TAHUN 2021 DI KUTAI TIMUR  ADA PABRIK COAL TO METHANOL (CTM) PERTAMA DI INDONESIA

TAHUN 2021 DI KUTAI TIMUR  ADA PABRIK COAL TO METHANOL (CTM) PERTAMA DI INDONESIA

Koran Jokowi.Com. Bengalon ,Kutim :Bengalon adalah salah satu Kecamatan di Kabupaten Kutai Timur yang banyak memiliki potensi . Selain dari Perusahaan sawit yang luas juga banyak potensi lainya seperti Pelabuhan laut “Maloy ” ,pelabuhan taraf nasional antar pulau .

Selain itu rencana pembangunan pabrik pengolahan batu bara menjadi methanol (coal to Methanol /CTM ) di Kecamatan Bengalon Kutai Timur akan dibangun thn 2021 mendatang .

Penandatanganan persetujuan proyek telah dilakukan oleh Gubernur Kaltim Isran Noor pada 14 juni 2020 lalu .Diketahui rencana itu adalah bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang akan melibatkan Investor besar seperti PT Bakrie Capital Indonesia, PT Ithaca Resources dan Perusahaan gas asal Amerika Serikat , Air Products and chemical inc .

Nantinya PT Bakrie Capital Indonesia dan PT Ithaca Resources sebagai pemasok bahan baku batu bara serta berkomitmen untuk mengambil produki untuk dipasarkan di Indonesia .Konsorsium ini sudah tertuang didalam definitif kontrak jangka panjang .

Batu bara akan dipasok dari tambang milik PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT Ithaca Resources, selanjutnya batu bara diolah oleh fasilitas produksi milik Air Products untuk diproduksi menjadi Metanol .

Proyek pabrik Methanol dari batu bara merupakan upaya peningkatan kapasitas industri methanol nasional yang kebutuhanya terus meningkat . Diharapkan bisa mengurangi import dari luar negri.

Bahan baku methanol sangat dibutuhkan dalam industri textil,plastik,farmasi ,insektisida dan resin sintetis.

“Sejauh ini proses pembangunan pabrik masih berlangsung , diperkirakan beroperasi tahun 2024 , awal pengerjaan pisik simulai tahun depan ” ungkap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kutim Syaiful Ahmad.

Ia menambahkan Investasi besar dari konsorsium tersebut tetap bakal terwujud. Sementara Kementrian Perindustrian pun turut membantu terkait proses kerjasama ,baik Perusahaan Pemerintah Pusat maupun Perusahaan Daerah.

“Apalagi ini merupakan pabrik pengolahan batu bara pertama ,jadi sangat dikawal oleh Pemerintah Pusat” imbuhnya..

Masyarakat Kaltim umumnya berharap semoga proyek besar ini dapat terlaksana berkat kepemimpinan Presiden Joko Widodo membangun Indonesia timur ,minimal dapat menampung tenaga kerja lokal .(Heru kaltim).

Tentang RedaksiKJ 1950 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan