ERA PRESIDEN JOKOWI : TMII MANAJEMEN BARU, RASA BARU, INCOME BARU  !?

ERA PRESIDEN JOKOWI : TMII MANAJEMEN BARU, RASA BARU, INCOME BARU  !?

KoranJokowi.com, Bandung : Waktu lalu  Keputusan Presiden Nomor 51 tahun 1977 produk Presiden Suharto diharapkan akan menjadi ‘sesuatu bagi bangsa dan negara besar ini, maka diaturlah sedemikian rupa hingga adanya  pemberian kuasa pengelolaan TMII kepada yayasan keluarga Soeharto bernama YAYASAN HARAPAN KITA (YHI), gitu brow.

Dari beberapa sumber disebutkan YHI selama itu menyetorkan penerimaan pajak. Namun, disatu sumber lain mengatakan YHI tidak pernah menyetorkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) , karena kerugian untuk YHI mencapai Rp.40-50 milyar/tahun, informasi ini aneh. Maka Presiden Jokowi pun meminta Kemenkeu menghitung ulang secara cermat.

Pastinya seijin Presiden Jokowi, Kastaf Presiden RI – Jend TNI Moeldoko pun ikut ‘turun gunung, Pada Pers beliau mengatakan, “Sejak 2016, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno telah melakukan pendampingan dan melihat lebih dalam tata kelola TMII. Selain itu, dilakukan pula audit oleh Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP) terhadap pengelolaan aset negara itu. Berdasarkan asesmen kedua pihak, ada tiga hal yang direkomendasikan. Pertama, TMII perlu dikelola oleh swasta. Kedua, TMII perlu dikelola dengan kerja sama pemerintah. Ketiga, TMII dikelola dalam bentuk Badan Layanan Umum (BLU)”, demikian Kastaf kepada Pers waktu lalu usai survey ke TMII

Saat ini yang telah terdata Kemenkeu adalah nilai tanah TMII mencapai Rp. 20,5 triliun dan nilai aset seperti bangunan dan lain-lain masih dalam proses penghitungan.

Waktu lalu saya pernah ke TMII, saya compare dari data lain tingkat kunjungan ke TMII saya  simpulkan yang tertinggi sejak Januari 2017 – 2019 adalah di periode tahun 2018 > 600.000-800.000 orang, dan hingga tahun 2019 akhir tersisa > 500 -600.000 orang , dengan harga tiket masuk Rp.20.000 , seharusnya manajemen TMII mampu meraup > Rp. 10 milyar (?), ini termasuk tiket parkir mobil/motor/truk Rp.40-15.000, parkir speda Rp.1.000,  tiket > 41  wahana lainnya dsb. Dari pengamatan saya wahana SnowBay Water Park adalah yang termahal karena harga tiketnya bisa sekitar Rp.140.000/orang weekday dan Rp.180.000/orang weekend.

Kemarin (1/7),   Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) bersama dengan PT Taman Wisata Candi (PT TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) melakukan penandatanganan Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) yang intinya  pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ke depan bakal dilakukan TWC.

Ini juga jawaban kongkrit atas gosip Jokowi hatters yang mengatakan bahwa pengelolaan TMII pasca YHI akan dilakukan oleh keluarga Presiden Jokowi. ‘Weekk..

Terpilihnya TWC merujuk Peraturan Perundang-undangan, di mana perusahaan merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pengembangan pariwisata. Dalam perjanjiannya, pengelolaan TMII dilaksanakan sepanjang 25 tahun terhitung sejak 1 Juli 2021.

Kerja sama itu juga menyepakati kewajiban Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) berupa kontribusi tetap dan kontribusi berdasarkan proporsi pembagian keuntungan. Dengan begitu, ke depan pengelolaan TMII diharapkan mampu memberikan kontribusi signifikan pada pendapatan negara.

TMII juga diharapkan dapat melakukan inovasi baru, memaksimalkan penggunaan IT dan mengombinasikan budaya, taman wisata, atraksi, serta ruang publik kreatif. Dengan begitu, TMII dapat bermanfaat optimal bagi masyarakat luas dan memberikan kontribusi signifikan bagi keuangan negara.

“Kami menghormati terbitnya Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2021 sebagai suatu produk hukum peraturan perundang-undangan negara dan tentunya akan bersikap kooperatif sesuai kemampuan yang ada pada kami untuk menerima dengan tangan terbuka pelaksanaan amanat peraturan presiden ini demi menuntaskan proses transisi yang akan dilaksanakan bersama-sama,” kata Sekretaris Yayasan Harapan Kita, Tria Sasangka Putra, kepada Pers di Perpustakaan TMII, Jakarta Timur, Minggu (11/4/2021) lalu.

‘Agh, indahnya; dan ini semua terjadi di era Presiden Jokowi, sebelumnya kenapa?

Selamat datang TMII Manajemen Baru, Rasa Baru, Income baru !

‘Ahahahaha, kaya iklan permen.

(Red-01/Foto.ist)

Sebelumnya,

GOODBYE TAMAN MINI INDONESIA INDAH, 44 TAHUN KAMU KEMANA AJ, BROW. AHAHAH.. (1) | KORAN JOKOWI

JENDERAL MOELDOKO, TMII & SEMANGAT MENUJU INDUSTRI 4.0. “SEMUA HARUS MENERIMA DAN SEMUA HARUS IKHLAS” | KORAN JOKOWI

Tentang RedaksiKJ 3781 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan