KAMI MENANTI PRESIDEN JOKOWI DATANG KE IRIGASI PADAWARAS TASIKMALAYA SEGERA ! – (2), ” REVITALISASI EMBUNG CIBEREUM ADALAH PRIORITAS”

KAMI MENANTI PRESIDEN JOKOWI DATANG KE IRIGASI PADAWARAS TASIKMALAYA SEGERA ! – (2), ” REVITALISASI EMBUNG CIBEREUM ADALAH PRIORITAS”

KoranJokowi.com, Tasikmalaya, Jabar : Pada edisi sebelumnya KoranJokowi.com  telah ‘mengawali’ dengan memperkenalkan Potensi Desa Simpang dan desa – desa sekitar  IRIGASI PADAWARAS, Kab. Tasikmalaya yang antara ‘hidup tidak, mati pun jangan. Di edisi sebelummnya juga kami mengingatkan bahwa Presiden Jokowi demikian ‘concern  dengan Pemberdayaan Potensi Desa Wisata , dan ini  kerap disampaikannya.  “Bahwa wisata alam berbasis desa akan banyak diminati banyak kalangan baik dari dalam maupun luar negeri. Karena itu penting memberikan pendampingan kepada masyarakat untuk mengembangkan satu produk khusus dari tiap desa wisata”

IRIGASI PADAWARAS  seluas lebih dari 42 hektar itu  berada diantara 3 kecamatan,  yaitu; Kecamatan Karang Nunggal (14 desa), Kec.Bantar kalong (8 desa)  dan Kec. Cipatujah (15 desa).  Kami sebut keberadaannya antara  ‘hidup tidak, mati pun jangan’ karena memang demikian,  Pendangkalan dan penyempitan akibat endapan lumpur sungai sudah dibatas normal.  Khususnya yang terparah ada di lokasi Embung Cibeureum Desa Simpang Kecamatan Bantar Kalong .

“Ya demikian adanya, itu salah-satu contoh irigasi yang belum di kelola dan di manfaatkan peruntukannya karena belum ” terjamah” oleh Pemerintah Provinsi. Embung Cibereum  itu merupakan tampungan air dan 5 hektar adalah daratan keliling. Yang kami tangkap keinginan warga itu  adalah bagaimana  ada revitalisasi Embung sehingga layak  menjadi  DESTINASI WISATA yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dan sesuai dengan program Jabar Juara yang salah satunya adalah menyangkut destinasi wisata. Yang kedua, bisa di manfaatkan untuk  IRIGASI PERTANIAN pada musim tanam secara maksimal,karena hampir semua masyarakat desa adalah petani”, demikian Ir. Heri Prayitno –   UPTD Ciwulan Cilaki saat diminta tanggapan atas hal ini oleh KoranJokowi.com (17/3).

Ditambahkan Heri,  memang semua diawali dahulu dengan upaya mengeruk lumpur akibat sedimentasi sungai untuk memastikan aliran air irigasi terjaga dan meminimalisir potensi banjir. Embung  Cibereum, masih kata Heri , bermanfaat juga  bagi kecamatan Cipatujah yang meliputi 8  desa karena jika air dilepas dan masuk ke sungai padawaras kec.Cipatujah.

Hal lainnya , dengan belum adanya pembangunan batas berupa tembok atau benteng yang membatasi air dan daratan,maka setiap musim sering terjadi luapan air sungai. Desa Cikupa adalah salah satu desa yang sering kebanjiran kalau terjadi luapan air.

Saat diminta tanggapan atas hal ini, Kuwu / Kepala Desa Simpang Periode 2019-2025  – Budi ZA  ‘tuan rumah Embung Cibereum’, mengatakan, “Iya saya mendengar jika di tahun 2016 pernah mengajukan proposal,tetapi selalu terkendala dengan anggaran,dan pernah mendapatkan bantuan itupun hanya untuk pengangkatan Gulma atau Eceng gondok. Dan setiap tahun pun selalu mengajukan Proposal/ Anggaran ke Propinsi tapi belum terealisasi sampai saat ini”

Bagi Kuwu Budi ZA, pengerukan sedimen lumpur sungai adalah prioritas, sehingga  pemberdayaan IRIGASI PADAWARAS kedepan meliputi :

  1. Pembangunan irigasi
  2. Normalisasi sungai
  3. Pembangunan tembok/benteng pembatas untuk menahan luapan air.

Ade Sumarna selaku KordKab. KoranJokowi.com Tasikmalaya menambahkan, “Hadirnya IRIGASI PADAWARAS dengan manajemen baru maka akan menambah destinasi baru di kabupaten Tasikmalaya yang selama ini terkenal dengan Wisata Jiarah (Religi), Alam dan Kuliner. Yang juga hancur akibat pandemi Covid 19, KoranJokowi.com pastinya mendukung semua upaya siapapun  dalam mencarikan solusi dalam meningkatkan pajak dari sektor pariwisata”

…. Kepada Siapapun yang mencintai Kabupaten Tasikmalaya, mohon bantu sebarkan link berita ini  sebanyak-banyaknya sehingga segera terdengar, terbaca dan terlihat Presiden Jokowi,  Menteri PUPR , Menteri Parekraf, Gubernur Jabar dan Bupati Tasikmalaya, …… ‘Cag !

-BERSAMBUNG-

(Red-01/Foto.ist)

Silahkan klik,

PENGUSAHA TAMBANG  DESA CIDADAP & DESA CIKALONG TASIKMALAYA, “JANGAN SEBUT KAMI TIDAK TAHU ATURAN !”

MENANTI PRESIDEN JOKOWI DATANG KE IRIGASI PADAWARSA TASIKMALAYA SEGERA !

 

Tentang RedaksiKJ 920 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan