Kabar BANYUWANGI – (25),  “RELAWAN JOKOWI KAB. BANYUWANGI DUKUNG IJEN GEOPARK – UNESCO, AMIN ! “

Kabar BANYUWANGI – (25),  “RELAWAN JOKOWI KAB. BANYUWANGI DUKUNG IJEN GEOPARK – UNESCO, AMIN ! “

KoranJOkowi.com, Kab. Banyuwangi : Kami, mewakili Relawan Jokowi Kab. Banyuwangi, juga teman teman KoranJokowi.com Prov. Jawa Timur mendukung penuh upaya Bupati Banyuwangi, – Ipuk Fiestiandani dalam hal menyukseskan Geopark Ijen sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) alias jaringan geopark dunia.

img

Langkah kongkrit Bupati bersama pemerintah pusat khususnya Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas  di  persiapan assessment aspiring (penilaian calon) UGG,cdengan menggelar Virtual Advisory Mission (VAM) yang disupervisi langsung oleh Sekretaris Jenderal UNESCO Global Geopark Network, Guy Martini. adalah salah satu upaya besar itu

VAM dilakukan selama dua hari, 28 – 29 Oktober 2021. Dalam kesempatan itu, dipaparkan dan ditampilkan secara virtual situs-situs Geopark Ijen, meliputi geosite, biosite, dan cultural site. VAM dilakukan untuk merekam berbagai hal yang masih perlu disempurnakan, sebelum menuju tahap penilaian akhir yang bakal dilaksanakan November 2021

MENGENAL IJEN GEOPARK

Geopark Ijen terletak di 2 wilayah Kabupaten, yaitu Kabupaten Banyuwangi dan wilayah Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur. Nama Ijen diambil dari Gunung Ijen yang menjadi dasar pembentukan cerita geologi di keseluruhan kawasan Geopark ini, serta hubungannya dengan unsur biologi maupun budaya yang ada di sekitarnya.

Terdapat 21 situs geologi yang dikembangkan, mulai dari skala lokal hingga skala internasional. Salah satu dari banyak situs geologi yang mempunyai fenomena luar biasa adalah Kawah Ijen, danau kawah paling asam di bumi dengan api biru yang muncul di daerah Solfatara

Kab.Banyuwangi pastinya akan terus melakukan perbaikan dengan mengerahkan seluruh SKPD dan juga komunitas untuk mendorong Ijen Geopark.

Ijen Geopark akan menjadi pusat penelitian dan juga pusat wisata tematik yang sangat berbeda dengan daerah lain,dan ini  akan berdampak positif terhadap perekonomian Banyuwangi sekaligus dapat menjaga keberlanjutan ekosistem alam di Banyuwangi”, pungkas Ipuk.

Amin

(KrisnaYun-Foto Video.ist)

Lainnya,

Kabar BANYUWANGI – (24), “Angka Melek Huruf di Banyuwangi Sudah 99,1%” – KORAN JOKOWI

 

Tentang RedaksiKJ 3801 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. PENDEMO TANTANG BERANIKAH BPN KAB. BANYUWANGI  PERANGI MAFIA TANAH ? - KORAN JOKOWI
  2. Kabar BANYUWANGI – (26), "CAMPING EMBUN, BUKAN SEKEDAR CAMPING " - KORAN JOKOWI

Tinggalkan Balasan