Kabar Purwakarta (7), SEMOGA PRESIDEN JOKOWI SEGERA DATANG KE WADUK JATILUHUR DAN SAMPAIKAN MANFAAT ECENG GONDOK SEBAGAI PENGUATAN EKONOMI DESA, AYE !

Kabar Purwakarta (7),

SEMOGA PRESIDEN JOKOWI SEGERA DATANG KE WADUK JATILUHUR DAN SAMPAIKAN MANFAAT ECENG GONDOK SEBAGAI PENGUATAN EKONOMI DESA, AYE !

KoranJokowi.com, Kab. Purwakarta : Dalam edisi sebelumnya (silahkan bukan link paling bawah), salah satu kekhawatiran kita tentang maraknya tumbuhan Eceng gondok di Waduk Jaitluhur telah mendapatkan respon positip para pembaca. Hal lain yang dipertanyakan publik adalah bagaimana menjamin tumbuhan itu tidak akan mengganggu 6 unit turbin di waduk itu?

See the source image

See the source image

Saat saya selaku Staf Khusus KoranJokowi.com Kab. Purwakarta menemani Pimp.Umum/Redaksi kesana, yang pertama ditanya adalah mengapa waduk ini sekarang terlihat kumuh ?, mengapa banyak eceng gondok?, dst dsb dll, membuat kuping ini ‘pengak. ‘Sumpah !

“Eceng gondok itu tidak selamanya menjadi masalah, pertanyaannya sejauh mana pemkab melibatkan TP-PKK , Karang Taruna dan kelompok perduli Waduk Jatiluhur untuk merubah tumbuhan itu sebagai bagaina dari ekonomi masyarakat sekitar. Daerah lain yang kesulitan eceng gondok bahkan lebih paham bagaimana memanfaatkannya sebagai cindera mata, potensi eceng gondok disini pasti lebih dari 20 ton “, kata Pimp.Umum/Redaksi, nah yang ini saya ‘manggut – manggut.

Ditepi waduk kemudian pimpinan membuka banyak link-nya mbah google  tentang itu semua, kemudian masuk mobil dan kembali ke Bandung. ‘Gdubrak, pintu mobil ditutup. Saya nyengir bae, biasa itu.

Dari situlah kemudian saya mencatat beberapa hal tentang Eceng gondok dari sisi manfaat positipnya, yaitu :

See the source image

Fungsi Eceng Gondok

Eceng gondok memang memiliki reputasi buruk sebagai gulma di perairan khususnya di habitatnya seperti sungai, rawa dan danau, contohnya di danau kerinci yang pernah terjadi blooming eceng gondok.

Akan tetapi dibalik statusnya sebagai gulma, terdapat fungsi atau manfaat dari eceng gondok itu sendiri. Pertama sebaga fungsi pakan, kedua fungsi kesehatan, ketiga fungsi estetika dan seni budaya dan terakhir fungsi ekologi dan energi.

Fungsi Eceng gondok Sebagai Pakan

Eceng gondok mengandung banyak gizi yang berguna untuk tubuh kita. Mulai dari serat, protein, karbohidrat, zat besi, fosfor, dan juga vitamin serta kalsium.

Bahkan eceng gondok dapat dijadikan sebagai pakan ikan dan ternak lainnya. Akan tetapi perlu diperhatikan tempat tumbuh eceng gondoknya yah, karena eceng gondok dapat menyerap logam berat dalam jumlah banyak, maka jangan gunakan eceng gondok yang tumbuh di perairan kotor tempat pembuangan atau aliran pembuangan limbah pabrik. silahkan buka link dibawah  ini …

https://youtu.be/v0LcZzKSFRI

Manfaat atau fungsi Eceng Gondok Untuk Kesehatan

Eceng gondok memiliki khasiat atau manfaat atau fungsi sebagai obat herbal. Telah terbukti turun temurun mampu menyembuhkan gangguan buang air kecil, panas tenggorakan, gatal gatal pada kulit, dan juga bisul.

Manfaat atau fungsi eceng gondok untuk Estetika dan Seni Budaya

Tumbuhan Eceng gondok dapat juga difungsikan dalam kreasi seni budaya, seperti kerajinan tangan. Banyak yang menggunakan tumbuhan ini sebagai bahan baku cinderamata seperti tas, sepati dan banyak lagi.

See the source image

Manfaat atau Fungsi Eceng Gondok Untuk Ekologi dan Energi

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa eceng gondok dapat menjadi salah satu alternatif dalam penyediaan bahan bakar biogas. Selain itu, telah terbukti bahwa dari segi ekologi, eceng gondok dapat menjadi penyerap logam berat yang terlarut dalam air. Hal tersebut membuat air dapat menjadi lebih bersih dari logam berat.

Demikianlah artikel tentang ciri khusus eceng gondok dan fungsi eceng gondok. Tetap belajar dan jangan pernah berhenti untuk ingin tahu.

‘hmm…baru paham saya apa maksudnya pimpinan atas ini semua

Dan tidak terbayang jika Presiden Jokowi datang kesini dan menyampaikan potensi eceng gondok ini

I love you

Ahahahah

(Red-01/Sae-Foto.ist)

www.istananews.com

Lainnya,

Kabar Purwakarta (6), CIKAOPARK PURWAKARTA JAWA BARAT, ‘CUSS AGH.. !! – KORAN JOKOWI

Kabar Purwakarta (5),  APAKAH BUNG KARNO ,IR.DJUANDA &  PRESIDEN JOKOWI TAHU JIKA ECENG GONDOK DI WADUK JATILUHUR PURWAKARTA SEMAKIN MENGERIKAN ? – KORAN JOKOWI

 

Tentang RedaksiKJ 3088 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Kabar Purwakarta (8), Presiden Jokowi Sidak  Pembangunan Terowongan KCJB Kab. Purwakarta - KORAN JOKOWI
  2. Pesan Istana (14), Presiden Jokowi Sidak  Pembangunan Terowongan KCJB Kab. Purwakarta | ISTANA NEWS
  3. JENDERAL LUHUT KE WADUK JATILUHUR, PRIHATIN ECENG GONDOK & AKAN ADA PERGANTIAN DIREKSI PJT II ?, "MAY BE YES, MAY BE NO" - KORAN JOKOWI
  4. KABUPATEN PURWAKARTA LAWAN KORUPSI ? - KORAN JOKOWI

Tinggalkan Balasan