PRESIDEN JOKOWI PANTAS MEMUJI KADER PMII , TERMASUK PMII PROV. SUMUT. “INDONESIA CERAH KARENA PMII”

PRESIDEN JOKOWI PANTAS MEMUJI KADER PMII , TERMASUK PMII PROV. SUMUT. “INDONESIA CERAH KARENA PMII”

Koranjokowi.com, Sumut : Saat acara Harlah PMII di Surabaya tahun 2015 dan tahun 2018 di Gedung Sabuga ITB tahun 2018  ke-58 tahun lalu, Presiden Jokowi menyampaikan sambutannya, “Para aktivis PMII adalah gerakan muda umat Muslim di Indonesia yang memikiki semangat perjuangan santri, semangat intelektual muslim Indonesia. Ia mengaku optimis masa depan Indonesia semakin cerah jika kader-kader PMII semangatnya tetap dipertahankan”

Pada kesempatan itu pula, Presiden menyebut pada Tahun 2030 Indonesa akan menjadi kekuatan ekonomi dunia. Bukan main, ia menyebut Indonesia akan berada di posisi 7 sampai 10 terbesar. Posisi itu akan terus melejit di tahun-tahun yang akan datang setelah itu. Pada 2040-2045 nanti, ekonomi Indonesia bisa ada di urutan ke-4 terbesar di dunia.

Dan pastinya keterlibatan PMII adalah salah satu kunci sukses menuju itu semua, itu harapan Presiden Jokowi.

….

Kemarin, Kamis, (08/07/2021).

Dari sisi yang berbeda dalam semangat yang sama untuk ‘berbuat sesuatu kepada bangsa dan negara besar ini, Pengurus Koordinator Cabang PMII Sumatera Utama dan Pimpinan Wilayah HIMMAH Sumatera Utara menggelar Focus Group Diskusi (FGD) dengan mengangkat Thema Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat dengan Pengarusutamaan Moderasi Beragama dalam memperkokoh NKRI di Hotel Garuda Hotel Plaza Medan,

Dalam kesempatan tersebut Ketua PMII Sumut Azlansyah Hasibuan mengatakan bahwa FGD ini dilakukan sebagai salah satu semangat kami khususnya mahasiswa yang memiliki peran serta tanggung jawab untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. ” Kamtibmas adalah kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional yang ditandai dengan terjaminnya keamanan, ketertiban, dan tegaknya hukum serta terbinanya ketentraman”, papar Azlan

Beliau juga menyampaikan keterkaitan dengan moderasi Agama, bahwa Agama adalah jalan manusia untuk mengenal Tuhan dan di Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bangsa yang majemuk diharapkan saling toleran dan tidak saling menyalahkan dalam mencari jalan untuk mengenal Tuhan, agama dan bangsa adalah hal Fundamental yang tidak bisa dipisahkan sehingga generasi muda diharapkan akan menjadi pionir dalam moderasi beragama terkhusus kader PMII

Sementara Ketua PW HIMMAH Sumut Sukri Soleh Sitorus mengatakan bahwa Moderasi beragama adalah cara pandang kita dalam beragama secara moderat, yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem, radikalisme, ujaran kebencian, hingga retaknya hubungan antar umat beragama, merupakan masalah yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini. ” Kita harus bersikap terbuka serta menerima bahwa diluar diri kita ada saudara sebangsa yang juga memiliki hak yang sama dengan kita sebagai masyarakat yang berdaulat dalam bingkai kebangsaan. Masing-masing orang memiliki keyakinan di luar keyakinan atau agama yang mesti kita hormati dan akui keberadaannya, untuk itu kita perlu terus menerus bertindak dan beragama dengan cara moderat “, papar Sukri

Lebih lanjut Sukri memaparkan bahwa agama dan Negara adalah dua sisi mata uang yang berbeda namun saling berhubungan. Agama membutuhkan tempat untuk para penganutnya menjalankan ajaran agama dengan tentram dan nyaman, dan negara membutuhkan agama untuk sosial kontrol dan nilai-nilai agama demi kesehatan bernegara.

FGD yang dilaksanakan PMII dan HIMMAH Sumut mengundang dua tokoh pemateri yakni Hidayat Syahputra dari Aktivis Muda NU Sumatera Utara dan Eko Marhaendi dari Badan Kajian Strategis Al-Wasliyah serta puluhan peserta diskusi dari kalangan aktivis mahasiswa.

Alm.KH. Abdurahman Wahid (Gus Dur) pernah mengatakan. “Para aktivis PMII jangan takut jadi intelektual pengangguran. Banyak yang mesti dikerjakan di NU. Dan lapangan itu seluas, selebar kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia. Kalaupun aktif di lapangan politik, sebaiknya PMII ber- politik bermasyarakat; mengetahui, merasakan dan membantu masyarakat dalam menyelesaikan urusan-urusan mereka”

Jika sudah seperti ini, kami , KoranJokowi.com membenarkan dan meyakini apa yang dikatakan Presiden Jokowi dan Alm.Gus Dur, jika INDONESIA SEMAKIN CERAH dengan lahir dan adanya kader kader PMII. Inshaa Allah.

Aamiin Yarabil’alamiin …

(Patar S/Foto.ist)

Tentang RedaksiKJ 3808 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan