Kabar Jatim ( 38), “Triple Track Stategy Kab.Banyuwangi Pasca Covid19 : Pariwisata  digital, kreatif, dan  sehat”

Kabar Jatim ( 38),

Triple Track Stategy Kab.Banyuwangi Pasca Covid19 : Pariwisata  digital, kreatif, dan  sehat”

Peta Kabupaten Banyuwangi

Koranjokowi.com, Kab. Banyuwangi, Jatim :

Saat pandemi Covid 19 tahun 2020-2022 lalu membuat semua orang kembali ke kebutuhan dasar (basic needs), yakni makan, minum, dan kesehatan. Namun, saat pandemi mulai terkendali, orang akan kembali berburu aktivitas hiburan (leisure),  seperti berwisata dan kuliner.

“Di saat itulah tercipta momentum Post-Pandemic Rebound. Momentum itu jangan sampai lepas. Maka, kita siapkan tiga strategi pariwisata, Triple Track Stategy. Yakni, pariwisata yang makin digital, makin kreatif, dan makin sehat. Ini kita sebut ‘tiga makin’,” demikian janji Bupati Banyuwangi – Ipuk Fiestiandani, yang akrab dipanggil Bunda Ipuk kepada media diamini Wakil Bupati – H. Sugirah. Keduanya saling bahu-membahu menggerakan kembali sektor andalan wisata Banyuwangi dengan anggaran yang juga terbatas.

Makin digital, lanjut Ipuk, membikin pariwisata semakin mudah diakses. Misalnya, pembelian tiket secara online, penyelenggaraan event yang mulai beralih dari pertunjukan langsung menjadi virtual maupun hybrid (online dan offline), hingga penyediaan angkutan pariwisata gratis yang bisa dipesan secara daring.

5 Fakta dan Prestasi Ipuk Fiestiandani, Perempuan Kedua yang Jadi Bupati Banyuwangi

“Kita juga mulai menerapkan skrining pengunjung menggunakan aplikasi PeduliLindungi, termasuk destinasi alam yang notabene berada di desa, tapi tetap harus aspek digital untuk melindungi semuanya ini berjalan,” jelasnya.

Makin kreatif, papar Ipuk, dilakukan Banyuwangi dengan terus berinovasi meningkatkan kualitas layanan kepada wisatawan. Salah satunya, menyiapkan layanan angkutan wisata gratis ke sejumlah destinasi wisata. Event-event baru juga kami galang, kolaborasi dengan banyak hal, seperti sepeda hingga selancar dan berbagai skema outdoor tourism yang kini diburu wisatawan karena dinilai lebih aman dan sehat.

Adapun makin sehat, sambung Ipuk, bukan sekadar disiplin protokol kesehatan, tapi harus melengkapi diri dengan standar festival dan pengelolaan destinasi berorientasi kesehatan.

Ipuk Lanjutkan Takhta Sang Suami sebagai Bupati Banyuwangi

Banyuwangi juga melakukan melakukan sertifikasi protokol kesehatan Covid-19 untuk destinasi wisata, hotel, homestay, dan kafe serta restoran hingga warung-warung rakyat.  Dia menambahkan, Banyuwangi sebagai cagar biosfer dunia juga menjamin lingkungan sehat bagi wisatawan, pintu masuk memperkuat outdoor tourism, agro tourism, dan sejenisnya.

Kini memasuki semester akhir tahun 2023, hasil kerja keras Bunda Ipuk – H.Sugirah membuahkan hasil, beberapa destinasi wisata unggulan di Kab.Banyuwangi mulai mengalami peningkatan kunjungan baik dari wisatawan domestik maupun mancanegara. Disbudpar Banyuwangi mencatat bahwa setiap hari sekitar 5.000 pengunjung tercatat di Banyuwangi dan okupansi hotel mencapai 60%. Termasuk 1,3 juta kunjungan wisman dan turis asing ke-13 destinasi wisata. Ini kemudian memacu pemerintah untuk terus  melakukan inovasi dan menyelenggarakan sejumlah event festival Banyuwangi guna mendukung dan membangun kepercayaan pelaku wisata dan wisatawan pasca Covid 19.

Meski terdapat peningkatan di sektor wisata dan hunian hotel, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari wisata belum mencapai target yang ditetapkan. Yakni, baru mencapai Rp 1,9 miliar dari target Rp 2,6 miliar.

Mingkar mingkuring angkara,
Akarana karenan mardisiwi.
Sinawung resmining kidung,
Sinuba sinukarta.
Mrih kretarta pakartining ngelmu luhung,
Kang tumrap neng tanah Jawa,
agama ageming aji.

Terjemahan dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.

Menjauhkan dan membelakangi sifat angkara,
karena berkehendak mendidik anak.
Dibingkai dalam keindahan lagu,
dihias dan diperbagus (syairnya).
Agar berkembang perbuatan yang berdasar ilmu luhur.
Yang bagi orang di tanah Jawa,
agama adalah pakaian orang mulia.

(Sumber : Serat Wedatama karya K.G.P.A.A. Mangkunegara IV)

(Krisna/Yu2n/Foto.ist)

Lainnya.

Kabar Banyuwangi (32), BANYUWANGI GEMPUR COVID 19 

Pilpres 2024 (154), ” RELAWAN JOKOWI-AHOK TURUN GUNUNG DAN MENGAWAL GANJAR, ‘GASKEUN !”

Tentang RedaksiKJ 3870 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan