PRESTASI PALAPAH, PRESTASI SUKABUMI & KITA SEMUA. MANTAP !

PRESTASI PALAPAH, PRESTASI SUKABUMI & KITA SEMUA. MANTAP !

KoranJokowi.com, Sukabumi, Jawa Barat : Sebagaimana pesan Presiden Jokowi yang tidak hentinya disampaikan baik secara formal atau tidak, agar semua  masyarakat terus berkarya dan menggali kearifan lokal termasuk dalam pandemi Covid 19.  Hal ini pun disampaikan kembali saat memberikan sambutan virtual dalam acara Pekan Kebudayaan Nasional Tahun 2020  Sabtu (31/10/2020). Karena  pandemi bukanlah penghalang bagi insan seni dan budaya untuk tetap berkreasi. Tidak peduli apa sukunya, apa agamanya, asal daerahnya, semua berupaya meletakkan satu bata, bata budaya, untuk membangun peradaban Indonesia Maju.

Maka mewakili KoranJokowi.com kami mengucapkan selamat atas  kerja-keras  Komunitas PALAPAH  – Paguyuban Lahan Parahyangan,  Kec. Waluran, Kabupaten Sukabumi,Jawa barat  dengan diberikannya penghargaan/Anugerah Kebudayaan Indonesia Tahun 2020 dalam kategori PELESTARI. Penghargaan ini diberikan Direktorat Jendral Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan  Rabu (16/12/2020) lalu .

Acara ini disaksikan  Muspika Kecamatan Waluran, Pemdes Waluran tokoh masyarakat, serta pelaku budaya yang digelar di Sekretariat Palapah tepatnya di Kampung Cimulek RT 003/004 Desa Waluran, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi.

Bentuk penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap pelaku kebudayaan , khususnya kepada masyarakat dan budayawan terhadap hasil kerja mereka dalam melestarikan budaya daerah dan pengembangannya, dan  pada tahun 2019 Kabupaten Sukabumi sempat mendapatkan anugerah kebudayaan dalam kategori pelestari.

Penghargaan itu diraih oleh Kasepuhan Cipta Gelar yang berikan kepada Dalang Ki Memed dari Bojonglopang, Jampang Tengah.

Visi Paguyuban Lahan Parahyangan (PALAPAH) adalah “Terwujudnya Paguyuban Lahan Parahyangan (PALAPAH) yang Bermartabat, Religius dan Produktif”

Misi Paguyuban Lahan Parahyangan (PALAPAH):

Melestarikan dan Memelihara Kebudayaan Sunda Berdasarkan Norma – norma Agama dan Adat Istiadat yang Berakar Pada Tradisi.

Menumbuh Kembangkan Kecintaan Masyarakat Terhadap Kebudayaan Sunda.

Menjadikan Sumber Pembelajaran untuk Menyalurkan Minat dan Bakat.

Memberdayakan dan Meningkatkan Sumber Daya Manusia Masyarakat Lokal.

Menjaga Moralitas Budaya Sunda.

Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat Lokal.

(Jack/Foto.ist)

Tentang RedaksiKJ 1757 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan