MENPAREKRAF SANDIAGA UNO PUN AKAN FOKUS KE DESA WISATA, TAPI KOK ADA NAMA RIZAL RAMLI?,“AHAHAHHAH..”

MENPAREKRAF SANDIAGA UNO PUN AKAN FOKUS KE DESA WISATA, TAPI KOK ADA NAMA RIZAL RAMLI?,“AHAHAHHAH..”

SUB: MENPAREKRAF BARU APA PAHAM JIKA WISATA DESA ITU PRIORITAS DI PANDEMI COVID 19 INI ? – (3)

Koranjokowi.com, Bandung : Usai dilantik Presiden Jokowi sebagai Menparekraf RI (24/12/2020) , Sandiaga Uno dikasih ucapan selamat Fahri Hamzah melalui  akun Instagramnya @fahrihamzah Kamis, 24 Desember 2020 lalu.

Fahri Hamzah berharap dilantiknya Sandiaga Uno  menjadi  Menparekraf  menjadi kekuatan rekonsiliatif, mengingat Sandi Uno adalah lawan Politik Presiden RI Jokowi pada Pilpres 2019.

“Selamat bekerja pak @sandiuno – pesan terkuat pada beliau adalah menjadi kekuatan rekonsiliatif,” Tulis Fahri Hamzah di akun Instagramnya @fahrihamzah pada Kamis, 24 Desember 2020 lalu.

Pastinya para Relawan Jokowi tidak akan pernah perduli atas hal ini, yang jelas Sandiaga Uno ‘dipilih’ Presiden Jokowi dengan berbagai pertimbangan. Jadi bukan karena kekuatan rekonsiliatif, titik.

Para Relawan Jokowi hanya berharap kiranya Kemenparekraf  Sandiaga Uno secara ‘besar hati’ mau meneruskan program – program baik dari pendahulunya (Arief Yahya dan Whisnutama) tidak lebih, hanya itu,  bahkan harus diperkuat pengawasan penggunaan anggarannya bersama KPK mengingat  Presiden Jokowi telah menyetujui kenaikan 19,4% menjadi Rp. 4,9 trilyun untuk tahun 2021 ini dalam  rapat bersama Komisi Pariwisata DPR (23/9/2020) lalu. Disini ada perjuangan Wishnutama Kusubandio saat menjadi Menparekraf

Selama ini Whisnutama demikian fokus bagaimana Menparekraf terus berupaya memulihkan sektor pariwisata di Tanah Air. Termasuk melakukan restrategi kepariwisataan dari quantity tourism menuju quality tourism. Salah satu realisasi dari penerapan restrategi ini adalah mengembangkan potensi desa wisata di Indonesia dengan sentuhan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability).

Desa wisata itu ada dua katagori  yang KoranJokowi.com catat, maaf jika salah, yang pertama, adalah Desa Wisata  yang  telah terdaftar di dinas Parekraf masing-masing daerah dan  Desa Wisata yang sedang diajukan melalui program Bantuan Pemerintah  sesuai No. HK.01/2/JUKNIS/DII/2020 Khususnya bagi Pembangunan , Revitalisasi dan Pengembangan Dewa Wisata atau Wisata Desa. Dimana pengaju salah satunya dari ‘Pemerintah Desa’

Maka merupakan kewajiban bagi KoranJokowi.com untuk terus mengingatkan Menparekraf Sandiaga Uno bahwa Pembangunan , Revitalisasi dan Pengembangan Dewa Wisata atau Wisata Desa Baru adalah mutlak dilakukan.

AKAN LAHIR 244 DESA WISATA TERSERTIFIKASI MENJADI DESA MANDIRI

Tanggal 22 Januari 2021 lalu kepada pers, Sandiaga Uno memberitahukan bahwa akan ada 244 desa wisata tersertifikasi menjadi desa wisata mandiri hingga 2024. Untuk hal ini maka Menparekraf akan menggandeng  Asosiasi Pengusaha Pribumi Indonesia (Asprindo).

Kita tidak tahu bagaimana kemudian nasib dari BanPer No. HK.01 /2 /JUKNIS/ DII/2020 yang dikeluarkan oleh Direktorat Infrastruktur Ekonomi Kreatif Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun Anggaran 2021 itu kemudian jika demikian adanya, karena dalam juknis itu para pengaju terbagi atas Kategori Pengusul Paket Revitalisasi Infrastruktur Fisik Ruang Kreatif, dan Sarana Ruang Kreatif sebagai berikut: 1. Komunitas Ekonomi Kreatif 2. Pemerintah Provinsi 3. Pemerintah Kabupaten/Kota 4. Pemerintah Desa, dan  5. Lembaga Adat.

Bagaimana singkronisasi Ke-5 Katagori itu dengan Asprindo, khususnya Katagori Pemprov, Pemkab/kota dan Pemerintah Desa ?

Disatu sisi berdasarkan website https://asprindo.id/pengurus/ ada nama-nama pengurus seperti Ketua Dewan Pembina – DR. Rizal Ramli, dan Wakil Ketua Dewan Pembin Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. ….(Maaf jika salah) …. Apakah ini yang kemudin disebut ‘kekuatan rekonsiliatif’ sebagaimana disampaikan diatas?

Ahahaha.

BERSAMBUNG

(Red-01/Foto.ist)

MENTERI PAREKRAF BARU APA PAHAM JIKA ‘WISATA DESA’ ITU PRIORITAS DI PANDEMI COVID 19 INI ? – (1)

MENTERI PAREKRAF BARU APA PAHAM JIKA ‘WISATA DESA’  ITU PRIORITAS DI PANDEMI COVID 19 INI ? – (2)

Tentang RedaksiKJ 1757 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

1 Trackback / Pingback

  1. MENTERI SANDI BICARA DESA WISATA, PROGRAM MENTERI WHISNU KEMANA ?, "ANEH !" | KORAN JOKOWI

Tinggalkan Balasan