Kabar Pagaralam & Sumsel  – (40), Gunung Dempo Waspada, Jangan Panik dan Terpancing Isu Hoax

Kabar Pagaralam & Sumsel  – (40),

Gunung Dempo Waspada, Jangan Panik dan Terpancing Isu Hoax

Koranjokowi.com Pagar Alam :  Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menaikkan level aktivitas Gunung Api Dempo (GAD) Kota Pagar Alam Sumatera Selatan menjadi Level II (Waspada).

Menanggapi isu miring yang berkembang di kalangan masyarakat Kota Pagar Alam, tentang status Gunung Api Dempo, Wali Kota (Wako) Pagar Alam Alpian Maskoni memantau langsung aktivitas GAD di Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Pos Pengamatan Gunung Api Dempo (GAD) Kota Pagar Alam, Senin (10/01/2022).

Dalam hasil pemantauan tersebut, dari IV tingkatan level Gunung Api di Indonesia, yaitu Level I (Normal), Level II (Waspada), Level III (Siaga) dan Level IV (Awas). Status GAD saat ini berada pada level II (Waspada) atau dikategorikan masih ditingkat aman.

“Saya harap masyarakat Kota Pagar Alam untuk tetap tenang dan carilah informasi yang valid dari lembaga atau instansi yang menangani tentang aktivitas Gunung Api Dempo” himbau Wako.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dempo (GAD) Megian Nugraha meminta kepada masyarakat, wisatawan, dan pendaki untuk tidak beraktivitas dan mendekati area dalam radius 1 km dari kawah atau puncak, serta arah bukaan kawah sejauh 2 km ke sektor utara.

“Area Rimau, Kampung IV, Kebun Teh dan Pusat Kota Pagar Alam masih masuk radius 4 km sampai 8 km dari kawah puncak gunung Dempo. Kota Pagar Alam dikategorikan masih sangat aman untuk berkunjung atau berwisata” ungkapnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik serta terpancing berita yang tidak bertanggung jawab (hoax) mengenai aktivitas Gunung Dempo.

” Tetap ikuti info serta arahan instansi yang berwenang dari petugas PVMBG pos Pagar Alam dan kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD)” katanya.

Lanjutnya, Fenomena perubahan status Gunung Dempo merupakan hal biasa bagi Gunung Api yang aktif.

“Karena fenomena kenaikan status GAD tersebut merupakan hal yang biasa untuk Gunung api aktif, untuk itu tetap tenang,” tukasnya.

(Baron)

Lainnya,

Kabar Pagaralam & Sumsel  – (39), Kelurahan Beringin Jaya Pagar Alam Raih Predikat Top Ten Award Desa Cantik – KORAN JOKOWI

Tentang RedaksiKJ 2749 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

1 Trackback / Pingback

  1. Kabar Pagaralam & Sumsel  – (41), Bersama PT INKA, Pagar Alam Akan Punya Cable Car - KORAN JOKOWI

Tinggalkan Balasan