Agusnadi, “Diantara Renovasi Mushola Presiden Jokowi & Ketahanan Pangan”

Agusnadi,
“Diantara Renovasi Mushola Presiden Jokowi & Ketahanan Pangan”
Koranjokowi.com, OPini:
Pagi ini (16/1) saya mendapat telepon dari sahabat lama yang juga Staf Redaksi Koranjokowi.com – Agusnadi. Ada beberapa hal yang kami diskusikan berikut catatannya :

KETAHANAN PANGAN MELALUI DESA MANDIRI PANGAN
Isu ketahanan pangan menjadi perhatian khusus Presiden Jokowi melalui agenda pembangunan nasional 2020-2024 dengan prioritas program peningkatan ketersediaan, akses dan kualitas konsumsi pangan. Kita pernah berjaya ditahun 2019 dimana Indonesia masuk peringkat 12 dari 23 negara Asia Pasifik dengan indikator Global Food Security Index, diantaranya ketersediaan pangan, aksesbilitas pangan dan kualitas serta keamanan pangan.

Namun Pandemi Covid sejak thn.2020 membuat semua berantakan, kini Presiden Jokowi kembali meneguhkan program / isu Ketahanan Pangan sebagaimana amanah  UU No. 18 tahun 2012 yang meliputi tiga aspek, yaitu ketersediaan, keterjangkauan dan pemanfaatan.

Agusnadi yang juga Ketum LKPN- Lembaga Kedaulatan Pangan Nusantara mengatakan, “Keberadaan lumbung pangan berperan sangat penting dalam menyangga ketersediaan pangan di desa. Selain sebagai cadangan penyediaan pangan, lumbung pangan juga berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan posisi tawar petani. Pada saat terjadi kelebihan produksi, seperti saat panen raya, petani dapat mengatur supply-nya. Lumbung pangan juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpan benih.Ini saja dulu kita benahi dan tingkatkan”

RENOVASI MUSHOLA PRESIDEN JOKOWI

Agusnadi bersama panitia lainnya saat ini sedang merenovasi Mushalah (Mersah) di Desa Balai Atu, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah yang dibangun Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) ketika menjadi manajer pembibitan di PT KKA (Kertas Kraft Aceh), Tahun 1987. “Ya bang, sejak 31 Agustus 2022 lalu saya diberikan mandat sebagai Ketua panitia bersama Sekretaris  – Agustina Sri Dewi S.Sos. dan Penasehat – H. Nurdin.Ini pastinya bukan pekerjaan mudah, namun Insyaallah semua akan berjalan sesuai harapan”, kata Agus.

Masih kata Agus, “Dukungan dari tokoh masyarakat seperti Buya Afrizal Sahar serta bapak angkat Jokowi H Nurdin, yang juga sebagai bapak angkat saya demikian membuat kami nyaman dan semangat bekerja. Mengingat kondisi bangunan Mushola itu sudah demikian memprihatinkan”

Mendapatkan pahala jariyah dari membangun masjid ini motivasi panitia sebagaimana yang Agusnadi kutip dari HR. Bukhari no. 450 dan Muslim no. 533, “Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga” Sebab, aliran pahala yang tidak terputus dari setiap ibadah yang dilakukan di masjid /mushola tersebut mungkin bisa jadi salah satu pengantar menuju surga Allah

“Alhamdulillah, tgl. 12 November 2022 telah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Mersah. Kalau boleh kami sampaikan terima-kasih melalui Koranjokowi.com adalah Buya Afrizal Sahar , H Nurdin,  Camat Bener Meriah,  Danramil, Osmar Tanjung -PTPN 11, Tamrin, Sulis, serta Fauzi Omar para warga sekitar mushola dan pihak -pihak lain yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu, semoga ini menjadi ladang ibadah, aamiin yarabalalamiin” tambah Agus

Selain renovasi mushola, direncanakan akan pula dibangun fasilitas Pendidikan Islam, untuk tingkat madrasah dan tsanawiyah, serta museum maupun perpustakaan ke Islaman. Dukungan lain diberikan Thamrin  yang  bersedia menghibahkan lahan miliknya yang berada di sekitar Mersah, apabila Pendidikan Islam nantinya dibesarkan, hingga ke tingkat Pendidikan Tinggi atau untuk membangun kampus.

Insya Allah

(Red-01/Agus/Foto.ist)


Lainnya,

Tentang RedaksiKJ 3344 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan