Kabar Riau (169), “Sahurnya Relawan Jokowi Jam Berapa?”

Kabar Riau (169),

“Sahurnya Relawan Jokowi Jam Berapa?”

Koranjokowi.com, OPini :

Sahur  uga disebut Sehur, Sehri, Sahari dan Suhoor dalam bahasa lain, adalah sebuah  aktivitas makan oleh umat Islam yang dilakukan pada dini hari khususnya di Bulan Ramadhan, disebut juga sebagai ‘ Iftar ; makan malam, selama Ramadhan, menggantikan makan tiga kali sehari (sarapanmakan siang dan makan malam),meskipun di beberapa tempat makan malam juga dikonsumsi setelah Iftar kemudian pada malam hari.

Menurut sebuah hadis di Sahih al-BukhariAnas bin Malik meriwayatkan, “Nabi bersabda, ‘makan sahurlah karena ada berkah di dalamnya”

Presiden Joko Widodo beserta keluarga saat bersantap siang di Restoran Ayam Goreng di Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (31/3/2018).

Idealnya sahur dilakukan antara pkl.03.00-04.00 dini hari, memahami waktu sahur yang tepat adalah upaya menjaga tubuh tetap berstamina dengan pola makan baru. Bukan hanya dari sisi medis, waktu sahur yang tepat menurut Rasulullah SAW pun demikian. Menurut beliau, waktu sahur yang tepat adalah di sepertiga malam terakhir, mendekati waktu subuh.

Dalam hadits riwayat Imam Ahmad, “Umatku berada dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur”

Sahur yang dilaksanakan di waktu ini akan membuat tubuh lebih berenergi di keesokan harinya. Jangan sampai ibadah puasa justru memengaruhi kesehatan tubuhmu.

“Kami telah bersahur bersama Rasulullah SAW, kemudian kami berdiri mengerjakan salat subuh. Aku bertanya kepada Zaid, ‘Berapa lama waktu antara habis sahur dengan salat subuh?’, Zaid menjawab, “Kadar membaca 50 ayat Al-Qur’an.” (HR Muslim).

Allah dan para malaikat akan bersalawat bagi orang yang melaksanakan sahur. Rasulullah SAW bersabda tentang waktu sahur yang tepat,

“Bersahur itu adalah suatu keberkahan, maka janganlah kamu meninggalkannya, walaupun hanya dengan seteguk air, karena Allah dan para malaikat bersalawat atas orang-orang yang bersahur (makan sahur).” (HR Ahmad).

Hal ini akan terjadi sebaliknya, kalau makan sahur dilakukan terlalu dini hari, justru berpeluang untuk sebagian orang memilih melanjutkan tidur. Akibatnya salat subuh akan terlewati dan ibadah lainnya. Maka baiknya, waktu sahur yang tepat adalah mengikuti Rasulullah SAW ketika mendekati salat subuh.

Insyaallah

Marhaban Ya Ramadhan Mubarak 1444 H

(DaengJohan/Foto.ist)

Jokowi3Periode ?

Lainnya,

Kabar Riau (168), “RELAWAN JOKOWI RIAU, PILKADES  & MARHABAN  RAMADHAN MUBARAK 1444 H”

Kabar Riau (168), “RELAWAN JOKOWI RIAU, PILKADES  & MARHABAN  RAMADHAN MUBARAK 1444 H” Koranjokowi.com, OPini : Insya allah Puasa Ramadhan 1444 H akan dimulai sejak  tgl. 23 Maret 2023 mendatang, Ramadhan adalah bulan mulia yang […]

Tentang RedaksiKJ 3837 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan