UMAT NASRANI KEC. PERCUT SEITUAN  BUTUH MAKAM , “SIAPA YANG BISA BANTU, MASA HARUS PRESIDEN JOKOWI !?”

UMAT NASRANI KEC. PERCUT SEITUAN  BUTUH MAKAM , “SIAPA YANG BISA BANTU, MASA HARUS PRESIDEN JOKOWI !?”

KoranJokowi.com, Kab.Deli Serdang, Sumut : Hidup seseorang tidak pernah kita tahu dan kapan ajal menjemput. Ada kalanya manusia jarang untuk memikirkan hal tersebut dan ada sebagian mengatakan urusan orang mati sudah ada yang mengurus tepi ketika ajal menjemput ,sehebat apapun kita di dunia ini ketika sudah meninggal pasti dikukuburkan kedalam tanah. Seperti itulah yang dialami maryarakat di tujuh desa  kecamatan Percut Seituan diantaranya; Desa Sampali, Desa Saenti, DesaTanjung  slamat, Desa Tanjung rejo , Desa Cinta rakyat , Desa Percut, Desa Cinta damai dan desa Pematang lalang terlebih kaum non muslim. Ketika seseorang meninggal mereka harus membayar Rp.2 juta untuk satu kuburan, belum biaya ‘ Korek lubang kuburan.

Pendeta Muda (Pdm) Amazon Harahap saat ditemui KoranJokowi.com pun membenarkan, “Ya demikian adanya, akibat  belum adanya pekuburan non muslim di daerah Saentis kecamatan Percut seitua maka ketika ada warga atau jemaat yang meninggal, pihak keluarga akan pusing tujuh keliling untuk mencari tempat dimana bisa dikuburkan dan tawar menawar berapa ‘Tombuk tano (mahar satu lobang kuburan) belum lagi dalam duka cita pusing juga mencari tempat untuk di kuburkan.”, kata beliau

Lain hal dengan  pak Matondang 50 thn warga desa Saentis berharap pemerintah dapat menyediakan lahan pekuburan baik Muslim mau pun non muslim (Nasrani)  pada umumnya sangat emergency dan dibutuh masyarakat. Dimana kalau ada kehidupan pasti ada kematian perlu kuburan.

Saat KoranJokowi.com bertemu beberapa warga dari tujuh desa yang berada di kecamatan Percut seituan kabupaten Deli Serdang provinsi Sumatra utara sangat berharap sekali disediakan lahan pekuburan sebagaimana harapan bapak majuntak 65 thn warga desa pematang lalang begitu juga harapan pak Nadeak-53 thn  warga desa sampali sudah hampir 15 thn tinggal di desa sampali tapi pekuburan sampai saat ini agak sulit.

 

Saat bincang-bincang dengan Bapak Asmawito.S.Sos  selaku kepala desa Saentis kecamatan Percut seituan mendukung diadakannya pekuburan baik muslim maupun non muslim,ujarnya.

Percut Sei Tuan merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Deli SerdangSumatra UtaraIndonesia, dengan 18 Desa disana, yang terletak di dalam kecamatan dengan jumlah penduduk lebih dari 480.000 jiwa, muslim dan non-muslim.

Dari pengamatan KoranJokowi.com kabupaten Deliserdang lokasi pekuburan yang ‘layak’ untuk mereka lokasinya diantara  dusun l pasar 1 desa Saentis kecamatan Percut seituan seluas 2 hektar yang kebetulan itu lahan Eks-HGU/PTPN2 dan selama ini dipakai warga bercocok tanam jagung dan sayuran. (H,Manullang)

 

Tentang RedaksiKJ 1045 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan