CERITERA SERU DARI JAKARTA: MAHAKARYA ANIES, JIS & BAMBU YANG DIKUTUK JADI BATU ?

CERITERA SERU DARI JAKARTA:

MAHAKARYA ANIES, JIS & BAMBU YANG DIKUTUK JADI BATU ?

Image

Koranjokowi.com, Bandung :

Teman teman Relawan Jokowi-Ahok Yth dan dimana saja kalian berada,

Arti kata Mahakarya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah karya besar; karya gemilang

Maka saat Gub.Anies Baswedan mengunggah sejumlah foto  salat idulfitri di Jakarta International Stadium (JIS) melalui akun @aniesbaswedan  Senin (2/4). Anies dan  menyebutkan JIS adalah bangunan Mahakarya anak bangsa, kita semua pun ‘berkernyit-jidat.

Agh, sudahlah yang jelas Anies memang selalu membuat produk-produk Mahakarya selama menjabat, diantaranya,check it dot

MAHAKARYA BAMBU RP.550 JUTA

Biaya pembuatan serta pemasangan instalasi seni bambu itu menghabiskan Rp.550 juta yang berasal dari 10 BUMD DKI dengan sistem konsorsium. Diresmikan sekitar 15 Agustus 2018, guna  menambah estetika di Jakarta, juga menjadi simbol persatuan Pre-Asian Games ke -18 lalu karena memadukan  antara ‘Bambu Getah Getih’ dari rangkaian bambu lokal diantara tiang tiang beton ibukota Metropolitan.

‘Ciiieeee..

See the source image

See the source image

Sayangnya ini dianggap ‘mengganggu’ pemandangan ibukota , lihat saja dengan kekokohan Patung Selamat Datang dalam rangka Asian Games IV thn.1962 lalu atas ide Wkl.Gub DKI jkt – Henk Ngantung yang diresmikan oleh Pres.Ir. Sukarno kemudian.

Mahakarya Bambu Getah getih karya seniman Joko Avianto itu hanya berumur 11 bulan karena bulan Juli 2019 lalu, Mahakarya itu pun dibongkar dengan alasan bambunya sudah rapuh karena cuaca  khawatir roboh.

Dan,

Abrakadabra…..

kemudian disana berdiri Tumpukan Batu (GABION) dalam keranjang besi  setinggi 3-4  meteran dengan tanaman di atasnya yang memakan anggaran Rp 150 juta. Relawan Jokowi-Ahok & Netizen pun sontak membuat meme lucu diantaranya dengan memberi status,

“Bambu durhaka dikutuk jadi batu.”

‘Ahahaha….

MAKAKARYA JARING SUNGAI & SAMPAH

Untuk antisipasi menghadapi banjir diantaranya agar sampah ibukota  jangan  sampai ke sungai dan laut maka dibuatlah konsep Mahakarya JARING HITAM,  khususnya dalam  era Asian Games 18 dengan cara menutup Kali Item (Sentiong Jakpus)   dengan jaring hitam untuk mengurangi bau di sekitar Wisma Atlet Kemayoran dengan anggaran >  Rp 580 juta yang dikelola Dinas Sumber Daya Air tahun 2018 lalu.

Pastinya kita tidak habis pikir saat itu bagaimana dan apa kaitannya dengan sampah?, mengapa tidak dilakukan pengerukan lumpur secara ‘dahsyat disana , karena jaring itu hanya menutup , tidak membuat lebih wangi atau tumpukan lumpur mencair .

See the source image

Media asing pun ikut menanggapi diantaranya Channel News Asia, yang mengatakan “Sungai beracun, berbau busuk dekat Wisma Atlet Asian Games di Jakarta ditutup oleh jaring nilon hitam karena ketakutan?, merusak pemandangan saat Asian Games berlangsung?,” tulis Channel News Asia

Singkat ceritera November 2018 pasca AG 18 itu jaring pun dibongkar, warga sekitar kepada pers pernah mengatakan bahwa disaat Gub.Jokowi-Ahok & Ahok-Djarot, kali itu rutin dibersihkan bahkan tembok/turap dan drainasenya kerap dirawat dan  diperbarui. Karena itulah setelah tidak diurus kali Item pun  membawa bau.

Image

MAHAKARYA JIS

Anggota DPRD DKI Jakarta dari fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak  merasa ‘nggak enak body’ saat menyebut jika JIS  merupakan sebuah Mahakarya. Menurut Gilbert tindakan itu tidak sepatutnya dilakukan. Gilbert menyamakan Anies dengan pelukis yang narsis. Pasalnya, artis tidak pernah dengan sendirinya menyebut lukisannya adalah Mahakarya.

Selain itu, Anies juga disebutnya juga harus mengungkapkan proses perjalanan pembangunan JIS. Proyek ini sudah sempat mangkrak karena pandemi Covid-19 tapi dilanjutkan dengan menggunakan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) atas sepertujuan Pres Jokowi

“Pembangunan JIS hampir mangkrak hingga akhirnya Pusat turun tangan menalangi 80 persen biaya,” ucapnya.

Rencana pembangunan JIS juga disebutnya sudah ada sejak Gubernur sebelumnya. Karena itu, tidak seharusnya Anies mengambil semua pujian atas rampungnya pembangunan stadion kandang Persija Jakarta itu.

‘Betul, betul, betuuulll..’,

kata Ipin-Upin.

See the source image

JUST REMIND , PEN &  MAHAKARYA JIS

Saat APBD Perubahan (APBD-P) 2020 sebesar Rp 57 triliun. Pendapatan anggaran itu termasuk dana bantuan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp 3,2 triliun. Dana PEN akan digunakan dalam pembiayaan proyek yang berhenti karena COVID diantaranya adalah infrastruktur, kebudayaan. Proyek-proyek yang ditetapkan di 2020 lalu karena COVID berhenti. kemudian  dibiayai dengan PEN.

Diantaranya untuk JIS, TIM, normalisasi kali dan pelebaran kali, pembebasan lahan untuk kali, ada underpass dan flyover, Rumah DP 0%, dsb.

Atas hal ini beberapa catatan saya mungkin sedikit melurusan sebagaimana pertanyaan teman-teman dari Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013) , check it dot ;

1.Tuntasnya pembangunan JIS ada peran dan campur tangan Presiden Jokowi. Ini  akibat  pandemi Covid-19 pada tahun 2020 keadaan keuangan semua daerah di republik ini hancur lebur juga Dki Jkt. Banyak pembangunan infrastuktur yang terancam terhenti alias mangkrak. Penyebanya karena payahnya keuangan daerah termasuk juga untuk kelanjutan pembanguan JIS di DKI Jakarta

Dan jauh hari sebelumnya Anies  mengajukan perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 kepada DPRD Jakarta. Salah satu isinya, ingin melanjutkan pembangunan kawasan JIS dengan dana pinjaman PEN

See the source image

2.Maka dalam mengantisipasi hal buruk, Presiden Jokowi pun mengeluarkan kebijakan Peraturan Pemerintah No 23 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PEN, untuk Penanganan Pandemi Covid 19. Sekaligus antisipasi Ancaman Yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan Serta Penyelamatan Ekonomi Nasional.

3.Presiden pun menyetujui keterlibatan BUMN – PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero)  yang bergerak di bidang pembiayaan infrastruktur memberikan bantuan pinjaman kepada pemerintah daerah sebagai bagian dari PEN sekitar Rp.12,5 triliun , dan (konon) anggaran untuk JIS adalah > Rp. 1,18 Trilyun

Adapun sisanya untuk biaya pengendalian banjir Rp 1 triliun, peningkatan layanan air minum Rp 14,9 miliar, pengolahan sampah Rp 91,67 miliar, transportasi Rp 768,14 miliar. Sektor pariwisata untuk revitalisasi TIM Rp 200 miliar  dsb.

See the source image

JUST REMIND

1.Gelora Bung Karno adalah sebuah kompleks olahraga serbaguna di SenayanJakartaIndonesia. Kompleks olahraga ini menjadi rumah bagi stadion utamastadion sekunder, lapangan sepak bola, stadion air, stadion tenis (indoor dan outdoor), lapangan hoki, bisbol dan panahan, serta beberapa gimnasium dalam ruangan. Kompleks ini dibangun pada tahun 1960 untuk Pesta Olahraga Asia 1962

Saat Pemancangan tiang pertama dilakukan oleh Presiden Soekarno tanggal 8 Februari 1960, beliau menyalami arsitek Frederick Silaban dan berkata, “Ini Mahakarya bangsa dan Negara Yang selama ini Dipandang Sebelah mata Dunia Internasional”

2..Saat peresmian Bandara Sukarno Hatta tgl 5 Juli 1985, Presiden Suharto menyebut jika ini bandara dengan konsep & design Mahakarya dengan biaya > Rp.140,7 milyar  dengan konsultan proyek ADP – Aéroports de Paris ,  otoritas bandara yang memiliki dan mengelola 14 bandar udara sipil dan lapangan udara di wilayah Perancis.

Sekarang pahamlah ya?

(Red-01/Foto.ist)

Lainnya,

Kabar Jakarta (52),”ANIES DIBULLY PDIP, GOLKAR & GUBES UNIV.AIRLANGGA ?” – KORAN JOKOWI

Kabar Jakarta (53), ANIES DI CACI-MAKI, GANJAR PUN KENA GETAHNYA. “CAPE DEH !” – KORAN JOKOWI

 

 

Tentang RedaksiKJ 3781 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. CERITERA SERU DARI JAKARTA – (3): “JIS ITU BMW, TAHUN 2010 MANGKRAK. LALU APA KERJA JOKOWI ?" - KORAN JOKOWI
  2. Ceritera Seru Jakarta (5): "NETIZEN JOKOWI-AHOK HATTERS ATAU LOVER'S, PLEASE SPEAK-UP!" - KORAN JOKOWI

Tinggalkan Balasan