Burhanudin Saputu,  ” GANJAR KITA FOR RI-1, TAUFIK KIEMAS & 4 PILAR KEBANGSAAN “

Burhanudin Saputu , 

” GANJAR KITA FOR RI-1, TAUFIK KIEMAS & 4 PILAR KEBANGSAAN “

KoranJokowi.com, Bandung : Disaat viralnya kelompok/komunitas Relawan Ganjar Pranowo , ada yang menarik bagi kami, yaitu acara yang digelar  GATARI ( Ganjar Kita For RI ), dan undangan yang kami terima langsung dari Ketum GATARI – Burhanudin Saputu yang berisi acara  doa bersama untuk almarhum Taufiq Kiemas di Sekretariat GataRI Tebet Jakarta,Rabu (22/12) Malam.

See the source image

Doa bersama mengenang perjuangan almarhum Taufiq Kiemas mengenai “4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara” yang  berlangsung khusyuk dan taat prokes.

Alm. Taufik Kiemas atau Dr. (H.C.) H. Muhammad Taufiq Kiemas  lahir di Lampung  tgl.31 Desember 1942  seorang negarawan dan politikus Indonesia yang pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia sejak 1 Oktober 2009 – 8 Juni 2013. Yang juga alumni Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya dan tergabung aktif dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, semasa ia mahasiswa

Almarhum telah lama menderita gangguan jantung dan ginjal namun rutinitasnya yang memberikan kekuatan, hingga wafat  di Singapore General HospitalSingapura, 8 Juni 2013 lalu.

See the source image

Tahun 2003 lalu, almarhum di sebuah upacara adat khusus pengangkatan penghulu adat digelar di Istana Pagaruyung Batu Sangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, beliau diberi gelar Datuk Basa Batuah,  mengangkat batang yang terendam atau menyambung kembali mata rantai yang terputus. Ini dikarenakan telah 100 tahun tak seorang pun yang menyandang gelar ini. Taufik berhak mendapat gelar Datuk Basa Batuah karena dia keturunan warga Sikumbang di Tanah Datar dari garis ibu. Dengan gelar ini maka Taufik Kiemas berkedudukan sebagai penghulu Kaum Sikumbang, Nagari Sabu, Tanah Datar.

Kecerdikan GATARI mengangkat almarhum dalam acara ini patut diberikan 4 jempol, karena berbeda ‘value & narasi’ dari acara relawan Ganjar lainnya,  dan wajar jika yang hadir pun berlimpah. “GataRI bukan bagian dari partai politik namun GataRI lahir dari Dukungan kepada figur Ganjar Pranowo untuk meneruskan program Jokowi yang Pro rakyat.Ganjar salah satu pemimpin yang tegas menghadapi kelompok-kelompok intoleran dan radikal”, demikian ‘Bang Burhan panggilan akrab saya menanggapi tujuan dari acara ini.

Ditambahkan ‘Bang Burhan bahwa almarhum dikenal pula sebagai motor penggerak “empat pilar” kebangsaan. Waktu itu MPR bersama sejumlah perguruan tinggi telah mengadakan survei tentang Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Bahkan dengan 4 pilar ini dibuktikan melalui hasil survei 96 persen masyarakat mengatakan bahwa empat pilar itu harga mati, 91 persen masyarakat dengan sukarela ikut menyosialisasikan program ini, 80 persen GBHN masih sangat diperlukan untuk pembangunan bangsa ini.

See the source image

“Almarhum kerap mengingatkan kita semua jika ada salah satu pilar yang roboh akan hancur semuanya. NKRI pun bukan lagi Harga Mati. Almarhum mengajak kita untuk hidup berdampingan secara damai, saling menyayangi, dan senantiasa menjaga silaturahim. Empat pilar kebangsaan, meliputi Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika yang  merupakan buah gagasan almarhum. Maka acara ini kami gelar dalam rangka itu, memantapkan kembali 4 Pilar , ini bukan sekedar dukungan untuk Ganjar Pranowo menuju Capres 2024 mendatang”, tambah ‘Bang Burhan.

Hadir dalam acara Mantan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Laode Ida yang saat itu mengatakan jika Ganjar Pranowo adalah  figur yang tepat  sebagai Capres 2024 yad, karena Ganjar memang telah populer dibanding Capres lainnya.

( … Terima-kasih atas undanganya, Bang Burhan. Terima-kasih para panitia, terima-kasih kepada Lae Surisman – StafSus KoranJokowi.com Prov. Jabar 4 & Marjohan Aruan, Wkl.StafSus …)

(Red-01/Sur/Mar-Foto.ist)

Lainnya,

BURHANUDIN SAPUTU, “UU CIPTA KERJA DAN EKSPLOITASI EMOSI WARGA”   – KORAN JOKOWI

 

Tentang RedaksiKJ 3088 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Kabar Jabar 4 – (37), WALI KOTA DAN BUPATI BEKASI DAMPINGI MENKOMARVEST TINJAU LANJUTAN JALAN TOL BECAKAYU HARI INI. - KORAN JOKOWI
  2. Burhanuddin Saputu,  " HARAPAN GATARI KEPADA GUS YAHYA  - KETUM PBNU 2021-2026 " - KORAN JOKOWI
  3. Burhanuddin Saputu, "TUDINGAN UBED KE GIBRAN & KAESANG IBARAT PETASAN DIKERUMUNAN ?" - KORAN JOKOWI
  4. POTENSI MILENIAL TAHUN 2024 > 190 JUTA , “AYO RELAWAN CAPRES OJO MENENG BAE ! “ - KORAN JOKOWI

Tinggalkan Balasan