“TELAGA BENING” POTENSI DESTINASI WISATA KUTAI TIMUR PERLU DUKUNGAN !

“TELAGA BENING” POTENSI DESTINASI WISATA KUTAI TIMUR PERLU DUKUNGAN !

KoranJokowi.com. Sangatta, Kutim:  Keberadaan Telaga Bening di Jalan Poros Sangatta-Bontang Desa Telaga Kecamatan Teluk Pandan seakan terlupakan, padahal jika dikembangkan objek wisata di pintu masuk Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bisa saja menjadi icon wisata bahari. Telaga ini sudah dikaruniai hamparan air seluas 6.000 hektare dengan pemandangan kontur rawa. Spot ini juga menjadi buruan pemancing karena selain bisa mendapatkan hasil tangkapan ikan, ada habitat udang di dalamnya.

Warga setempat mengatakan selain air bahan baku Telaga Bening dimanfaatkan IPA Intake PDAM Tirta Tuah Benua (TTB) Kutim) untuk kebutuhan air bersih warga sekitarnya, lokasi ini menjadi surganya para pemancing. “Menghabiskan waktu di sini sambil memancing menjadi kegiatan yang sayang dilewatkan sambil menikmati pemandangan alamnya yang memukau,” urainya.

Selain memancing pengunjung juga bisa melakukan hunting foto. Tak sedikit pengendara roda dua maupun roda empat sekedar singgah untuk menikmati pemandangan alam yang alami dari atas bukit. “Tempat ini untuk sekedar melepas penat di penghujung akhir pekan karena ada jembatan kayu panjang menjorok ke dalam area danau yang dibangun PDAM TTB Kutim,” terangnya.

Ia menambahkan Telaga Bening destinasi murah meriah ini hanya cukup bermodalkan bahan bakar bensin saja karena aksesnya gampang. Siapa pun bisa datang. Namun perlu diingat bagi siapa pun dan di mana pun jika mengunjungi tempat wisata hendaknya selalu ingat untuk tidak membuang sampah sembarangan.“Buanglah pada tempatnya agar lingkungan bersih dan kawasan ekosistem Telaga Bening pun terjaga,” terangnya kepada Pro Kutim, Rabu (9/6/2021).

Sebelumnya, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menegaskan komitmen Pemkab Kutim dalam pengembangan pariwisata di daerah di tengah pandemi Covid-19. Berbagai upaya dan terobosan mempercepat pemulihan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di sektor wisata.

“Potensi pariwisata di Kutim pada umumnya sangat kaya dan beragam salah satunya keindahan alam tidak hanya pegunungan tapi sungai dan danaunya yang eksotis,” tegasnya.
( HsG/Kaltim)

 

Tentang RedaksiKJ 1194 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan