Kabar Banyuwangi (57), ” KEPO PRESTASI KAB. BANYUWANGI ?, MONGGO ! “

Kabar Banyuwangi (57),

” KEPO PRESTASI KAB. BANYUWANGI ?, MONGGO ! “

Koranjokowi.com, Kab. Banyuwangi :
Wow, ada yang terlewat saya kabarkan. Kemarin, Selasa (28/2/2023) masyarakat khususnya Relawan Jokowi di Kab. Banyuwangi merasa ikut bangga saat Pemkab Banyuwangi meraih Sertifikat Adipura 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Sertifikat tersebut diberikan sebagai apresiasi atas peningkatan kinerja pemerintah kabupaten The Sunrise of Java dalam pengelolaan sampah.

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Banyuwangi Dwi Yanto di Jakarta yang mewakili Bupati Banyuwangi.  Sebelumnya, Pemkab Banyuwangi mendapatkan Piala Adipura selama lima tahun beruntun, tepatnya pada tahun 2013 –  2017.

Pastinya hal serupa pun dirasakan oleh Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani. Apalagi, Sertifikat Adipura diberikan kepada kabupaten/kota yang mengalami peningkatan dalam pengelolaan lingkungan yang  meliputi pengelolaan persampahan, ruang terbuka hijau (RTH), partisipasi masyarakat, hingga kebijakan pengurangan sampah plastik.

Memang benar, dalam pengelolaan persampahan, pemkab telah melaporkan target pengurangan dan penanganan sampah melalui Sistem Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) yang telah divalidasi oleh KLHK RI dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur.

happy asian people harvesting community - indonesia farmer stock pictures, royalty-free photos & images

Sistem pengelolaan sampah akhir di Banyuwangi sudah menggunakan sistem controlled landfill dengan prosedur operasional standar baku penanganan sampah di tempat pembungan akhir (TPA). Meliputi pemilahan oleh masyarakat, pemasangan membran di dasar tanah, penyemprotan bioaktifator untuk mengurangi bau, kemudian penutupan sampah dengan tanah dan pengendalian lalat dengan insektisida.

Oh ya ada satu hal lagi yang terlewat,

Pada sektor kemiskinan , Kabupaten Banyuwangi berhasil menurunkan angka Penduduk Miskin hingga  menjadi kabupaten dengan tingkat kemiskinan terendah dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur khususnya pada periode 2020-2021 lalu. Semoga terus menurun di thn.2021-2022 lalu mengingat pandemi Covid 19 lalu banyak ‘menumbangkan’ sektor ekonomi rakyat, amin.

‘Horeeeee…. !!

svaha

(Krisna/Yu2n/Foto.ist)

 

Lainnya,

 

Tentang RedaksiKJ 3833 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan