GABUNGAN WARTAWAN INDONESIA (GWI) & PENYELENGGARAAN  UJI KOMPETENSI WARYAWAN (UKW)  OKTOBER 2021.

GABUNGAN WARTAWAN INDONESIA (GWI) & PENYELENGGARAAN  UJI KOMPETENSI WARYAWAN (UKW)  OKTOBER 2021.

Koranjokowi.com, Bekasi, Jabar : Akhir-akhir ini sering terjadi persekusi dan kekerasan terhadap para wartawan hingga viral di medsos.Ada yang tidk beres ?

Dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers pasal 4 di dalam ayat 1 disebutkan bahwa kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara, ayat kedua bahwa terhadap pers nasional tidak dikenakan penyensoran, pembredelan atau pelarangan penyiaran, ayat ketiga bahwa untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi dan ayat keempat bahwa dalam mempertanggungjawabkan pemberitaan di depan hukum, wartawan mempunyai Hak Tolak bahkan dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945 disebutkan antara lain dalam pasal 28F bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Dalam rangka inilah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gabungnya Wartawan Indonesia ( GWI) menyelenggarakan Uji Kompetensi  Wartawan  (UKW). Berikut tanggapan Ketua umum  GWI  Moris Taosisi ,SE  dikantor pusatnya, Ruko Buaran Persada Lt.2 nomor 12, Jl. Letjen  ( purn) Soekamto  Duren Sawit  Jakarta – Timur.,

KORANJOKOWI.COM : Apa tujuan GWI menyelenggarakan UKW ?

Ketum(GWI) : agar wartawannya  lebih cerdas, lebih beretika dan lebih berimbang dalam membuat berita dan bermoral sesuai  butir-butir Pancasila.

KORANJOKOWI.COM :Lembaga mana yang melakukan Uji Kompetensi Wartawan  ?

Ketum(GWI) : Lembaga Sertifiasi Pers ( LSP) yang berstandar Nasional

KORANJOKOWI.COM : Apa out put yang diharapkan dari UKW ?

Ketum(GWI) : yang pertama, nama GWI berstandar nasional  yang dapat mengadakan UKW kedepan di berbagai daerah  seluruh Indonesia.kedua  Wartawan yang ikut UKW melalui GWI  tidak dipandang sebelah mata, oleh instansi Pemerintah dan Swasta Ketiga, Wartawan yang ikut UKW yang diselenggarakan GWI menjadi termotifasi dan berdedikasi  agar tidak ditafsirkan sebagai wartawan abal-abal

KORANJOKOWI.COM :Berapa perkiraan  kuota yag dharapkan menjadi peserta UKW ?

Ketum(GWI) :  Panitia merencanakan 500 orang peserta, kemungkinan bisa bertambah dari media lain, selain dari media yang berada dibawah GWI.

KORANJOKOWI.COM : Kapan direncanakan pelaksanaan UKW ?

Ketum(GWI): Bulan Oktober 2021

( Ring-o)

Tentang RedaksiKJ 3808 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan