Agus Budianto – Kades Budiasih, Sindang Kasih, Kab. Ciamis, “ADA 5 PROGRAM UNGGULAN YANG AKAN KAMI SAMPAIKAN KEPADA PRESIDEN JOKOWI”

Agus Budianto – Kades Budiasih, Sindang Kasih, Kab. Ciamis, “ADA 5 PROGRAM UNGGULAN YANG AKAN KAMI SAMPAIKAN KEPADA PRESIDEN JOKOWI”

KoranJokowi.com, Ciamis, Jabar : “Desa kami sangat strategis khususnya untuk para investor dalam ikut serta memberdayakan ekonomi warga desa. Jumlah penduduk desa sekitar 5.413 jiwa per Februari 2021, luas wilayah 376 Ha. Sebagaimana Kuwu (Kepala Desa) sebelumnya pastinya keinginan memberikan yang terbaik untuk warganya pasti ada dan demikian tinggi. Maka kami pun mematangkan konsep permohonan pengajuan yang akan kami kirimkan kepada Presiden Jokowi, dan pastinya menyertakan program dari  kepala desa sebelumnya, kami harus meneruskan amanah Kuwu sebelumnya”, demikian Agus Budianto, Kuwu (Kepala desa)  Budi Asih Kecamatan Sindang Kasih Kabupaten Ciamis periode tahun 2021 – 2027 , yang di Lantik pada tanggal 3 Februari 2021 ( baru 2 bulan menjabat ).

Ditambakan Agus, Program tersebut adalah :

1.PEMBANGUNAN EMBUNG/DAM/BENDUNGAN

Luas lahan sekitar  4 Ha,tinggi 40 meter,panjang 100 meter dan lebar jalan 2 meter Yang dapat berfungsi sebagai irigasi dan untuk menampung air di waktu musim penghujan agar pada musim kemarau tidak terjadi kekeringan ataupun gagal panen. Irigasi Embung sangat bermanfaat untuk mengairi sawah,kebun dan kolam ikan,juga kedepannya air Embung tersebut akan di olah untuk bisa di konsumsi bagi kebutuhan masyarakat desa.

2.PEMBANGUNAN GEDUNG SERBAGUNA / GOR

Berukuran 19 meter × 33 meter.di bangun untuk kegiatan sosial kemasyarakatan desa yang sampai saat ini belum terealisasi dan program ini adalah lanjutan dari program kepala desa sebelumnya.

3.REVITALISASI JALAN DESA WISATA

Salah satu penunjang peningkatan ekonomi masyarakat atau pendapatan dari masyarakat adalah jalan yang menjadi hilir mudiknya kendaraan untuk menjual hasil panen atau untuk membeli pupuk,membeli kebutuhan hidup sehari- hari masyarakat desa.

Jalan sejauh 6 kilo meter yang belum terealisasi adalah salah satu kendala yang meng akibatkan harga pupuk dan pasokan pupuk menjadi mahal dan susah.begitu juga untuk menjual hasil panen dari masyarakat menjadi lebih kecil ke untungannya karna mahal di ongkos angkut, juga harga kebutuhan pokok masyarakat menjadi mahal seperti harga gas tabung melon yang 5 kilo gram bisa mencapai Rp.30.000 rb per tabung.

4.PEMBANGUNAN PASAR DESA

Yang akan di bangun di atas tanah seluas 8 Ha. Dengan di bangunnya pasar desa akan menjadi efektif untuk menjajakan hasil panen dari masyarakat setempat,harga akan jauh lebih murah,daya beli masyarakat meningkat,perekonomian masyarakat akan lebih baik dan juga akan meningkatkan pajak pendapatan desa setempat dari pendapatan retribusi pasar tersebut.

5.REVITALISASI DESA WISATA

Desa Wisata yang akan berdiri di atas lahan seluas 4 Ha. Disana akan didirikan jalur Pinus Negla Minajaya dan juga akan di bangun Agro Wisata. Dengan semakin banyaknya wisatawan lokal atau domestik yang datang, otomatis akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Tetapi yang menjadi kendala adalah tidak ada nya tower / BTS untuk jaringan hand phone karna sinyal di daerah kawasan wisata sangat buruk. Tower ini nantinya akan berfungsi sebagai salah satu media promosi untuk kawasan wisata.

“Semua adalah harapan  besar warga selama ini, tetapi hal ini belum terealisasi karena keterbatasan dana desa dan swadaya warga apalagi ada Pandemi Covid 19. Maka melalui KoranJokowi.com kami berharap ada solusi perealisasiannya “, demikian Kaur Kesra Desa Budiasih, Imam Permana menambahkan.

Kudu paheuyeuk-heuyeuk leungeun,  harus saling bantu, bahu membahu

Inshaa Allah, Semangat ! (Neng/Ade-Akub)

Tentang RedaksiKJ 920 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan