MENTERI PAREKRAF BARU APA PAHAM JIKA ‘WISATA DESA’ ITU PRIORITAS DI PANDEMI COVID 19 INI ? – (1)

MENTERI PAREKRAF BARU APA PAHAM JIKA ‘WISATA DESA’ ITU PRIORITAS DI PANDEMI COVID 19 INI !? – (1)

KoranJokowi.com, Bandung : Sejak tahun 2014 Presiden Jokowi paham bahwa bangsa dan negara besar ini memiliki lebih dari 83.931 wilayah administrasi setingkat desa. Yang terbagi atas 75.436 desa (74.517 desa dan 919 nagari di Sumatera Barat), kemudian 8.444 kelurahan serta 51 Unit Permukiman Transmigrasi (UPT)/Satuan Permukiman Transmigrasi (SPT).

Presiden Jokowi pun memperkenalkan program “Membangun Indonesia dari pinggiran’ dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam rangka negara kesatuan, tidak itu saja beliau juga meminta aagar setiap daerah tidak harus sama dalam melaksanakan pembangunan, perbedaan dalam pembangunan memang perlu dilakukan, demi mengakomodir karakteristik dan kemampuan masing-masing wilayah, termasuk SEKTOR WISATA.

UU Nomor 6 Tahun 2017 tentang Desa disertakan beliau sebagai ‘back-up’ serta transfer ke daerah dan dana desa dari tahun ke tahun yang terus meningkat, sekaligus untuk memenuhi amanat UU itu.

Tidak itu saja, beliau saat sambutan di acara puncak Sail Selat Karimata 2016, Sabtu, 15 Oktober 2016, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar beliau meminta Kemenparekraf menindak-lanjuti idenya yaitu Pembangunan Desa Wisata seluruh Indonesia (PDWI) .

Dan ‘GPL – Gak Pake Lama, saat itu Menteri Pariwisata Arief Yahya pun berkordinasi dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Eko Putro Sandjojo), bahkan dilanjutkan Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Kemenpar dan Dirjen PPMD Kemendes PDDT untuk segera memetakan destinasi mana saja yang paling siap untuk diformat menjadi Desa Wisata.

Kebijakan itu pastinya dirasa perlu oleh Presiden Jokowi karena pembangunan pariwisata bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat dan menghapus kemiskinan.

Bagi Presiden Jokowi, Arief Yahya dan Eko Putro. Pembangunan pariwisata memang bertujuan melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya. Memajukan kebudayaan, mengangkat citra bangsa dan memupuk rasa cinta tanah air. Memperkukuh jati diri dan kesatuan bangsa serta mempererat persahabatan antarbangsa.

Bagi Presiden Jokowi, Arief Yahya dan Eko Putro. Pariwisata juga punya dampak ekonomi multiguna yang signifikan bagi tumbuhnya usaha mikro kecil menengah (UMKM), BUMDes, dsb. Sehingga membantu penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat Desa.

Bagi Presiden Jokowi, Arief Yahya dan Eko Putro. Daya tarik wisata unggulan berbasis keunikan sumber daya budaya lokal, berbasis keunikan sumber daya alam dan berbasis perpaduan keduanya, disamping itu berbasis keunikan aktivitas kreatif masyarakat dan berbasis kekhasan sumber daya alam, budaya serta kreativitas masyarakat Desa.

Break, 

Bagi Presiden Jokowi, Arief Yahya dan Eko Putro. Pada dasarnya, setiap daerah mempunyai berbagai potensi desa wisata berbeda-beda. Ada yang mungkin mempunyai potensi baik sumber daya alamnya atau sumber daya manusia yang siap untuk dikembangkan dan dipublikasikan ke masyarakat luas. Dengan begitu akan membuat lebih bermanfaat.

Salah satu potensi daerah yang saat ini banyak sekali di kembangkan adalah pada sektor pariwisata. Dan, sudah  banyak daerah yang mengembangkan berbagai macam sektor pariwisata. Bisa dilihat dengan bermunculan desa-desa dengan keunggulan wisatanya. Tidak hanya menonjolkan sektor alamnya saja, tapi juga menonjolkan semua hal baik dari masyarakat atau kesenian yang ada.

Kalau pun sekarang tidak ada Arief Yahya dan Eko Putro lagi, namun Presiden Jokowi masih tetap akan ‘commited’ atas semua program kerja sebagaimana yang KoranJokowi.com sampaikan diatas, apakah para para menteri pengganti Arief dan Eko itu terus menjalankan program atau tidak,?, bukan hal penting yang harus kita bahas disini.

 

Presiden Jokowi akan terus jalan apalagi di era Pandemi Covid 19 ini jumlah penduduk miskin hingga Maret 2020 telah mencapai > 26,42 juta orang, meningkat 1,63 juta orang dari Maret 2019 lalu. Cilakanya kemiskinan desa pun demikian menjadi tinggi, dari sekitar 6,56% menjadi 7,38 – 12,82 % pada Maret 2020.

Sobat KoranJokowi.com dimana saja,
khususnya para mitra kerja (Kadis Parekraf, Kades, Camat, dsb) jika saja saat ini jumlah desa nasional sekitar 74.517 desa, kenapa kita tidak fokus saja disana, pastinya tidak akan habis menariknya, hingga kiamat mendatang. Apakah Menparekraf Sandiaga Uno paham semua ini?, jika paham, maka KoranJokowi.com merasa Menteri yang identik dengan ‘Gaya Bango’ ini tidak perlu lagi membuat program lain yang jauh dari ‘keterlibatan dan pemberdayaan masyarakat desa’ .

Lalu bagaimana Menteri Sandi menyikapi Program BANTUAN INSENTIF PEMERINTAH PENAMBAHAN MODAL KERJA DAN/ATAU INVESTASI TETAP UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS USAHA/PRODUKSI PELAKU USAHA PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF TAHUN 2020 , dengan No. HK.01/2/JUKNIS/DII/2020 ..!?

(Red-01/Foto.ist)

https://koranjokowi.com/2020/11/07/3126/

https://koranjokowi.com/2020/11/17/watu-ambal-park-temanggung-jateng-akan-diresmikan-presiden-jokowi-kapan/

https://koranjokowi.com/2020/11/26/selamat-datang-kampoeng-seni-trisinar-kab-lampung-timur-mainkan/

https://koranjokowi.com/2020/12/06/dibangunnya-taman-wisata-terpadu-wonosari-indah-kec-sekampung-kab-lampung-timur-bukan-karena-suara-presiden-jokowi-di-pilpres-2014-2019-lalu-cukup-tinggi-disana/

https://koranjokowi.com/2020/12/06/roemah-rakjat-partukkoan-desa-sungai-raya-akan-menjadi-pilot-project-seluruh-desa-di-kab-dairi-sumatera-utara-amin/

https://koranjokowi.com/2020/12/13/gunung-boga-park-kabupaten-paser-kaltim-padu-padan-wisata-sport-infotainment-reliji-era-ibu-kota-baru-2021/

https://koranjokowi.com/2020/12/14/selamat-datang-wisata-terpadu-padang-guci-wisata-air-arung-jeram-kab-kaur-provinsi-bengkulu/

 

Check it dot,

 

 

Tentang RedaksiKJ 1757 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. MENPAREKRAF SANDIAGA UNO PUN AKAN FOKUS KE DESA WISATA, “ALHAMDULILLAH, PUJI TUHAN !” | KORAN JOKOWI | Media Independent Relawan
  2. MENTERI SANDI BICARA DESA WISATA, PROGRAM MENTERI WHISNU KEMANA ?, "ANEH !" | KORAN JOKOWI

Tinggalkan Balasan