KARYA BESAR ALMARHUM BUPATI MELAWI KALBAR – SUMAN KURIK YANG DILUPAKAN ?

KARYA BESAR ALMARHUM BUPATI MELAWI KALBAR – SUMAN KURIK YANG DILUPAKAN ?

KoranJokowi.com, Kalbar : Yth Pimp.Redaksi KoranJokowi.com, salah-satu putra terbaik yang masyarakat Kalimantan Barat miliki adalah Drs. Ambrosius Suman Kurik, M.M, Bupati Melawi, Kalimantan Barat, yang menjabat pada periode 2004 – 2005 sebagai penjabat bupati dan pada periode 2005 – 2010 sebagai bupati definitif

Beliau lahir di Nanga Riyoi, Sintang, 15 Mei 1949 – meninggal di Nanga Pinoh, Melawi, 12 Januari 2010 pada umur 60 tahun. Dimana saat itu  almarhum masih dalam masa jabatan sebagai bupati Melawi.

Dari penggalian dari berbagai sumber, istri Almarhum bernama Yustina Indan Suman, S.Pd dan 4 (empat) orang anak yakni : Anastasia, SE, Hiyasintus, Oktavius, Bartholomeus Brama serta seorang menantu, Agustinus Sangkakala, SH.

Almarhum adalah Bupati Defenitif pertama di Kabupaten Melawi setelah dimekarkan dari Kabupaten Sintang. Semasa hidupnya, beliau dikenal baik sebagai sosok yang religius, bersahaja, memiliki kepedulian dan toleransi tinggi terhadap berbagai kalangan.

Almarhum juga dikenal aktif memberikan sumbangsih terhadap dunia pendidikan dan keilmuan yang ditunjukkan melalui beberapa buku hasil karyanya yakni Membangun Ekonomi Kerakyatan dan Pelayanan Publik menuju Good Governance.

Maka masyarakat Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Sintang, agak sulit melupakan jasa-jasa beliau hingga kapanpun. Namun ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan atas karya – karya bbesar yang ‘dilupakan’ banyak orang.

Yth Pimp.Redaksi KoranJokowi.com, di era kepemimpinan Almarhum demikian semangat dalam membangun kota Juang saat baik disektor insfrastruktur jalan,perkantoran,jembatan rangka baja dll sehingga dimasa kepemimpinan beliau memang banyak peninggalan karya-nyata.

Sayangnya Tuhan terlalu cepat memanggilnya, sehingga masih ada sisa pekerjaan beliau waktu itu yang sampai saat ini belum selesai, salah satunya adalah  Jembatan Penyeberangan rangka baja Sungai Melawi tahun 2004 / 2005. 

Pergantian jabatan Bupati pun berganti hingga periode Bupati H. Firman Muntaco, S.H tahun 2010-2015, Pj.Bupati Hatta, S.Pd., M.M tahun 2015-2016 dan Bupati  Panji, S.Sos periode 2016 – 2021.yang kini dijabat oleh Pj.Bupati Dra. Hj. Linda Purnama, M.Si. yang menggantikan Bupati-Wabup Melawi definitif yang cuti pilkada

Jadi bolehlah kami katakan bahwa karya Almarhum itu pun ‘terbengkalai’ apalagi Bupati Panji akan mengikuti Pilkada , jika beliau kembali terpilih apakah akan dilanjutkan atau tidak kami tidak paham, semoga hal ini menjadi salah-satu ‘program-kampanye’ belliau sehingga karya besar Almarhum tetap berjalan, jika tidak?, ini yang menjadi kekhawatiran kami. Bukankah Sumber dananya dari dana DAU dimana juga tahun 2020 ini berjumlah Rp.559.720.948.000 – Rp 626.553.952.000?

Yth Pimp.Redaksi KoranJokowi.com, terus terang kami merasa cemburu jika melihat kota lain yang pembangunannya sangat luar biasa, seperti di daerah Jawa dan lain- lain.

Yth Pimp.Redaksi KoranJokowi.com, kami adalah bagian dari warga negara Indonesia yang tidak dapat dipisahkan dan selalu setia kepada NKRI Harga mati.

Demikian, mohon maaf jika kurang berkenan sehingga tidak menayangkan tulisan ini.

Kab.Sintang, Kalbar. Tgl.21 Oktober 2020.

Mewakili warga Kab. Sintang,

F.Luwi

(KordProv.KoranJokowi.com Kalbar)

-Foto.ist-

Sebelumnya,

https://koranjokowi.com/2020/10/15/surat-terbuka-untuk-redaksi-koranjokowi-com-mengenai-kota-juang-melawai-kalbar-permasalahannya-1/

https://koranjokowi.com/2020/10/19/situs-batu-harimau-kab-sintang-masih-perlu-dimaksimalkan/

 

 

Tentang RedaksiKJ 1432 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan