Kabar Riau (168), “RELAWAN JOKOWI RIAU, PILKADES  & MARHABAN  RAMADHAN MUBARAK 1444 H”

Kabar Riau (168),

RELAWAN JOKOWI RIAU, PILKADES  & MARHABAN  RAMADHAN MUBARAK 1444 H”

Koranjokowi.com, OPini :

Insya allah Puasa Ramadhan 1444 H akan dimulai sejak  tgl. 23 Maret 2023 mendatang, Ramadhan adalah bulan mulia yang kedatangannya selalu ditunggu-tunggu umat Islam sebagai media untuk memperbanyak ibadah dan amal saleh  kepada Allah SWT.

Ramadhan 1444 H pun adalah bulan ujian di mana orang-orang yang beriman akan melakukan pengendalian diri terhadap segala bentuk hawa nafsu selama berpuasa, mengajarkan manusia untuk senantiasa menjaga panca inderanya dari berbagai perbuatan yang kotor dan tidak terpuji. Ramadhan 1444 H pun  mengajarkan bahwa orang yang berpuasa akan selalu menjaga hati dan jiwanya dari segala perbuatan dan perkataan yang tidak berguna. Orang yang berpuasa akan selalu menjaga lidahnya, mulutnya, dan telinganya dari perkataan dan pendengaran yang sia-sia sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Puasa merupakan perisai dari perbuatan yang sia-sia dan dosa”. (HR. Muslim).

post thumb

Alhamdulillahnya di Ramadhan 1444 H yad, Provinsi Riau akan lebih kondusif karena di 8 kabupaten yang akan melakukan 318 Pilkades diantara September – November 2023 mendatang, semua akan dilakukan pasca Ramadhan mendatang. Sebagaimana Surat Mendagri No. 100.3.5.5/244/SJ tanggal 14 Januari 2023 tentang Pemilihan Kepala Desa pada Masa Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

Kerawanan konflik fisik dalam pelaksanaan pilkades memang cukup tinggi, diantaranya: 1.Setiap calon memiliki basis massa yang berada di wilayah yang sama. 2. Banyak calon yang menjadi pengurus ormas. Sehingga potensi gesekan bisa terjadi dengan pengerahan massa yang berasal dari ormas – ormas bersangkutan. 3.Maraknya  ‘kampanye hitam (Black – campaign) untuk menjatuhkan calon lainnya, dsb.

Disisi lain dengan masuknya Prabowo & Sandi menjadi Menteri di Kabinet Indonesia Maju – nya Presiden Jokowi telah cukup ampuh meminimalisir  konflik dua kutub, 01 & 02, juga di mayoritas desa desa di Provinis Riau. Apapun Relawan Jokowi pun punya andil untuk ‘kesejukan yang tercipta’ selama ini. Bergandengan tangan menyamakan tekad membangun Prov. Riau dengan lebih baik dalam ‘kedamaian’. Memang terjadi pro-kontra namun buktinya memang seperti itu. Rencana rencana & program kerja Pusat dan prov. Riau  setelah 01 + 02 = 03 Persatuan Indonesia dapat lebih tenang terdisitribusi bahkan manfaatnya dirasakan warga desa dengan baik; Dana Desa meningkat/tahun, dsb.

Ramadhan 1444 H adalah momentum pengendalian diri. Segala ihwal yang bisa merusak kesucian ibadah puasa sebisa mungkin dihindari. Saatnya menahan dan mengendalikan diri dari segala hal yang sifatnya negatif dan destruktif. Pentingnya pengendalian diri termasuk saat beraktivitas di media sosial. Saatnya menghentikan penyebaran hoaks, fitnah, saling mencela, dan saling menunjukkan aib.

Banyak bukti yang menyebutkan Pilkades rawan konflik fisik sesama warga desa, kalau pun kita tidak tahu bagaimana di Pilkades  Prov. Riau selama ini , baik yang jatuh di bulan Ramadhan atau tidak

” Melalui  Ramadhan 1444 H yang dijalankan dengan kualitas baik, ikhlas, diharapkan pula lahir pribadi-pribadi muslim dengan karakter mulia, penuh kebijakan dan kebajikan, serta memiliki kesalehan spiritual dan sosial. Semoga ibadah puasa Ramadhan 1444 H yad mampu menstimulus seluruh komponen anak bangsa khususnya Relawan Jokowi di Prov. Riau untuk bekerja bersama  Pemprov, Pemkot & Pemkab Se-Riau mengatasi pemulihan ekonomi desa pasca Pandemi Covid 19 lalu, Marhaban Ya Ramadhan Mubarak 1444 H, mohon maaf lahir bathin. Begitu, Daeng Johan”, demikian tanggapan PimRed Koranjokowi.com atas hal ini melalui WA

(DaengJohan/Foto.ist)

Lainnya,

Kabar Riau (167), “Pj. Bupati Kampar  & Program Peduli Tetangga”

Kabar Riau (167), “Pj. Bupati Kampar  & Program Peduli Tetangga” KoranJokowi.com. Kampar, Riau : PJ Bupati Kampar Dr H Kamsol MM beberapa hari yang lalu telah melakukan peluncuran Program Peduli Tetangga, program yang menurut nya […]

 

Tentang RedaksiKJ 3833 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan