.

Dengan hormat.

Kepada yang saya hormati Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum, setelah membaca di Media hari ini, permohonan Anies Baswedan untuk bertemu Bapak Presiden, membicarakan masalah Formula-E, bersama ini ingin memberi saran kepada Bapak untuk hal berikut ini:

1. Ide Formula E asalnya dari Anies Baswedan sendiri, tanpa melibatkan Bapak Presiden.

2. Formula E adalah proyek mercu suar Anies Baswedan, diluar janji kampanye Anies Baswedan ketika mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI.

See the source image

3. Hubungan hukum dengan Co-Founder Formula E, Alberto Longo, pihak pengusaha asing, adalah atas initiatif Anies Baswedan sendiri.

4. Penasehat hukum yang mendampingi Anies Baswedan untuk meng-review perjanjian business tersebut, sama sekali tidak melibatkan Bapak Presiden atau oleh yang ditunjuk Bapak Presiden.

5. Tempat penyelenggaraan juga ditentukan oleh Anies Baswedan, tanpa konsultasi dengan pihak terkait. Mungkin saja apabila tempat penyelenggaraan yang semula disepakati, tak dapat dipenuhi oleh Anies Baswedan, citra janjia itu dapat menimbulkan sengketa hukum.

See the source image

6. Perjanjian hukum business antara pihak penyelenggara Formula E Holding Limited (FEH) dan semua pihak terkait dengan Anies Baswedan, sepenuhnya tanggung jawab Anies Baswedan. Tanggung jawab tersebut termasuk sumbangan financiil pihak ketiga yang tidak dilaporkan. Akibatnya, pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) hasilnya berubah ubah.

7. Sumber keuangan penyelenggaraan menurut informasi berasal dari pihak ketiga, dan semua kebijakan pendanaan dan fee kepada penyelenggara Formula E Holding berasal dari rekan Anies Baswedan dan bisa saja sumbangan pihak ketiga yang diberikan kepada Anies Baswedan dalam kedudukan Anies Baswedan sebagai Gubernur bukan sebagai pribadi.

8. Sumbangan, fee dan semua sumber keuangan Formula E, baru terungkap ketika DPRD mempersoalkan proyek mercu suar Formula E nya Anies Baswedan.

9. Semua masalah penyelidikan yang bisa saja beralih ketingkat penyidikan, telah sementara dilakukan oleh KPK.

10. Seandainya Anies Baswedan yang melibatkan Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, Sekjen IMI Ahmad Sahroni dan PT. Jakpro Widi Amanasto sebagai tim untuk menemui Bapak, berhasil menemui Bapak, saya kawatir hal ini merupakan strategi akal – akalan Anies Baswedan untuk memberitahukan kepada publik, bahwa Bapak Presiden telah merestui penyelenggaraan Formula E dilokasi yang “katanya” direstui Bapak, sehingga dengan demikian pemeriksaan dugaan “korupsi” yang terjadi di Formula E, selesai dan dinyatakan pemeriksaannya ditutup oleh KPK ..

11. Perjanjian business antara pihak terkait yang tunduk kepada Arbitrase di Singapura, bisa saja menimbulkan sengketa, karena adanya syarat dan ketentuan yang tidak dipenuhi pihak Anies Baswedan.

12. Seandainya hal itu terjadi, bisa saja diforum penyelesaian sengketan dagang di Singapura, Bapak dilibatkan, akibat berhasilnya Anies Baswedan dengan rombongannya menemui Bapak.

13. Padahal dari semula penyelenggaraan Formula E, sama sekali baik pembicaraan pendahuluannya (preliminary agreement) maupun perjanjian pokoknya sama sekali diluar pengetahuan Bapak.

14. Saran. Sebaiknya, Bapak Presiden yang saya hormati, tidak terlibat sama sekali Formula E gagasan dan ciptaan Anies Baswedan. Saya kawatir usaha menemui Bapak Presiden dengan pihak asing yang terlibat Formula E dan Anies Baswedan, adalah langkah politik Anies Baswedan untuk menutup kasus sangkaan korupsi yang lagi di proses KPK.

15. Atas perhatian bapak Presiden yang saya hormati, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Prof. Otto Cornelis Kaligis.

JUST REMIND

Prof. Dr. Otto Cornelis Kaligis, S.H., M.Hum., LL.M. (lahir 19 Juni 1942) adalah pengacara asal Indonesia. Pengalaman menangani kasus di Indonesia sudah sangat banyak. Terutama untuk kalangan artis, selebritis, pejabat, dan kasus yang menyedot perhatian banyak orang.

Sebagai pengacara yang bergerak di bidang penegakan hukum dan keadilan, OC Kaligis telah memiliki pengalaman dalam beragam kasus, di antaranya adalah mengenai buruh pabrik, kuli bangunan, sopir PPD, dan rakyat miskin lainnya. Dalam satu kasus, dia juga pernah membela seorang residivis yang ditembak polisi, Sudarto, tanpa bayaran. Tapi ia juga mendampingi artis Ida IashaLidya KandouOnky AlexanderNike Ardilla, dan Zarima. Selain itu, dia juga pernah membela sejumlah pejabat dan mantan presiden, di antaranya adalah Samadikun HartonoHM Soeharto dan BJ Habibie.

See the source image

Dalam kasus pembelaan terhadap 35 orang sopir PPD yang menuntut pembayaran dana pensiun, OC Kaligis mengalami kekalahan di Mahkamah Agung. Sebagai aksi protes terhadap putusan tersebut, dia membayar sendiri ‘uang pensiun’ ke-35 kliennya hingga mereka meninggal dunia. Salah satunya untuk menentang bentuk ketidakadilan adalah dengan cara menulis surat pembaca, baik di surat kabar maupun majalah.

Kaligis memulai kriernya di bidang hukum usai meraih gelar sarjana hukum di Universitas Parahyangan Bandung, yaitu dengan magang menjadi asisten notaris Tumbunan yang berkantor di Jalan Pegangsaan. Dari status magang, dia kemudian menjadi asisten notaris.

Tidak ada manusia yang sempurna, Pada 14 Juli 2015, ia ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Penetapan tersebut terkait kasus dugaan suap hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) di MedanSumatra Utara.Sebelumnya, KPK telah meminta Dirjen Imigrasi melakukan pencegahan ke luar negeri atas nama OC Kaligis.

‘Apapun atasnama Relawan Jokowi , kami haturkan terimakasih atas pencerahannya, om Otto !

GBU

Amin

(Red-01/Foto.ist)

Lainnya,

BURUH AKAN ANTAR KERANDA MAYAT KE ANIES BASWEDAN ? – KORAN JOKOWI

ANIES BASWEDAN, KORUPSI TANAH MUNJUL JAKTIM RP.152, 5 MILYAR & SPIDERMAN !? – KORAN JOKOWI

GILBERT SIMANJUTAK TUDING ANIES BASWEDAN ‘NILEP’ DANA PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL ? – KORAN JOKOWI

Azaz Tigor Nainggolan,SH,MH:  “Anies Baswedan Itu memang sombong dan arogan !” – KORAN JOKOWI

Azaz Tigor Nainggolan,SH,MH – (19), ” Kasus Korupsi di Proyek Ajang Balapan Formula E Jakarta ” – KORAN JOKOWI

Tentang RedaksiKJ 3088 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Don't Look The Book Just from The Cover - KORAN JOKOWI
  2. Indonesia Tangguh (21), " BANDARA NGLORAM BLORA BUKAN BALAS BUDI PRESIDEN JOKOWI, NGONO ! " - KORAN JOKOWI
  3. ALUMNI KONGRES RELAWAN JOKOWI YAKIN KPK AKAN 'GANYANG DUGAAN KORUPSI FORMULA - E JAKARTA - KORAN JOKOWI

Tinggalkan Balasan