Kabar Riau (180), “Bupati Kuansing Optimis Pacu Jalur 2023 Sukses !”

Kabar Riau (180),

“Bupati Kuansing Optimis Pacu Jalur 2023 Sukses !”

Koranjokowi.com, Riau:

Pada abad ke-17, perahu atau jalur merupakan alat transportasi utama warga desa di Rantau Kuantan. Jalur digunakan sebagai alat angkut hasil bumi, seperti pisang dan tebu. Selain itu, perahu ini dapat mengangkut sekitar 40-60 orang

Pacu Jalur merupakan sebuah perlombaan mendayung kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Perahu yang digunakan terbuat dari kayu dengan panjang mencapai 25 hingga 40 meter.

Pacu Jalur digelar setahun sekali, biasanya dilakukan di Sungai Batang Kuantan. Sungai itu terletak di antara Kecamatan Hulu Kuantan di bagian hulu dan Kecamatan Cerenti di hilir. Arena lomba pacu jalur bentuknya mengikuti aliran Sungai Batang Kuantan, dengan panjang lintasan sekitar 1 km yang ditandai dengan enam tiang pancang.

Dalam persiapan acara Pacu Jalur tgl.23-27 Agustus 2023 , Bupati kuantan Singingi – Drs.H. Suhardiman Ambi pun merasa perlu melibatkan kembali insan media (Pers) dan kemarin (Senin, 21/8)   sambil ‘ngopi darat (Coffe morning) beliau menyampaikan hal ini sekaligus mohon doa restu dari insan media khususnya masyarakat Kab. Kuansing.

“Ajang Pacu jalur sebagai warisan budaya lokal yang membanggakan serta bermanfaat bagi masyarakat dan pariwisata daerah. Setiap tahunnya dilaksanakan dengan baik termasuk pelayanan publiknya, transortasi, kesehatan, keselamatan, dsb. Apalagi dukungan tokoh masyarakat, TNI-Polri, seniman, dan masyarakat demikian  tinggi. Sehingga acara ini menjadikan agenda tersendiri bagi wisman dan wisatawan asing. Atas pengalaman selama ini maka kita optimis ajang mendatang pun akan sukses”, demikian Bupati.

Selain itu bupati  juga menegaskan dalam even pacu jalur ini seluruh anak pacuan, diberikan asuransi selama acara pacu jalur mulai dari pembukaan hingga penutupan.

Sementara itu kepala dinas perhubungan kabupaten Kuansing – Hendri mengatakan, pihaknya sudah membuat tempat tempat parkir yang baik dan tertib,baik lokasi maupun tarifnya, tarif parkir R2-Rp.5.000, R4 – Rp. 20.000 dan R6-Rp.30.0000.

‘Semoga sukses, aamiin yra…

( Ardepi / Foto.ist)

Lainnya,

Tentang RedaksiKJ 3870 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan