Bupati Gianyar – Made Mahayastra, ” BANGGA ATAS KINERJA PDAM TIRTA SANJIWANI  & BANK  DAERAH GIANYAR”

Bupati Gianyar – Made Mahayastra, ” BANGGA ATAS KINERJA PDAM TIRTA SANJIWANI  & BANK  DAERAH GIANYAR”

KoranJokowi.com, Kab. Gianyar, Bali : Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar. Pada ajang Top BUMD Awards 2021 yang dilangsungkan di Jakarta pada Jumat (10/9), PDAM Tirta Sanjiwani Gianyar dan Bank Daerah Gianyar memperoleh penghargaan Top BUMD kategori bintang 4. Prestasi tersebut telah diraih tiga kali berturut-turut sejak tahun 2019 oleh PDAM Tirta Sanjiwani dan kali pertama oleh Bank Daerah Gianyar.

Bupati Gianyar – Made Mahayastra juga menerima 2 penghargaan sebagai Top Pembina BUMD 2021 pada PDAM Tirta Sanjiwani dan Bank Daerah Gianyar sementara Direktur PDAM Tirta Sanjiwani dan Bank Daerah Gianyar memperoleh penghargaan Top CEO BUMD 2021. Dengan demikian, Gianyar memborong pulang 6 penghargaan sekaligus.

TOP BUMD Awards adalah kegiatan pembelajaran dan pemberian penghargaan BUMD yang terbesar di Indonesia. Terdapat empat kriteria penilaian dalam ajang ini yakni berkinerja baik, banyak melakukan improvement/inovasi perbaikan, berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, serta memiliki strategi dan inovasi di masa Pandemi Covid-19 agar bisnis tetap tumbuh berkelanjutan.

Penghargaan Top BUMD Award tidak serta merta didapatkan oleh PDAM Tirta Sanjiwani, tentunya dengan melakukan berbagai terobosan dan inovasi ditengah pandemi, salah satunya memberikan kemudahan akses pelayanan pembayaran PDAM secara online. Disamping melakukan efisiensi, PDAM Tirta Sanjiwani juga melakukan pengembangan Air Minum Dalam Kemasan. Jadi PDAM Tirta Sanjiwani melayani air minum dalam saluran pipa maupun dalam kemasan.

Mengurangi beban masyarakat di tengah pandemi,  PDAM memberikan relaksasi kepada pelanggan. artinya tidak melakukan pemutusan jika ada keterlambatan membayar tetapi jika pelanggan menunggak kita berikan kebijakan relaksasi pembayaran tanpa mengurangi nilai misalnya hutang Rp100.000 bisa dicicil. Begitupula dengan permintaan sambungan baru, pelanggan cukup mengajukan permintaan serta membayar deposit serta sisanya dapat dicicil.

Kurda GAS adalah terobosan Bupati Gianyar Made Mahayastra yang diluncurkan akhir tahun lalu. Kurda GAS diperuntukkan bagi 7.554 keluarga pra sejahtera Gianyar berdasarkan SK Bupati tahun 2019. Untuk mengaksesnya, ada beberapa persyaratan yaitu harus terdaftar sebagai keluarga pra sejahtera Gianyar pada SK Bupati tahun 2019 tersebut, harus memiliki usaha, dan usaha tersebut harus berada di wilayah Gianyar. “Usaha apa saja, misalnya dagang canang, membuat jajan, usaha kecil lainnya, akan dibantu permodalannya sesuai persyaratan,” tambahnya.

Hingga akhir Agustus 2021, Bank Daerah Gianyar telah mensurvey 191 keluarga pra sejahtera. Dari jumlah tersebut yang layak mendapat bantuan sebanyak 48 KK. Total pinjaman yang sudah digulirkan sebesar 226,5 juta rupiah. Masing-masing mendapat pinjaman maksimal lima juta rupiah dengan jangka waktu tiga tahun.

Kurda GAS ini merupakan kredit tanpa agunan dengan bunga 6%per tahun saat ini bunga segera diturunkan menjadi 4% per tahun. Dana Kurda GAS sendiri berasal dari APBD Pemkab Gianyar tahun 2020 sebesar 3,5 miliar rupiah, yang pengelolaannya dipercayakan kepada Bank Daerah Gianyar. Proses survey masih terus berlanjut, sehingga Kurda GAS ini semakin luas penyalurannya dan mampu membantu permodalan masyarakat pra sejahtera Gianyar.

(Komang/Foto.ist)

 

Tentang RedaksiKJ 3810 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Ayo Ke Gianyar - (2), "BUPATI GIANYAR TERSEDERHANA" - KORAN JOKOWI
  2. Ayo Ke Gianyar - (2), "BUPATI GIANYAR KE-11 YANG SEDERHANA" - KORAN JOKOWI

Tinggalkan Balasan