PENGUSAHA TAMBANG  DESA CIDADAP & DESA CIKALONG TASIKMALAYA, “JANGAN SEBUT KAMI TIDAK TAHU ATURAN !”

PENGUSAHA TAMBANG  DESA CIDADAP & DESA CIKALONG TASIKMALAYA, “JANGAN SEBUT KAMI TIDAK TAHU ATURAN !”

KoranJokowi.com, Tasikmalaya, Jabar : Dalam meningkatkan kualitas pengelolaan pertambangan rakyat, meminimalisir kegiatan penambangan tanpa izin komoditas mineral logam dan meminimalisir kerusakan lingkungan akibat penambangan ilegal pun telah dibuktikan oleh Bupati Tasikmalaya dengan  melayangkan surat Nomor ; P/650/ 540/DPMPTSP/2020, tanggal 24 Februari 2020 ke Provinsi Jawa Barat, perihal Usulan Pemetaan Wilayah Pertambangan Rakyat.

Dan hal tersebut sudah ditindaklanjuti oleh surat Gubernur ke Kementerian ESDM dengan nomor surat 390/ES.09.01/REK per tanggal 22 januari 2021, perihal Usulan Penetapan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) Provinsi Jawa Barat.

Entah bagaimana ceriteranya, atau berbedakah hal diatas dengan bukti dilapangan?, sedangkan  penambangan pasir cor  diduga masih terjadi di desa Cidadap kec . Karang Nunggal  dan desa Cikalong, kec. Cikalong,  Kab. Tasikmalaya  bahkan menurut warga setempat hal ini telah terjadi sejak tahunan  lalu, dimana hasilnya di angkut ke Pangandaran, Cilacap bahkan yang di angkut ke Cileunyi Bandung pakai mobil tronton sehari semalam lebih dari 500 unit kendaraan yang mengangkut pasir cor ilegal tersebut. “Yang ke Cieulenyi itu kalau tidak salah untuk proyek KCIC, karena kualitas pasir cor disini memang lebih baik dari daerah lain”, kata Oding (samaran) warga sekitar . ‘Ahahahah…

Warga  lainnya  membenarkan  disana terdapat  100 lebih alat sedot dan 12 unit alat berat tanah di lahan sekitar 40 hektar  milik BPSDA propinsi,  mereka beralasan karena  ini terjadi akibat sulitnya mendapat ijin  pemprov. Disatu sisi ‘dapur harus ngebul apalagi di pandemi Covid 19 ini.

“Kami bukan melawan pemerintah atau melanggar aturan, namun sudah tahunan pengajuan ijin  kami tidak juga diberikan. Lalu harus bagaimana lagi upaya kami dan rekan rekan penambang?”, kata  Nurman (nama samaran) penambang disana.

Kata Ade, KordKab. KorangJokowi.com Tasikmalaya kepada Redaksi pusat, foto yang disertakan adalah dokumentasi saat Pemprov Jabar survey ke-TKP, sekitar 8 bulan lalu. (Ade S)

 

Tentang RedaksiKJ 920 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

1 Trackback / Pingback

  1. KAMI MENANTI PRESIDEN JOKOWI DATANG KE IRIGASI PADAWARSA TASIKMALAYA SEGERA ! – (2), " REVITALISASI EMBUNG CIBEREUM ADALAH PRIORITAS" | KORAN JOKOWI | Media Independent Relawan

Tinggalkan Balasan