Presiden Tertukar Ojo Bandingke Masjid 1 Trilyun dengan renovasi Pura Besakih Bali & Masjid Solo,  “Sehat, Kang !?”

Presiden Tertukar Ojo Bandingke Masjid 1 Trilyun dengan renovasi Pura Besakih Bali & Masjid Solo, 

“Sehat, Kang !?”

Koranjokowi.com, EDitorial :

Teman teman relawan Jokowi – Ahok dimana saja berada,

Bukan Ridwan Kamil jika ‘nggak pinter ngeles, kemarin saat dicibir soal dana APBD untuk masjid Al jabar Bandung kemudian RK ‘menggeser masalah dengan menyamakan pembangunan Masjid Istiqlal,  bahkan RK akan melakukan hal serupa untuk Gereja dan vihara di Jawa Barat untuk waktu mendatang. Sontak ‘ngelesnya ini malah membuat api semakin membesar. APalagi setelah tahu jika arsitek masjid itu adalah RK sendiri, “Seharusnya harga bisa lebih ditekan jika Emil adalah arsiteknya”, julid Netizen.

Juga upaya lain dari RK yang ‘menggeser masalah ini terhadap pembangunan Pura Agung Besakih di Bali karena dibantu dana APBN. Sayang upaya ini pun kembali  dipermalukan netizen garis lurus, seperti cuitan akun @HinduGL yang menyebut bahwa membandingkan Pura Besakih dan Masjid Al Jabbar memakai dana APBD atau APBN tidak tepat. Karena Pura tersebut masuk dalam ketegori renovasi bukan pembangunan dari awal.

Keterangan foto tidak tersedia.

“Punten Kang (Emil), ini agak beda kasusnya. Pertama, yang direnovasi di Besakih bukan Pura-nya, tapi area pendukung (parkir, jalan, kawasan penjual, pasar, dan lainnya), mengingat Besakih sebagai destinasi wisata. Pura tidak diapa-apain,” sosor @HinduGL tegas.

Teman teman relawan Jokowi – Ahok dimana saja berada,

Juga ini ditambahkan cuitan akun @ArdySoetijipto yang menyebut bahwa Emil mengunggah berita tersebut untuk menghindari hujatan netizen atas pembangunan Masjid Al Jabbar. “Maaf, percuma ditanggapi, lah dia niatnya cuman mo ngeles doang kok,” ujar akun tersebut.

Akun lainnya @darkiemin justru meminta netizen tidak membully Emil karena kasihan yang bersangkutan akan sulit mencari pembenaran lagi. “Jangan begitu min, gak kasian apa sama kang RK jadi tambah repot lagi nanti cari alasannya lagi,” ungkapnya.

“Pak, kapan bikin gereja atau vihara atau pura yang megahnya kayak Masjid Al Jabbar yang habis Rp1 triliun? Biar pemeluk agama lain ikut senang juga pak, nuhun,” ucap akun @bimoojkt

Maka kesalahan RK atas ‘dipepetnya’ para Netizen atas hal diatas sbb :

1.Mengaitkan Rp.1 trilyun dengan biaya pembangunan Masjid Istiqlal thn.1961 Rp.7 milyar dan renovasi Masjid Istiqlal yang dibiayai APBN Rp. 501 milyar Januari 2021 lalu

2.Mengaitkan dengan renovasi Pura Besakih Bali, silahkan baca dibawah ini

3.Mengatakan bahwa Gereja dan vihara pun bisa dibangun dengan APBD, sayang RK tidak menyebutkan dimana?

4.Beredar lagi bahwa dana publikasi / konten masjid mencapai Rp. 20 milyar, konon termasuk sinetron, branding Masjid dan Branding diri sendiri ?, bukankah uang Rp. 20 Milyar itu lebih bermanfaat untuk menanggulangi kemiskinan dan pengangguran di Jawa barat ?

Besakih Bali Indonesia Pura-Besakih-02.jpg

Just Remind, Pura Besakih Bali.

Pura Besakih  adalah sebuah komplek pura yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Komplek Pura Besakih terdiri dari 1 Pura Pusat (Pura Penataran Agung Besakih) dan 18 Pura Pendamping (1 Pura Basukian dan 17 Pura Lainnya). Di Pura Basukian, diyakini sebagai tempat  pertama kalinya tempat diterimanya wahyu Tuhan oleh Hyang Rsi Markendya, cikal bakal Agama Hindu Dharma sekarang di Bali, sebagai pusatnya

Pura Besakih merupakan pura terbesar di Bali. Pura ini dibangun di luas tanah sekitar 20 hektar dan memiliki 46 pura besar dan kecil yang terbagi menjadi tiga bagian. Disebagian sumber disebutkan pembangunannya  bermula di tahun 1284 oleh Rsi Markandeya ,  seorang pemuka agama Hindu keturunan India. Rsi Markandeya membangun Pura Besakih karena mendengar suara gaib ketika bermeditasi di Dataran Tinggi Dieng.

Keterangan foto tidak tersedia.

5 Misteri Gunung Dieng, Tempat Indah nan Berbahaya - Basecamp Pendaki
Ia dan pengikutnya pun sampai membelah hutan di Jawa untuk sampai ke pulau Bali. Sesampainya di sana, ia menanam sebuah kendi yang disebut ‘Basuki’ atau artinya selamat. Nama tersebut lama-kelamaan dikenal menjadi Besakih.

Teman teman relawan Jokowi – Ahok dimana saja berada,

Kita tahu bahwa bulan Agustus 2020 lalu Pemprov Bali dan Kementrian PUPR memulai renovasi Pura Agung Besakih, dengan dana APBN sebesar Rp500 miliar dan  APBD Bali  Rp400 miliar, total Rp. 900 milyar.  Dengan perincian, pembebasan lahan –  Rp170 miliar +  pembangunan fisik – Rp730 miliar.

Penataan Pura Besakih Untuk Kenyamanan Wisatawan dan Keagamaan - Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemerintah Provinsi Bali

Program renovasi  dilakukan secara menyeluruh meliputi tempat suci Mandala Soring Ambal-Ambal hingga Luhuring Ambal-Ambal. Selain karena banyak fasilitas yang sudah tidak layak dan memadai untuk digunakan. Juga kondisi Palemahan sebagai tempat suci tidak tertata dengan baik dan semrawut, infrastruktur jalan dan parkir yang tidak memadai, saluran air, dsb. yang tidak terkelola dengan baik. Bahkan awalnya beranggaran Rp. 1 trilyun namun setelah ‘sowan’ kepada Presiden Jokowi anggaran pun menurun menjadi Rp. 900 milyar.
Penataan dilaksanakan selama 540 hari kalender sejak tanggal kontrak oleh pemenang lelang yakni PT Pembangunan Perumahan (persero) Tbk sebagai kontraktor pelaksana dan PT Ciriajasa Cipta Mandiri selaku manajemen konstruksi.

Alex Noerdin tersandung kasus lagi - ANTARA News Sumatera Selatan

Teman teman relawan Jokowi – Ahok dimana saja berada,

Maaf ya, Pembangunan masjid 1T oleh RK diharapkan dapat dongkrak elektabilitas, namun publik justru menanggapi negatif karena a) mempergunakan dana publik, b) banyak program infrastruktur di Jabar yg tidak dapat pendanaan, c) belum ada pembangunan tembat ibadah agama lain yg dibangun dengan nilai setara, d) RK terlalu ‘tergopoh2 melaunching masjid 1T ini, mungkin karena takut tersaingi popularitasnya atas selesainya Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan Solo yang diresmikan Presiden Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed Al-Nahyan (14/11) lalu. Dengan luas bangunan 8000 meter, luas lahan 3,6 hektar, anggaran Rp. 300 milyar dan mampu menampung lebih dari 10.000 orang. Dan dibangun oleh BUMN – PT. Waskita karya, dan maaf tidak ada nama RK sebagai arsitek masjid ini, gaess. ‘ Eheheh.

Masjid Raya Sheikh Zayed Kota Solo, Minggu (6/11/2022).

Gubernur Sumsel – Alex Nurdin menjadi tersangka karena lalai menggunakan APBD untuk pembangunan Masjid Sriwijaya dan merugikan negara Rp. 130 milyar, kemudian divonis 11 thn penjara sejak September 2022 lalu.

‘Paham?, ehehehe….

(Red-01/Foto.ist)

Lainnya,

Melawan Lupa (145), “PRESIDEN TERTUKAR  DIANTARA JENASAH DICIANJUR JALAN KAKI 16 KM & UANG APBD RP. 1 TRILYUN UNTUK BANGUN MASJID ?”?”

 

Tentang RedaksiKJ 3342 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan