MILLENIAL KAMU MAU KEMANA ?

MILLENIAL KAMU MAU KEMANA ?

KoranJokowi.com, Bandung : Presiden Jokowi ingin ada jembatan komunikasi antara istana dengan masyarakat itulah yang mengawali mengapa beliau memilih 7 staf khususnya dari kalangan millenial. “Stafsus millenial bisa menjadi perantara baik antara pihak yang gagap teknologi dengan yang maju. Seperti saya, bridging saya (dengan) anak saya,

karena anak saya memahami perkembangan anak-anak muda sekarang, teknologi sekarang, dsb. Sehingga tidak ada jarak, masalah pro-kontra ya biar saja”, demikian beliau di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat (11/2019) lalu.

Gaess, . Dalam beberapa sumber disebutkan bahwa Generasi milenial atau generasi Y merupakan orang-orang yang lahir dari generasi X. Sebenarnya tidak ada tahun pasti kapan tepatnya kelahiran generasi ini ditetapkan, namun disebagian sumber disebut kelahiran > tahun 2000 adalah awal dari penyebutan usia millenial. Istilah ini mulai terkenal semenjak dikenalkan oleh penulis Amerika yaitu, William Strauss dan Neil Howe yang merupakan pakar sejarah dalam beberapa bukunya yang berjudul Millennials Rising: The Next Great Generation yang terbit pada tahun 2000.

Sejumlah peneliti ada yang berbeda pendapat mengenai rentang waktu kelahiran generasi millennial ini. Elwood Carlson dalam bukunya yang berjudul The Lucky Few: Between the Greatest Generation and the Baby Boom (2008), menyebut bahwa generasi millennial adalah mereka yang lahir pada rentang tahun 1983 sampai dengan 2001. Kemudian, Generation Theory yang dicetuskan oleh Karl Mannheim pada tahun 1923, menyebutkan bahwa generasi  millennial adalah generasi yang lahir pada rasio tahun 1980 sampai dengan 2000.

Sebenarnya, perbedaan tahun tersebut tidak begitu signifikan. jadi, jika kita tarik kesimpulannya generasi millennial adalah seseorang yang lahir pada rentang tahun 1980-an hingga 2000-an.

CIRI MILLENIAL

Berdasarkan buku Profil Millennial Indonesia yang dibuat oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan Badan Pusat Statistik, ciri-ciri generasi millennial , diantaranya adalah;

1.Akrab dengan Penggunaan Teknologi

Generasi millennial sangat akrab dengan penggunaan teknologi. Dalam sehari, mereka bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam di layar laptop atau HP. Tanpa kenal lelah, millennial sibuk berselancar di dunia maya. Tujuannya pun bermacam-macam tergantung pada kebutuhan setiap individu yang berbeda satu sama lainnya. Ada yang mencari materi sekolah atau kuliah, ada yang mencari materi untuk mendukung pekerjaan, ada pula yang sibuk dengan sosial media yang dimilikinya.

 

2.Membuat Inovasi Baru yang Bermanfaat

Akrabnya para millennial ini dengan teknologi, membuat mereka pun berinovasi untuk membuat aplikasi yang bermanfaat untuk masyarakat. Aplikasi ini pun beraneka ragam.

Misalnya saja aplikasi yang memudahkanmu dalam berkendara ada Go-jek, Grab, Uber, dan aplikasi lain yang sedang dalam perkembangan.

APAKAH MILLENIAL ITU HARUS CANTIK, GAGAH DAN KAYA?

Angkie Yudistia, lahir 5 Mei 1987; adalah pendiri Thisable Enterprise , Stafsus Presiden Jokowi yang  difabel tuna rungu sejak usia 10 tahun karena malaria. Sejak itulah dia merasa ‘minder. Dia alumni SMAN 2 Bogor, kemudian melanjutkan kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi di London School of Public Relations Jakarta. Disinilah dia mulai berani ‘tampil. Pada 2008, ia didapuk menjadi salah satu finalis Abang None Jakarta. Masih pada tahun yang sama, ia didapuk sebagai “The Most Fearless Female Cosmopolitan 2008”. Ia juga penulis buku berjudul Perempuan Tunarungu, Menembus Batas. Sudah lama dia juga bekerja sama dengan Gojek Indonesia untuk mempekerjakan orang-orang dengan disabilitas di Go-Auto dan Go-Glam. Pada 2019, ia diangkat menjadi Staf Khusus Presiden Joko Widodo

MILLENIAL MISKIN !?

Federal Reserve atau bank sentral Amerika Serikat belum lama ini merilis riset terbaru tentang keuangan generasi milenial. Riset itu menyebut bahwa milenial lebih miskin dibandingkan generasi x, baby boomers, dan bahkan generasi 1900-an. Penyebabnya sendiri yaitu pengeluaran, pendapatan, hutang, harta, dan faktor demografis. Milenial disebut “harus menanggung risiko” dari krisis ekonomi, yang menyebabkan minimnya lapangan kerja, dan tingginya hutang.

Populasi global dari generasi millennial atau yang sering disebut juga Gen-Y saat ini telah menggantikan generasibaby boomers alias Gen-X. Jika Anda memasuki usia produktif pada dekade 1990-an ke bawah, bisa jadi Anda tidak termasuk ke dalam Gen-Y

Ironisnya, di tengah kemampuan untuk bergaya layaknya warga kelas atas, banyak generasi millennial yang selalu mengeluh kekurangan uang. Dengan gaji yang relatif mencukupi dan kemampuan untuk belanja konsumsi, mereka tidak mau disebut sebagai golongan miskin. Namun, pada kenyataannya, banyak dari mereka yang terbelit masalah keuangan karena dihabiskan untuk makeup, ponsel, hangout dsb

Gaess,.. Majalah Forbes dalam daftar ’30 under 30 Asia’ di tahun 2018 lalu menyebut generasi millenial yang memiliki potensi besar sebagai pemimpin atau pengusaha di Asia yang berasal dari Indoneesia salah-satunya adalah Brin Imanuela (Rich Chigga),  rapper asal Indonesia yang namanya disebut dalam daftar ’30 under 30 Asia’ di Forbes 2018Bagaimana tidak, sejak single debutnya yang berjudul ‘Dat $tick’ keluar pada Februari 2016 lalu, ditonton hingga 87 juta kali membuat dirinya lebih dikenal dunia yang akhirnya Rich Chigga diajak berkolaborasi dengan Pharrel sang musisi dunia. Tak hanya itu saja, kini dirinya juga mengembangkan karir di dunia musiknya hingga ke Eropa dan Amerika. Gosipnya kekayaannya mencapai lebih dari Rp.26,1 milyar.

Nah, kamu mau kemana?

(Red-01/Foto.ist/illustrasi)

Check it dot

 

 

 

Tentang RedaksiKJ 1950 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan