HASIL INVESTIGASI ‘MANDEKNYA’ PROGRAM BEDAH RUMAH DI KAB.PRINGSEWU  !?

HASIL INVESTIGASI ‘MANDEKNYA’ PROGRAM BEDAH RUMAH DI KAB.PRINGSEWU  !?

Koran Jokowi.com, Pringsewu :  Sudah lama sebenarnya KoranJokowi.com Kab. Pringsewu mendapat banyak laporan bahwa masih banyak warga desa yang berharap diikut-sertakandalam Program Presiden Jokowi cq.KemenPUPR khususnya program  Bedah Rumah.

Maka hari ini (25/12) , disertai Redaksi Pusat, kami langsung check re-check atas hal itu, yang pertama kami kunjungi adalah rumah warga dusun Sari bumi Pekon Wates selatan Kec. Gading Rejo Kab.Pringsewu, kami pun berkeliling sebagaimana tanggung-jawab kami sebagai bagian dari ‘kontrol sosial baik selaku KoranJokowi.com atau Relawan Jokowi.

Demikian halnya saat menemui seorang warga bernama ‘ibu Y’ dan ‘P’ , namun beliau tidak mau diajak bicara mungkin trauma. Kemudin diwakilkan kepada yang lain, dari sini kami menyimpulkan beberapa hal, yaitu;

(1). Sekitar tahun 2017-2018 dia dan beberapa warga memasukan data sebagai pengaju Bedah Rumah/RTLH  yang dikordinatori oleh ‘S’ oknum dari FKPM

(2). Dia dikenakan iuran Rp.600.000, mungkin juga warga lainnya.

(3).Hingga saat ini tidak ada realisasinya.

Setelah sekian lama kami disana, kami pun bergegas pamit saat diperjalanan pulang kami pun mendiskusikan hall ini, dengan catatan kemudian:

(1).Husein Ismail,  Korkab Pringsewu: Bedah Rumah/RTLH adalah program terbuka Presiden  Jokowi, yang tidak dikenakan biaya , ini tinggal kemauan keras dari para Kepala Desa untuk memperjuangkannya. Ini yang tidak ditemukan di Kab. Pringsewu buktinya masih banyak warga desa yang tidak mengetahui program ini.

Kabupaten Pringsewu terbagi dalam 9 kecamatan, 126 desa dan 5 kelurahan dan jumlah penduduk lebih dari 380.000 jiwa. Dalam Pilpres 2014  jumlah suara untuk Presiden Jokowi sekiitar  109.675 suara (48,35%) dan Pilpres 2019 sekitar 149.481 suara (49,5%), dari data ini seharusnya warga desa semangat unntuk selalu menjemput bola program2 Presiden Jokowi.

(2).Sutrisno, Wartawan Kab.Pringsewu : Warga banyak yang trauma karena kelakuan oknum selama ini yang  ‘menipu’ warga sehingga berimbas kepada ciitra negatif Presiden Jokowi yang dianggap tidak pro-rakyat kecil.

Sosialis Dinas terkait masih minim hingga tingkat warga desa baik program Bedah Rumah dsb.

(3).Een H.Prayudha, Wakpimp.Umum/Redaksi : Khusus di Kab.Pringsewu yang aktif mengajukan program Bedah Rumah baru warga di Kec.Gadingrejo, itu pun baru beberapa desa.  Dalam waktu dekat akan dilakukan pengumpulan dokumen /bukti atas pungli – pungli yang berkaitan dengan program Bedah Rummah/RTLH itu untuk diteruskan ke KemenPUPR cq.KPK dan Mabes Polri jika itu menyeret oknum Kepala desa dsb.

(4).Endang Ruwaliyana, Pimp.Umum : Program Bedah Rumah/RTLH adalah program mulia Presiden Jokowi, maka jika ada oknum yang bersebrangan sikap maka akan berhadapan dengan hukum. Contoh, Pengadilan Tipikor Bandung telah menghukum ‘H’ dua tahun penjara dan denda Rp 50 juta serta membayar uang pengganti sebesar Rp 197 juta karena terbukti menyelewengkan dana Bedah Rumah untuk memperkaya dirinya sendiri.

‘H’ diganjar Pasal 3 ayat 1 UU Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU no 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 64 ayat 1 KUH Pidana.. Dan Jika terdakwa tidak memiliki harta akan diganti /ditambah dengan pidana penjara selama 1 tahun.

Sudara – sudara, khususnya sobat KoranJokowi.com dimana saja berada; Upaya teman – teman KoranJokowi.com Kab. Pringsewu adalah bagian dari upaya mulia agar adanya Pemerataan dan Keadilan sosial dan Kesejahtraan semua warga desa dimana saja khususnya di Kab. Pringsewu. Masalah kemudian tidak menjadi atensi para Kepala Desa itu bukan urusan Redaksi, karena kami telah menjalankan apa yang kami mampu.

Pada bulan Maret 2020, jumlah penduduk miskin di Lampung mencapai 1,05 juta orang (12,34%), naik sebesar 7,84 ribu orang dibandingkan dengan kondisi September 2019 yang sebesar 1,04 juta orang (12,30%). Sayang saat Redaksi pusat mencari tahu melalui website https://www.pringsewukab.go.id/ tentang data terkahir jumlah orang miskin & pengangguran tahun 2019=2020 Kab. Pringsewu TIDAK KAMI TEMUKAN.

 

Progres pembangunan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR di Provinsi Lampung sudah mencapai angka 30%. Total anggaran Program BSPS untuk membedah sebanyak 3.500 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Provinsi Lampung adalah Rp 61,25 Milyar.

Berdasarkan data yang dimiliki SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Lampung, pelaksanaan Program BSPS disalurkan di Kota Bandar Lampung (35 unit), Kabupaten Lampung Tengah (740 unit), Kabupaten Lampung Timur (370 unit), Kabupaten Lampung Utara (900 unit), Kabupaten Lampung Selatan (250 unit), Kabupaten Tulang Bawang Barat (200 unit), Kabupaten Pesawaran (270 unit), Kabupaten Mesuji (240 unit), Kabupaten Tanggamus (300 unit) dan Kabupaten Pringsewu (195 unit) – BERSAMBUNG –

(Red-01/Foto.ist)

Please, Re-Check …

PAK PRESIDEN, PAK MENTERI PUPR, “JIKA ADA KADES YANG TIDAK PERDULI PROGRAM BEDAH RUMAH, APA HARUS DI BENTUK SATGAS BEDAH RUMAH DESA ?”

Tentang RedaksiKJ 1757 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

1 Trackback / Pingback

  1. PAK PRESIDEN, BEDAH RUMAH DI KEC. PUNGGUR LAMTENG HANYALAH MIMPI ! | KORAN JOKOWI | Media Independent Relawan

Tinggalkan Balasan