PERSETERUAN AHMAD YANI & NASUTION, SUKARNO KALAP. ‘CAPE DEH ! – (1)

PERSETERUAN AHMAD YANI & NASUTION, SUKARNO KALAP. ‘CAPE DEH ! –  (1)

KoranJokowi.com, Jakarta : Setelah Bung Karno (BK/ Presiden Sukarno) menyetujui Ahmad Yani sebagai KSAD , 23 Juni 1962 lalu.

Hubungan AH.Nasution (AHN) dan Ahmad Yani (AY) menjadi ‘berjarak, kubu AHN menganggap BK terlalu ‘menganak-emaskan’ AY Karena mendapat akses 24 jam untuk menghadap atau sekedar ‘ngopi cantik’ dengan BK di Istana Merdeka atau Istana Bogor.

AY melakukan reshufle atas beberapa Pangdam agar lebih ‘full-power‘ menghadapi PKI. Entah apa alasannya AHN bertolak belakang atas sikap AY ini.

Bahkan Wakil Perdana Menteri I – Soebandrio dalam Kesaksianku Tentang G-30-S, hal itu memang yang diinginkan Sukarno dari pengangkatan AY.

“Tugasnya, secara formal, jelas memimpin pasukan TNI AD, namun di balik itu AY mendapat misi khusus dari presiden agar membatasi desakan kubu Nasution terhadap pemerintah,” kata Soebandrio. ‘Weeh..

Kedekatan AY dengan BK selain karena berprestasi, BK merasa ‘di-bapake‘ oleh AY, baik dalam situasi venting saat bekerjasama dengan BK selama di KOTI (Komando Operasi Tertinggi) dan beberapa kebijakan BK yang dianggap ekstrim oleh yang Lainnya.

Kalau pun AY kritis, namun AY tidak pernah mau ‘perang-terbuka’ dengan BK dalam arti diforum atau menggunakan media/pers.

AY sebagai seorang Jawa, memang lebih ‘peka’ untuk ini, kalau pun kemudian AY harus menelan air ludah pahit saat mitranya banyak yang menyebut AY sebagai ‘Jenderal Borjuis’, karena kerap keluar masuk Istana. ‘ahahah..

BOM WAKTU ITU pun meledak, Karena AHN mengambil inisiatip ‘sendiri’ menjelang Dwikora, AHN meski sudah tak punya wewenang komando, AHN nekat mengorganisasi kegiatan anti-Malaysia di Kalimantan untuk menarik simpati rakyat kepada AD sekaligus mengungguli PKI dan BPI (Badan Pusat Intelijen) di bawah Soebandrio. Nasution bahkan memerintahkan Panglima Kalimantan Kolonel Hassan Basri mengirim pasukan ke Kalimantan Utara untuk operasi-operasi intelijen.

Prilaku AHN ini membuat BK ‘ngamuk, AY pun dipanggil ke istana , “Nasution menyalahi aturan…!”, mungkin demikian hardik BK kepada AY, kemudian menutup pintu ruang kerjanya keras. ‘Bruukk.. !!

BK sangat marah dengan tindakan Nasution yang melangkahi jalur komando itu, dan dia mulai menyabot kebijaksanaan Indonesia terhadap Malaysia.

Jika saya adalah AY, tidak terbayang apa yang harus saya lakukan saat itu, Tetap berdiri tegak dan memberi hormat BK, “SIAP, LAKSANAKAN !”

Atau menurunkan Tongkat komando yang ada diselipan ketiak kanan, dan menaruh kelengan kiri , setelah itu telapak tangan kanan kemudian reflek memegang dahi dan berucap, ‘Cape deh ..!!
..
(Teman KoranJokowi.com, wajar jika AY mengatakan itu, karena keserba-salahannya bagaimana harus menjalankan titah BK itu sedangkan AHN adalah mitra, hyalah..)

BERSAMBUNG
(Red-01/foto.ist)

 

Tentang RedaksiKJ 1203 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan