Kabar BANYUWANGI – (26), “CAMPING EMBUN, BUKAN SEKEDAR CAMPING “

Kabar BANYUWANGI – (26), “CAMPING EMBUN, BUKAN SEKEDAR CAMPING “

KoranJokowi.com, Kab. Banyuwangi : Pemkab Banyuwangi kembali menggelar program “Camping Embun” (Camping Pelayanan Masyarakat Kebun), program layanan jemput bola kepada warga yang tinggal di tengah perkebunan dan kawasan hutan. Layanan dengan mengerahkan ASN hingga menginap tersebut telah digeber beberapa kali, antara lain di Perkebunan Kapuk Wongsorejo, Perkebunan Kopi Malangsari, dan Perkebunan Kendenglembu Glenmore.

Yang terbaru, Camping Embun digelar di Kampung Mbaung, sebuah perkampungan kecil di tengah rimba pinus yang secara administratif masuk Dusun Sumberurip, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung. Untuk bisa menjangkau Kampung Mbaung bukan hal mudah. Dari perkampungan Dusun Sumberurip, terbentang jarak sejauh 12 kilometer. Itu pun melewati jalan berbatu dan hutan jati yang dikelola Perhutani.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani hadir di layanan tersebut guna memastikan pelayanan berjalan dengan lancar sekaligus meninjau kondisi kampung tersebut. Bertempat di SDN 8 Barurejo, selain membuka layanan administrasi kependudukan, juga digelar vaksinasi covid-19 dan imunisasi anak.

Dia mengatakan, jumlah warga yang tinggal di kawasan perkebunan/hutan memang tidak sebanyak warga di pusat desa atau pusat kecamatan. Meski demikian, semua hak kependudukan warga dan layanan dasar harus dipenuhi. Menggelar layanan di Kampung Mbaung ini bukanlah hal mudah. Di kampung luas yang dihuni tidak sampai 200 kepala keluarga ini, tim pemda harus membawa genset dan menggelar kabel internet.

Sebelumnya, Pemkab Banyuwangi juga melakukan penguatan SDM di kampung tersebut lewat program Banyuwangi Mengajar, dimana Pemkab mengirimkan sarjana-sarjana terbaiknya untuk mengabdikan diri, mengajar, dan memberi motivasi kepada anak-anak di desa-desa terpencil itu. “Sejak 2016 sarjana fresh graduate dikirim di SD tersebut. Mereka tak hanya mengajar, namun juga memotivasi para pelajar untuk tidak putus asa di tengah keterbatasan. Saat ini, dua sarjana program Banyuwangi Mengajar bertugas di sana,” pungkas Ipuk

(Krisna/Yu2n-Foto.ist)

www.istananews.com

Lainnya,

Kabar BANYUWANGI – (25),  “RELAWAN JOKOWI KAB. BANYUWANGI DUKUNG IJEN GEOPARK – UNESCO, AMIN ! ” – KORAN JOKOWI

Tentang RedaksiKJ 3088 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

1 Trackback / Pingback

  1. Kabar BANYUWANGI – (27), Banyuwangi bangkit Bersama Pt Pelindo Terus bersinergi. - KORAN JOKOWI

Tinggalkan Balasan