PEKERJAAN LANJUTAN IRIGASI RAMAN DAN BATANG HARI KAB. LAMPUNG TIMUR SEGERA DIMULAI MEI 2021.

PEKERJAAN LANJUTAN IRIGASI RAMAN DAN BATANG HARI KAB. LAMPUNG TIMUR SEGERA DIMULAI MEI 2021.

Koranjokowi.com. Lampung timur: Proyek peningkatan  saluran irigasi Raman Utara dan irigasi Batang hari kab. Lampung timur  (Lamtim) akan segera dimulai pekerjaanya awal Mei 2021. Proyek yang didanai melalui dana Syariah SBSN dikerjakan secara bertahap yakni tahap 1 dikerjakan pada 2020 lalu dengan volume panjang  pemasangan beton pricest didua lokasi yakni di irigasi Raman kurang Lebih 1.885 meter dengan luas saluran lantai 4,5 meter ,tinggi 4 meter kiri dan kanal.

Di irigasi Batanghari  yang sudah selesai dikerjakan  kurang lebih 2 km dengan ketinggian 4,5 meter dan lebar lantai  4,5 meter. Pagu anggaran  untuk menyelesaikan pekerjaan pasangan beton pricest masih tersisa cukup besar dan panjang volume pasangan yang belum dirampungkan oleh dua kontraktor didua irigasi tersebut ini merupakan pekerjaan yang dituntut keseriusan kontraktor dalam mengerjakan proyek karena tidak ada tahap 3 dan harus selesai tahun ini juga.

Dana yang baru dicairkan pada 2020 lalu sekitar 30% dari jumlah pagu anggaran  atau sekitar Rp 10 milyar untuk Irigasi Raman sedangkan di batang hari juga sama . Dari anggaran 30% tersebut PT Wiraloka hanya mampu merampungkan pekerjaan pemasangan beton pricest sekitar 1.885meter saja.

Hal ini dikatakan Sugih Permana selaku kepala direksi BBWSMS yang ditugaskan memimpin kegiatan proyek peningkatan irigasi di irigasi Raman.Menurut dia pekerjaan pemasangan beton akan segera dimulai dan Mei ini alat alat berat segera diturunkan ke saluran sementara itu pihak kontraktor juga sudah menyiapkan beton pricest dan sampai sekarang sudah dirampungkan cetak untuk lantai sedangkan untuk linning masih kurang 14000 lembar beton pricest  ukuran 190×0,8×0,1 ,ujarnya.

Selaku pelaksana dari PT Wiraloka Sutoyo,kepada KoranJokowi yakin bisa diselesaikan tepat waktu yang ditetapkan yakni bulan Oktober 2021 selesai terutama penampang basah untuk perapian tetap sampai bulan Desember katanya.

Mengingat pada tahun 2020 lalu semua anggaran proyek terkena pemangkasan dikarenakan adanya pandemi virus Corona  atau C-19,akibatnya pekerjaan yang harus dikerjakan tidak bisa dirampungkan tahun 2020 dan disepakati dilanjutkan tahun 2021 dengan sistem multiyers tanpa melalui tender lagi. Sehingga pihak kontraktor tinggal melanjutkan saja kata nya.

Untuk pekerjaan pemasangan beton direncanakan bulan Mei 2021 ini,namun demikian jika dalam pelaksanaanya belum bisa di bulan Mei kemungkinan di bulan Juni harus sudah mulai pemasangan beton di saluran .Tanggal 1/5 alat berat sudah turun kesaluran guna untuk membongkar bangunan Linning lama dan sekaligus pengangkatan sidemin .

Hal yang sama juga dikatakan Ujang petugas pintu air di bendung Raman menurut Ujang penutupan pintu dilakukan pada 30/4 sore ,sesuai hasil kesepakatan antara petani yang tergabung di dalam organisasi P3A yang di daerah irigasi Raman kata Ujang (Farizal)

Tentang RedaksiKJ 1045 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan