Ngopitainmen (23) ” HAPPY B’DAY ABUNAWAS, KEEP MOVING ! “

Ngopitainmen (23)

” HAPPY B’DAY ABUNAWAS, KEEP MOVING ! “

Koranjokowi.com, Bandung :

Figur Abunawas (Abunuwas) menjadi teka – teki, ada yang menyebutnya sebagai dongeng dsb. Namun dibeberapa sumber disebut  Abunawas bernama asli ‘Abu Ali Hasan bin Hani’ al-Hakami, seorang penyair yang sangat masyhur pada zaman Bani Abbasiyyah bahkan dianggap sebagai pemimpin para penyair di zamannya..

Abu Nawas Memang Debitur yang Cerdik, Tuan Tanah Kena Tipu

Dalam hidup kita,  sudah ‘terpatri jika Abunawas  adalah seorang humoris yang lihai dan cerdik dalam mengemas kritik berbungkus humor. Maka wajar jika dia banyak punya musuh namun juga sahabat yang melindunginya.

Diperkirakan, dia terlahir antara tahun 747 hingga 762 M di Damaskus, Ayahnya bernama Hani seorang anggota tentara Marwan bin Muhammad atau Marwan , Khalifah terakhir Dinasti Umayyah di Damaskus.

Disebagian sumber disebutkan jika figur masa lalu Abunawas itu memang ‘laki – laki nakal, semua prilaku maksiat telah dijalani  dan itu banyak juga mewarnai syair-syairnya. Sehingga saking banyaknya dia berbicara tentang masalah khamr (minuman keras/alkohol) , sampai-sampai kumpulan syairnya ada yang disebut khamriyyat.

Sedangkan ibunya bernama Golban atau Jelleban seorang penenun yang berasal dari Persia. Sejak lahir hingga tutup usia, Abu Nuwas tak pernah bertemu dengan sang ayah. Ketika masih kecil, sang ibu menjualnya kepada seorang penjaga toko dari Yaman bernama, Sa’ad al-Yashira.

Abu Nuwas muda bekerja di toko grosir milik tuannya di Basra, Irak. Dan, berbekal otak yang encer , dia disukai bossnya sebagai pekerja yang ulet. Juga menjadi perhatian seorang Walibah ibnu al-Hubab,  penulis puisi berambut pirang. Al-Hubab pun memutuskan untuk membeli dan membebaskan Abu Nuwas dari tuannya.

Sejak itu, Abu Nuwas pun terbebas dari statusnya sebagai budak belian. Al-Hubab pun mengajarinya teologi dan tata bahasa. Abu Nuwas juga diajari menulis puisi. Sejak itulah, dia begitu tertarik dengan dunia sastra. Ia kemudian banyak menimba ilmu dari seorang penyair Arab bernama Khalaf al-Ahmar di Kufah. Dia pun  pun diangkat sebagai pendekar para penyair. Tugasnya menggubah puisi puji-pujian untuk khalifah. Itu pun setelah dia diminta bertaubat untuk ‘meninggalkan semua prilaku maksiat’ yang selama ini dilakukannya. 

Kegemarannya bermain kata-kata dengan selera humor yang tinggi membuatnya menjadi seorang legenda. Namanya juga tercantum dalam dongeng 1001 malam. Meski sering ngocol, ia adalah sosok yang jujur. Tak heran, bila dia disejajarkan dengan tokoh-tokoh penting dalam khazanah keilmuan Islam. Kedekatannya dengan khalifah membuatnya berakhir di penjara. Namun sikap krtis kepada penguasa tiada jera, suatu ketika, Abu Nawas membaca puisi Kafilah Bani Mudhar yang membuat khalifah tersinggung dan murka.

Dia pun di penjara, puisi-puisi Abunawas berubah menjadi religius, dia kembali ‘taubat,  kepasrahannya kepada kekuasaan Allah menjadikan Syair-syairnya tentang pertobatan sebagai ungkapan rasa keagamaannya yang tinggi. Kehidupan rohaniahnya terbilang berliku dan mengharukan.

Setelah ‘menemukan’ Allah, inspirasi puisinya bukan lagi khamar, melainkan nilai-nilai ketuhanan. Di akhir hayatnya, ia menjalani hidup zuhud. Seperti tahun kelahirannya yang tak jelas, tahun kematiannya terdapat beragam versi antara 806 M hingga 814 M. Ia dimakamkan di Syunizi, jantung Kota Baghdad. 

Abu memang pribadi yang misteri, hitam putih hidupnya hanya dia dan Tuhan yang tahu

Innalillahiwainaillaihirajiun, RIP.

ABUNAWAS, ANGGIAT SUGIATTO KORANJOKOWI.COM

Malam ini (10/8) adalah bertepatan ulang tahun ‘sohib berat Koranjokowi.com, Anggiat Sugiatto, yang akrab dipanggil Bro Abu, Abunawas. Dia adalah sohib ‘jempolan sejak masih dibangku putih abu – abu, naik turun perjalanan hidup kami saling tahu dan saling menghormati.  Tidak saling intervensi namun saling dukung dalam segala hal.  Sejak aktif sebagai Relawan Jokowi- Ahok pula kami sama sama membangun Tabloid Mediaummat, KoranLembang, PERI – Persatuan Relawan Indonesia dan Koranjokowi.com.

Apakah ada kaitannya antara Abunawas si penyair itu dengan Bro Abu?, silahkan ambil kesimpulan sendiri saja. Yang jelas malam ini saya melihat Bro Abu demikian menikmati kesahajaannya dengan teman teman dekatnya. Saya menikmati dari meja terbelakang stage bersama sohib Marojahan Aruan, Agus dimen, dsb. Sayang malam ini beberapa sohib dekat seperti Maydin Sitanggang, Widiarta ‘Bibib, Jimmy Hongrius, Gaust Hunter ‘Bewok, Jerry A.Hongrius, Eddy Vico Bey ‘Cengkewek,  Uhay Nasuhi, Jack Marzuki, TM. Rajuli, Anes ‘botak, Otez Palaniko, ‘Mbah Bardi, Sangap Sidauruk, Ale Rikumahu, Iqbal ‘Jibal,  Heru Pras, Budi Mandala, Mat Rahmat, Heru ‘Nyong, Anung, Do’odoo, Piet Baskoro, Aloysiun Wibowo ‘Bowo, Freddy Mandagi, dsb ‘berhalangan hadir’ karena ada urusan negara lainya. Namun doa pastinya hadir diantara bintang malam ini. Aamin.

Barakallah Fii Umrik, Bro Abu.. Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan dan kelapangan rizki untukmu.
Barakallah Fii Umrik, Bro Abu. Semoga diumurmu yang kesekian tahun ini, Allah memberikan kesehatan, perlindungan, rizki yang melimpah, dan kebahagiaan hidup dunia akhirat.
Barakallah Fii Umrik Bro Abu, Semoga panjang umur dan sehat selalu.
Kami akan selalu dekatmu, hadapi hidup dengan kebersamaan
sebagaimana yang diajarkan para orang tua dan leluhur kita.
‘Rawe rawe rantas, Malang malang putung . ‘Gasken !

(Red-01/Foto.ist)

Lainnya,

Ngopitainmen (22), WISATA SEHAT , HEALTHY TOURISM. “KITA MAU KEMANA ?” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (21), “JUWITA MALAM DI JATINEGARA FOOD STATION”

Ngopitainmen (21), “JUWITA MALAM DI JATINEGARA FOOD STATION” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (20)  ” GEROBAK MOTOR PSB KELAPA GADING PUN PUNYA JASA UNTUK NEGARA ” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (19), “KANGEN CAFE BMC BANDUNG, LOVE ME TENDER” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (18) “DI CAFE KONDE KALIMALANG KAMI TIDAK BICARA TOL BECAKAYU !” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (17), ” ALOHA, DI MY COFFEE ADA KOPI GULA AREN , NENEK MOYANG & PANTAI HAWAII !? ” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (16), ” DI JATINEGARA FOOD STATION ADA ANGKA 25; DONT WORRY BE HAPPY  !” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (15), ” ADA MEESTER, NOMOR 23 & ULANG TAHUN DI JATINEGARA FOOD STATION ” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (14), NASI CAMPUR BALI NI ELINA TAMAN GALAXY BEKASI. ” I’LL COME AGAIN ! ” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (13), MENGAPA “TAKUT” KE JATINEGARA FOOD STATION ? – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (12), “BRO, ADA BENTO DI TAMKUL JATIWARINGIN” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (11), ” LU SELOW GUE ASIK, LU RESE, GUE BELI. EHEHEH.. ! ” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (10), “IEDUL ADHA 2022, KITA MASIH DALAM SEMANGAT YANG SAMA !” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (9), “KUE PANCONG LUMER ALA CAFE MP JATIWARINGIN & KEPALA MANGGUT-MANGGUT” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (8), “TERAS BAMBU, KUPU MALAM & TUHAN MEMANG BAIK ” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (6), ‘GARENG COFFESHOP BUKAN SEKEDAR NONGKY NGOPI BIASA” – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (5), ‘AYO KAWAN, DUKUNG SEKTOR NGOPITAINMEN PASCA COVID-19″ – KORAN JOKOWI

Ngopitainmen (4), “KEMBALI, KEMBALI KITA KE ISTANA & SAYANGI DIA” – KORAN JOKOWI

Kopitainmen (3), “Nada Aku Kembali Koesplus Untuk Hadi Tjahjanto” – KORAN JOKOWI

Ngopitainment  (2), “KAMI LEBIH KHATAM SOAL PANCASILA, WOY !” – KORAN JOKOWI

Ngopitainment  (1), “HANGGAR CAFE PONDOK KELAPA DIGOYANG, UHUY…!!’ – KORAN JOKOW

Tentang RedaksiKJ 3808 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan