Pengadilan dan keadilan Hukum Diantara Kasus Gunata, Wahab Halim  & Mas’ud

Pengadilan dan keadilan Hukum Diantara

Kasus Gunata, Wahab Halim  & Mas’ud

Koranjokowi, Alwanmi, OPINi:

Pengadilan dan keadilan Hukum. Dua kosakata ini sangat berkaitan antara adanya persoalan hukum dan keputusan dalam kasus hukum yang terjadi. Sebagai orang awam pun saya melihat ada celah diantara kedua-nya antara Pengadilan dan keadilan yang selalu di manfaatkan oleh para penegak hukum, akibat karena minimnya kita (masyarakat) akan pengetahuan tentang hukum, oleh karena itu  hukum (bisa menjadi) produk cari untung bagi para aparatur penegak hukum yang nakal.

Hal ini terlihat jelas dari jalannya proses hukum yamg di alami bapak Gunanta dan ayahanda (Wahab Halim)  atas tuduhan yang mereka hadapi dan kemudian menjadi perhatian rekan rekan Koranjokowi.com khususnya PimRednya, Arief P.Suwendi bersama mitra-kerja yang tersebar di puluhan media online (Bang Edo, Lelly, Demos, Ben, Lala, Hamdan, Petrik, Rudi, Guntur, Lemen, Emy, Daeng, dsb)

Kang Arief – kembali membangunkan Aliansi Wartawan Non-mainstraem Indonesia (ALWANMI) setelah tiarap sejak pasca Pilpres 2019 lalu di Gedung Juang, Jakarta Pusat sebagaimana yang saya dengar selama ini sejak sidang ke-10 lalu.

Saya juga awam dalam disiplin ilmu ke-jurnalistikan, namun sejak bertemu kang Arief saat menjadi bagian Timses Pileg di Dapil 2 Jakarta utara  lalu saya mulai memahami arahan  agar kenapa saya jangan takut untuk menulis , banyak hal yang terjadi disekitar yang dapat kita tulis. Menulis tidak memerlukan ijasah ke-ilmuan karena setiap manusia diberikan berkat oleh TUHAN salah satunya adalah menulis.

“Menulis juga adalah bagian dari ibadah”, itu pesan yang terkesan bagi saya sampai saat ini.

Contoh kasus lain yang dihadapi kerabat dari bang Husni M .’Bayok – Dewan Redaksi Koranjokowi.com Bd.Hub. Antar Lembaga (Bernama bapak Mas’ud Bin Mahmud)  seorang kepala rumah tangga dengan seorang istri dan tiga orang anak, kasusnya pun bagi saya yang awam terkesan dipaksakan atas tuduhan hukum tampa prosedur yang jelas dari penegak hukum, ini disampaikan istri terdakwa Kurniasih dan kedua anak yang hadir di JFS Jatinegara hari Rabu, 24 april 2024 pukul 18.00 lalu. tampak kecemasan dengan keadaan hingga untuk penasihat hukum pun istri Mas’ud mengatakan belum ada.

Kemasan acara malam itu bukan saling bedah akan pasal – pasal KUHP yang dituntutkan kepada bapak Mas’ud namun dibuat lebih dalam (Indeep-news) atau kang Arief sebut dengan ‘Human-news, penuh air-mata. Hadirin yang juga keluarga besar ALWANMI hampir semua hanyut dalam emosional dan perlawanan psikological (Psicological-touch). Saya yakin kalau pun malam itu ada robot atau Tirex sekali pun pastinya akan menitikan air-mata disaat kang Arief meminta istri dan ke-2 anaknya melakukan testimoni atas kasus yang dihadapi suami dan ayah mereka

“Papa Mas’ud adalah orang baik bahkan kerap  mengingatkan kami sebagai anak-anaknya untuk tetap berbuat baik, penjara bukanlah jawabannya namun kami menerima ujian ini dalam menuju tahapan derajat yang akan lebih baik lagi. Pastinya kami juga punya hak untuk melawan”, seperti itulah garis besar atas testimoni istri dan ke-2 anak Mas’ud.

Apapun kini saya mempunyai banyak teman baru baik di Koranjokowi atau Alwanmi, mahal harganya buat saya yang merasa ‘anak jagung dalam dunia ke-jurnalistik-an ini. Seru aja.

Dalam kasus Gunata Prajaya,Wahab Halim dan Mas’ud kembali ada pertanyaan besar dalam kepala kita, “Pengadilan dan keadilan hukum akan berpihak kemana?”

Kerinduan, kecemasan bahkan mungkin batin mereka dan kita semua menjadi  marah atas keadaan ini, atas rekayasa hukum yang dibuat buat, yang salah jadi benar, yang benar di persalahkan..LAWAN !
——-
Setiap orang punya tujuan yang indah..
tapi tak semua orang punya langkah yang mudah..

Semoga tulisan ‘asal’ ini menjadi ibadah saya, Amin.

(#kikelputih)

-Red.01/Foto.ist-

Lainnya

(Silahkan klik tautan ini)

Gambar Tanda Panah Melengkung - (546x596) Png Clipart Download

@koranjokowi.com

Link Tiktok dibawah ini sudah dimakan ‘hantu’ sejak tgl.19 Maret 2024 lalu, ngeri ya.

@koranjokowi

 

Tentang RedaksiKJ 3837 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan