Kabar Riau (175) , Ditreskrimsus Polda Riau,  “KAPOLDA RIAU TERUS DUKUNG PRESIDEN JOKOWI SOAL KARHUTLA”

Kabar Riau (175) , Ditreskrimsus Polda Riau,  

“KAPOLDA RIAU TERUS DUKUNG PRESIDEN JOKOWI SOAL KARHUTLA”

KoranJokowi.com. Pekanbaru, Riau :

Presiden Jokowi sejak thn.2014 lalu demikian geram atas Kejahatan Tambang Ilegal, Ilegal Logging Dan Karhutla yang merugikan negara mencapai Rp.200-300 trilyun di th.2015-2020, beliau pun kembali mengingatkan para  Pangdam dan Kapolda untuk mencegah dan mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), khususnya di Provinsi Riau, Sumatra Utara, dan Kalimantan

Beliau juga mengingatkan, kasus kebakaran hutan dan lahan yang terjadi pada 2015 – 2020 lalu telah membuat pemerintah pontang-panting dan melakukan segala cara untuk memadamkannya. Namun hal tersebut menjadi sia-sia karena telah terlanjur terbakar. Untuk itu, Presiden berharap semuanya mengantisipasi sejak dini  jangan sampai peristiwa kebakaran seperti  itu terulang kembali.

Kerugian di Prov.Riau bisa mencapai sekitar Rp.5tri lyun, maka Status siaga darurat Karhutla tahun 2023 pun diberlakukan sejak 13 Februari – 30 November 2023 mendatang dan diprediksi masih akan berpotensi karhutla. Sedikitnya ada 8 poin arahan Gubernur Riau untuk menghadapi Karhutla tahun 2023 ini.

Luas areal hutan dan lahan yang terbakar di Indonesia selama 2022 lalu mencapai angka 202.617 hektare, di Riau tahun 2022 lalu mencapai 152.797 hektare , di Prov.Riau yang terparah di Kab.Rohul -320 ha, Rohil – 146 ha, Kampar – 139 ha,   Bengkalis – 136 ha, , Indragiri 118 ha, Pelalawan 114 ha, dsb.

Atas ini pula, Kapolda Riau memberikan Perintah dan Arahan terhadap Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau – Kombes Teguh Widodo untuk Segera menyediakan layanan call center untuk menerima pengaduan masyarakat apapun  di Wilayah Hukum Mapolda Riau. Kamis (13/4/2023)

Kepada KoranJokowi.com, Kombes Teguh Widodo mengatakan bahwa,” Kalau ada temuan langsung saja hubungi ke nomor WhatsApp , agar  mempercepat laporan dan informasi dari masyarakat kami tindak-lanjuti,. Ini semua untuk  memberikan rasa aman dan pelayanan prima kepada masyarakat di wilayah hukum Polda Riau”.

Selain itu, Kombes Teguh juga membuka diri untuk laporan terkait kejahatan perbankan, fidusia, illegal logging, korupsi, tambang ilegal, Karhutla, kejahatan terhadap flora dan satwa dilindungi, penyelewengan BBM, maupun gas bersubsidi

Kemudian informasi bohong atau hoaks, judi online, cyber crime, harga bahan pokok tinggi tidak sesuai aturan, hingga perlindungan konsumen, dan kejahatan lainnya yang berkaitan dengan Ditreskrimsus di wilayah hukum Polda Riau.

“Kami siap membantu dan melayani masyarakat. Ini juga sesuai arahan Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal. Jika ada oknum polisi yang bermain juga segera laporkan kepada kami agar dilakukan tindakan hukum sesuai aturan yang ada,” ucap Kombes Teguh.

‘Selamat berjuang. ndan !

(DaengJohan/Foto.ist)

Lainnya,

Tentang RedaksiKJ 3837 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan