“DUET ALWANMI & ALUMNI ST.YOSEPH VINCENTIUS BEBASKAN GUNATA & WAHAB HALIM”

“DUET ALWANMI & ALUMNI ST.YOSEPH VINCENTIUS

BEBASKAN GUNATA & WAHAB HALIM”

Koranjokowi,com, Alwanmi, OPINi:

Teman teman Alwanmi dimana saja berada,

Perdagangan putusan hakim adalah sejarah korupsi yang telah dikenal sejak  pre-kekaisaran Romawi yang penuh skandal dan intrik, korupsi senantiasa mewarnai kenaikan dan kejatuhan para kaisar. Walau penyuapan hakim secara terorganisasi baru muncul saat Pericles menyeret rivalnya Kimon, jenderal dan negarawan masyhur Athena, yang harus masuk pengadilan pada 463 SM dengan pasal pasal ‘sesuka hati dan digantung sia sia?

Vercingetorix menyerah kepada Julius Caesar

Korupsi tidak pernah bisa ditaklukkan karena pengaruhnya begitu kuat termasuk dalam ruang ruang kosong penegakan hukum dimana saja berada, dan  cilakanya , semua seakan dibenarkan dengan alasan  standar gaji  para hakim dan jaksa yang rendah atau dibawah tekanan/pesanan.  Sengketa hukum bisa dirundingkan mulai di tangan pengacara, polisi, jaksa, hingga hakim. Jika tidak berhasil mempengaruhi hakim di pengadilan pertama atau banding, di MA banyak tersedia ‘biro-jasa’ yang bisa membantu agar perkara jatuh ke tangan anggota majelis hakim favorit.

Gedung pengadilan telah di-ruilslag jadi balai lelang bahkan publik banyak yang menyebutnya sebagai  pasar,  dimana segala ada dan dapat tawar-menawar sesuai kebutuhan

Kita pernah punya  UU No. 2 Tahun 1986 tentang Peradilan Umum, misalnya, memberikan kewenangan yang sangat besar kepada Ketua MA dan Menteri Kehakiman menguras hakim /jaksa busuk. Tim Gabungan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (TGPTPK) pernah mencoba menyentuh hakim agung yang dilaporkan memeras pencari keadilan. Tapi, sebelum tugasnya selesai, lembaga itu keburu dibubarkan oleh MA sendiri dengan alasan legalitas.’Ehehe.

Teman teman Alwanmi dimana saja berada,

Mereka  tidak akan pernah merasa gentar menyalahi prosedur dan memelintir kaidah-kaidah hukum, sekaligus memamerkan hasil curiannya, selama mereka sadar tak akan ada yang mengadili mereka selain dirinya sendiri.

Salah satu contoh atas hal diatas,Kamis, 19 Okt 2023 lalu dimana Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi KPK atas hakim agung Gazalba Saleh, yang didakwa KPK dalam kasus pengurusan perkara yang diduga menerima suap. Namun tidak demikian dengan ke-5 orang mitranya

KPK Menahan Mantan Hakim Agung Gazalba Saleh Terkait Kasus ...

1. Hakim agung Sudrajad Dimyati (SD) awalnya divonis 8 tahun penjara. Hukumannya lalu disunat di tingkat banding dengan alasan sudah lama mengabdi sebagai hakim.
2.Hakim Elly Tri Pangestu (ETP) dihukum 4,5 tahun penjara.
3. Hakim Prasetio Nugroho, dihukum 9 tahun penjara.
4. Hakim Edy Wibowo dihukum 4,5 tahun penjara.
5. Hakim Prof Dr Hasbi. Prof Hasbi merupakan Sekretaris MA dan kini mengajukan cuti besar. Kini ia masih ditahan di sel KPK


Bukti lain?, Tahun 2021 lalu beredar rilis yang menyatakan bahwa lebih dari 200 jaksa dikabarkan bermasalah dengan hukum dan kedisiplinan kerja sehingga diproses oleh Kejaksaan Agung. Bahkan, sebanyak 20 orang diantaranya telah dipecat akibat pelanggaran berat. Bahkan  sebanyak 159 orang  diperiksa oleh Jaksa Agung Muda Tindak Penindakan  dimana mereka bermasalah karena tidak disiplin dalam menjalankan tugas juga korupsi dsb.

Ada juga kasus lain dimana Tahun 2023 lalu Komisi Yudisial (KY)  merekomendasikan  24 hakim yang terbukti melanggar Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) . Jenis pelanggaran KEPPH yang dilakukan oleh 14 hakim tersebut, diantaranya: 1 hakim  melakukan perselingkuhan, 2 hakim menerima gratifikasi, 1 hakim berkomunikasi dengan pihak berperkara, 9 hakim berpura-pura tidak profesional, dan 1 hakim tidak memberikan akses kepada pelapor untuk bertemu anak kandungnya.

Teman teman Alwanmi dimana saja berada,

Apa yang dilakukan  hampir 150 orang  perwakilan Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) dan Alumni St.Yosep  Vicentius Jakarta (Rabu,17/4) di PN Kota Bekasi adalah aksi senyap biasa yang kerap kami lakukan , namun kali ini agak sedikit  ‘gaduh karena tuntutan 5 tahun penjara oleh JPU di PN Bekasi  kepada sahabat kami Gunata Prajaya Halim – Dewan Redaksi Koranjokowi.com & Ayahanda, Wahab Halim 85 thn agak sulit diterima dengan besar hati. ‘Ehehehe. Bahkan wajar jika kami menganggap kasus ini seolah ‘dipaksakan!

Hal lain  yang kami anggap masih ‘tanda – tanya’ adalah

Adanya surat Kalapas IIA Bekasi , M.Susanni No.W.11.PAS.PAS.7.PK.05.12.1047 tgl. 17 April 2024, pkl. 14.00 , namun di gd.Terpadu PN.Kota Bekasi , Gunata baru mengurus semuanya sekitar pkl.15.20. Juga jika melihat SIPP PN Bekasi seharusnya Gunata keluar (Bebas sementara) atau habis masa tahanannya di Lapas tgl.16/04/2024, atau pukul.00. Selasa dini hari . Apakah memang seperti ini aturannya, atau ‘molor’ hingga lebih 24 jam lamnya?. Bukankah urusan seperti ini sesuatu hal yang biasa di Lapas / Rutan mana saja sejak Republik ini berdiri, bukan hal istimewa, sehingga ‘preparationnya seharusnya dapat dilakukan H-1 juga pada kasus Gunata kemarin, seharusnya semua ‘prepared’ pada tgl.16 April 2024.

Kenapa?

Diary Relawan Jokowi: KONGRES RELAWAN JOKOWI SEDUNIA 2013, BANDUNG. “Koranjokowi.com & Alwanmi”

Jika itu semua benar untuk apa juga Gunata dibawa ke PN Kota Bekasi pada tgl.17/04 ,pkl.09.00. Kemudian kembali lagi ke Lapas sekitar pkl.10.30-an lainnya, kemudian keluar Lapas lagi sekitar pkl. 14.00 menuju PN Kota Bekasi apakah diwajibkan tetap menggunakan mobil tahanan di pkl.09.00 pagi?, bukankah secara simbol Gunata sudah bebas (sipil merdeka)

Saya ingat sekitar Jumat, 3 Maret 2017 lalu terjadi sekitar 73 perkara /sidang di PN Jambi harus ‘tertunda’ gara – gara adanya kerusuhan  di Lapas Klas IIA Jambi,  sehingga berdampak pada penundaan persidangan . Namun kemarin di PN Kota Bekasi, dari beberapa sumber mengatakan banyak penundaan sidang karena ada aksi senyap Alwanmi. ‘Memang ada apa dengan Aksi kemarin?

Agh, sudahlah.

Teman teman Alwanmi dimana saja berada,

Pada kesempatan ini dihaturkan terima kasih kepada teman – teman Alumni St.Yoseph Vincentius dan lebih dari 34 teman – teman media non-mainstream yang telah hadir. Mohon maaf jika selama ini ada hal yang kurang berkenan.  Kita akan tetap ‘keep contact’ ,sambil kita terus diskusikan hal hal dibawah ini sebagaimana teman-teman sampaikan kemarin.

Juga ucapan terima-kasih kepada Kapolres Kota Bekasi dan PN Kota Bekasi yang telah memfasilitasi rangkaian acara sehingga tepat waktu dan berjalan tertib. Sehingga tidak mengganggu publik dan karyawan PN Kota Bekasi yang punya tagline ‘Selangkah Lebih Maju’ ini untuk tetap bekerja.

Semoga Aksi Senyap di PN Kota Bekasi  kemarin adalah awal dan akhir dari kasus Gunata Prajaya Halim & Ayahanda, Wahab Halim, Sehingga kami pun tidak perlu lagi melakukan aksi berjilid-jilid kedepannya. Gedung PN Kota Bekasi  yang diresmikan Desember 2023 dengan luas lebih dari > 1200 meter dan ber-anggaran sekitar Rp.45 milyar APBD TA.2021 pastinya tidak seperti gedung lainnya di Indonesia. Gedung ini kami yakini, tetap Kokoh dan manusiawi juga menjunjung tinggi Peradilan Hukum sebagaimana harapan orang banyak, termasuk Alwanmi , ke-34 media non-mainstream dan Alumni St.Yoseph Vincentius.

Aamiin yarabil’alamiin.

‘Merdeka !

Jakarta, 18 April 2024.

KordNas.Alwanmi

Arief P.Suwendi

Sekretaris jenderal,

Ir.Chrisman A.Simanjuntak

Lainnya

(Silahkan klik tautan ini)

Gambar Tanda Panah Melengkung - (546x596) Png Clipart Download

 

 

@koranjokowi.com

Link Tiktok dibawah ini sudah dimakan ‘hantu’ sejak tgl.19 Maret 2024 lalu, ngeri ya.

@koranjokowi

FOTO BICARA INDONESIA

“SOLUSI SERTIFIKAT OVERLAPPING”

“SOLUSI SERTIFIKAT OVERLAPPING” Koranjokowi.com, Alwanmi, OPINi: Sertifikat  Ganda/Tumpang – tindih (overlapping) adalah sertifikat yang untuk sebidang tanah diterbitkan lebih dari satu sertifikat yang letak tanahnya bertindihan seluruhnya atau sebagiannya. Maka demikian penting semua instansi terkait  […]

FOTO BICARA INDONESIA

TM. Rajuli, “HUKUM CAMBUK , PANTASKAH ?”

TM. Rajuli, “HUKUM CAMBUK , PANTASKAH ?” Koranjokowi.com, Alwanmi, OPINi: Sebelumnya atas nama pribadi, keluarga dan penasehat Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) menghaturkan ucapan ” Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H! Mohon maaf lahir […]

FOTO BICARA INDONESIA

OMBUDSMAN ADALAH SAHABAT ALWANMI

OMBUDSMAN ADALAH SAHABAT ALWANMI Koranjokowi.com, Alwanmi, OPINi: Mal-administrasi secara harfiah adalah pelayanan yang buruk atau jelek, istilah ini biasa digunakan pada layanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat. Adapun lembaga negara yang berwenang melakukan pengawasan penyelenggaraan […]

Tentang RedaksiKJ 3837 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan