TIKUS, TIKUS, TIKUS !! , MUSIM TANAM II APRIL-JULI 2021 @ KAB.LAMTENG PUN ‘BABLAS !!

TIKUS, TIKUS, TIKUS !! , MUSIM TANAM II APRIL-JULI 2021 @ KAB.LAMTENG PUN ‘BABLAS !!

Koranjokowi.com, Kab. Lamteng : Sk Gubernur Lampung tentang Musim tanam MT,1  MT,2 Tidak berjalan sesuai rencana,pasalnya masarakat masih trauma dengan  hama yang menyerang tananam padi  seperti hama tikus dan hama lain dan ini berakibat adanya  penurunan produksi panen satu hektar ada yang cuman mendapatkan gabah panen kurang dari dua ton.

Panen padi MT 1 bulan Maret -April 2021 yang lalu banyak yang gagal dan harga gabah kering panen pun anjlog sampai Rp 3400/kg.Jika dihitung dari modal dan hasil yang di panen rata rata petani hanya kembali modal dan ada juga yang gagal panen .Hal ini yang membuat masarakat ragu untuk tanam padi di MT 2 ini,karena menurut perhitungan masarakat MT di bulan April hingga Juni kurang baik untuk menanam padi.Mt 1.

Januari 2021 lalu para petani banyak yang mengalami kerugian modal dan hasil tidak sesuai mau ditambah lagi dimusim tanam yang kurang pas pastinya ada resiko yang tidak menguntungkan justru akan memperdalam kerugian .Hal ini dikatakan para petani di kampung Tanggul angin dan kampung Saptomulyo umumnya mereka kawatir karena hama tikus sekarang merajalela belum lagi hama yang lainya kata para petani tersebut.

Trimo ,Pengurus  Gabungan P3A   kecamatan Punggur saat dimintai keterangan terkait tidak ada nya semangat para petani di wilayahnya untuk ikut melaksanakan program tanam pada MT 2 ini disebabkan  karena hama tikus yang merajalelah menyerang tanaman milik petani dan tikus juga merusak tanaman lain seperti tanaman palawija  seperti jagung dan tanaman lainya.

“Akibat hama tikus yang menyerang tanaman dan  bukan hanya tanaman padi saja yang diserang jagung pun juga diserang, dan Para petani dibeberapa kampung, yakni kampung Pujo asri ,kampung Pujo Kerto dan  kampung Sidomulyo  sangat mengkhwatirkan  tidak panen jika memaksakan tanam padi dibulan bulan ini karena hama tikus masih belum ada tanda akan hilang”, ujar Trimo lagi kepada KoranJokowi.com Kab.Lamteng.

Sementara UPTD  pengairan Trimurjo dipimpin langsung Kepala UPTD – Umar budiono  (Senin 21/6) mengadakan rapat koordinasi dengan GP 2 dan P3A terkait perpanjangan waktu tanam padi kendati sudah ditentukan jadwal oleh pemerintahan provinsi akhir Juni 2021 air akan di operasionalkan.

Dan Masyarakat petani minta di wilayah UPTD Trimurjo berharap agar air tetap disalurkan karena saat ini masih banyak yang masih mengolah lahan untuk penangkaran benih yakni kampung Pujo dadi ,Pujokerto , Pujobasuki, Untoro , Sidokerto, Purwodadi dan Pujo asri.untuk itu GP2 dan P3A sepakat akan mengikuti aturan sistem gilir air supaya air tetap tersedia dan )penangkaran benih dari ketahanan pangan bisa sukses.

Ini semua gara gara Tikus sawah ?, SYUKUR BUKAN TIKUS BERDASI.

Dari Redaksi pusat, kami kirim salam untuk saudara saudara kami para petani disana, juga kepala UPTD Umar budiono & jajarannya.

‘Semangaaattttt …. !!!

(farizal)

Tentang RedaksiKJ 1431 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan