PRESIDEN JOKOWI, PAK AHOK.  ADA SALAM DARI KEPALA DESA SUNGAI RAYA DAIRI, SUMUT.”NJUAH, JUAH…!”

PRESIDEN JOKOWI, PAK AHOK.  ADA SALAM DARI KEPALA DESA SUNGAI RAYA DAIRI, SUMUT.”NJUAH, JUAH…!”

KoranJokowi.com, Dairi, Sumut :  Njuah-njuah, Kade kabar ?, Semoga Tuhan senantiasa bersama kita semua keluarga besar KoranJokowi.com dimana saja berada, juga khususnya untuk Presiden Jokowi yang kita cintai sehingga akan terus dikenang  kinerjanya beliau yang luar biasa untuk kesejahteraan rakyatnya tanpa memandang agama, suku, etnis, profesi dsb. Amin.

Sobat KoranJokowi.com dimana saja anda berada, Indonesia Corruption Watch ( ICW) mencatat selama tahun 2019 jumlah Korupsi Dana Desa cukup tinggi dibanding tahun sebelumnya, ada 46 kasus dengan kerugian negara lebih dari Rp.32,3 miliar. Jumlah 46 kasus itu bagian dari  dari 271 kasus korupsi selama 2019.

Namun hasil temuan KoranJokowi.com  KordKab, Dairi, Sumut  (Delon Sinaga) di Desa Sungai Raya, Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Kab. Dairi, Sumatera Utara ‘malah sebaliknya’. Hal ini ditemukan pada sosok Kepala Desanya (Luat Darson Manulang). Jangankan untuk korupsi dana desa, sosok ini bahkan terus berpikir bagaimana menjaga kas desa agar tetap stabil sekaligus memprirotaskan kesejahteraan warganya.

Salah-satunya disewakannya aset desa berupa Sumur Bor ( 3 Mx3M  di dusun Tapindohara, Sumur Bor di dusun 1 dan dusun 2 Tapindohara), dan Balai Kesehatan ( 18,5 M x 17 M) kepada warga dengan murah dan  hasil sewa di masukkan untuk Pendapatan Asli Desa. Menurut Luat Darson nilai dari Aset Desa yang berhasil diambi Pemerintahan Desa Sungai Raya, Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Kab. Dairi, Sumatera Utara saat ini, ada sebesar Rp.2 Milliar.

“ Bagi saya,jabatan adalah amanah yang harus dipertanggung jawabkan kepada warga, pemerintah dan Tuhan Yang Maha Esa. Dan dalam membuat kebijakan dan bertindak sesuai aturan dan perundang undangan terkadang sulit diterima masyarakat.Tapi saya tetap pada komitmen saya melangkah sesuai aturan dan harapan masyarakat seperti Presiden Jokowi dan pak Ahok yang patut saya tiru bagaimana melakukan semua itu dengan visi besar”, jawab Luat Darson saat ditanyakan alasan melakukan ini.

Sementara itu Ketua BPD Desa Sungai Raya Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Togu Naibaho ketika dimintai tanggapannya tentang hal ini beliau menjawab  “Apresiasi dan bangga atas kinerja Pemerintahan Desa Sungai Raya yang selalu transparan dalam kegiatan dan penggunaan Anggaran yang sesuai dengan aturan yang berlaku” jawab Togu Naibaho.

Lebih lanjut dia menjelaskan, memang banyak masyarakat ketika aturan di kedepankan mereka tak terima.Maunya seenaknya tanpa mau berbuat atau berpartisipasi untuk kemajuan desa. “Namun mereka harusnya malu kepada pak Luat Darson yang selalu berpikir positip”.

TAK KENAL MAKA TAK SAYANG; Sobat KoranJokowi.com dimana saja berada, Redaksi Pusat merasa perlu untuk memperkenalkan kepada kalian yang selama ini ‘’kenal-dekat’  bahwa Kabupaten Dairi adalah sebuah kabupaten di prov. Sumatra Utara, yang Ibu kotanya ialah Sidikalang. Kabupaten ini kemudian dimekarkan menjadi 2 kabupaten, yaitu Kab. Dairi sebagai kabupaten induk dan Kab. Pakpak Bharat dengan dasar hukum UU No. 9 Tahun 2003 Tentang Pembentukan Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Humbang Hasundutan yang dikeluarkan pada tanggal 25 Februari 2003.

Kabupaten Dairi merupakan salah satu dari 33 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumatra Utara dengan luas wilayah 192.780 hektare (2,69% dari luas Prov. Sumatra Utara > 7,,1 juuta Ha). Adapun bahasa yang dipakai adalah Bahasa Pakpak dipakai sebagaimana oleh Pakpak Bharat dan sebagian wilayah di Kabupaten Humbang Hasundutan, termasuk hingga wilayah Kkab. Aceh Singkil dan di Kota Subulussalam Aceh.

Untuk Kepala Desa Luat Darson dan seluruh warga disana, kami ucapkan terima-kasih karena telah baik menerima kehadiran KoranJokowi.com melalui sdr.Delon Sinaga ‘Mauliate ! (Red-01/Foto.ist)

Tentang RedaksiKJ 1757 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan