Kabar Bali (20), “Arak Bali’ Goes To Internasional, Ayo Ke Bali !”

Kabar Bali (20),

“Arak Bali’ Goes To Internasional, Ayo Ke Bali !”

Setelah tgl. 29 Januari ditetapkan Gubernur Provinsi Bali, I Wayan Koster  sebagai Hari Arak Bali maka wajar jika kemudian setiap warganya untuk meminum satu seloki per hari.

Kata Koster, karena dibalik keputusan tersebut, tersimpan perlindungan terhadap nilai budaya, sosial, hingga peningkatan ekonomi masyarakat Bali, bahkan hal ini di-amini peneliti arak Bali dan juga akademisi toksikologi forensik dari Universitas Udayana – I Made Agus Gelgel Wirasuta.

Arak Bali dan 8 warisan budaya Bali lainnya  jauh hari telah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia. Penetapan itu dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 414/P/2022 tentang Penetapan WBTb Indonesia Tahun 2022.

Maka wajar jika  Gubernur Koster  pun  ‘mengkampanyekan’ Arak Bali ini saat kunjungan dinas ke  Washington, D.C dan New York, Amerika Serikat  (14-16/3) lalu melalui Millennium Challenge Corporation (MCC) untuk membantu misi Gubernur Wayan Koster meningkatkan harkat Arak Bali sebagai minuman spirit ke-7 dunia, setelah Whiskey, Rum, Gin, Vodka, Tequila, dan Brandy.

Arak Bali Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, Gubernur Koster: Kado Istimewa

Diplomasi Arak Bali tersebut dilakukan Gubernur  Koster menjadi pembicara di Wolrd Bank Group tentang Transforming Transportation dengan memaparkan materi Filosofi Nangun Sat Kerthi Loka Bali untuk Ketahanan Transportasi (Transportasi Cerdas, Berkelanjutan, dan Tangguh), yang kemudian melanjutkan pertemuan dengan lembaga internasional lainnya.

Millennium Challenge Corporation (MCC) merupakan lembaga milik Kongres AS, yang mempunyai tujuan untuk memperkuat kerjasama/kolaborasi di dalam membantu skema pendanaan terkait adaptasi perubahan iklim dan penguatan UMKM, sangat mengapresiasi visi pembangunan Daerah Bali.

Visit Old Bali at Tenganan Village

Arak Bali diakui MCC sebagai minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali yang memiliki cita rasa berkualitas tinggi yang tidak kalah dengan Soju dari Korea, Sake dari Jepang, dan tidak kalah dengan Whiskey dari Eropa.

Untuk itu, MCC menjanjikan akan membantu pemasaran Arak Bali sebagai produk lokal khas Bali yang berkualitas di Pasar Internasional, dengan harapan memberikan dampak positif terhadap penguatan UMKM di Provinsi Bali maupun meningkatnya kesejahteraan petani dan perajin Arak Bali. ‘suksme.

‘Ayo ke Bali !

(Agung/Nyoman/Komang/Foto.ist)

Lainnya,

Agung Dharma, TIRTAGANGGA KARANGASEM BALI – (5), “Besok 4/9/2022 Event Free Weekly Traditional Balinese Music Entertainment , Mohon doanya”

Agung Dharma, TIRTAGANGGA KARANGASEM BALI – (5), “Besok 4/9/2022 Event Free Weekly Traditional Balinese Music Entertainment , Mohon doanya” Koranjokowi.com, Lifestyle, Bali : Badan Pengelola Taman Tirta Gangga dengan senang hati menyampaikan kabar gembira kepada […]

 

Tentang RedaksiKJ 3833 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan