JOKOWI, PRESIDEN SARAT HINA DAN FITNAH? (1)

KoranJokowi.com, Bandung ; Mengutip Laman Check-Fakta (Medcom.id), disana penulis, Whisnu Mardiansyah tanggal.24 Juli 2020,pkl. 16:23 WIB mengomentari viralnya Foto Jokowi dengan Latar Belakang Tulisan “Karya Terbaik Pemerintah adalah Hutang?”

Penulis, viralnya Foto yang berasal dari Facebook Itu memuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah berdiri dengan latar belakang sebuah tembok bertulisankan “Karya Terbaik Pemerintah adalah Hutang”.

Akun Facebook atas nama Roel mengunggah foto ini pada 23 Juli 2020. Dalam unggahannya ia memberikan narasi.”Kurang ajar nih yg moto”

Foto ini mendapatkan respon dari 26 warganet. Serta mendapatkan 171 komentar.

Penelusuran penulis, klaim bahwa Presiden Jokowi berdiri dengan latar belakang tulisan utang pemerintah, adalah salah.

Faktanya adalah foto tersebut hasil suntingan dari foto sebenarnya saat Presiden Joko Widodo meninjau kebakaran hutan di Riau tahun lalu. Bahkan penulis menyertakan foto originalnya saat Presiden Jokowi meninjau kebakaran hutan di Riau, 17 September 2019. Jokowi saat itu ikut melaksanakan salat minta hujan atau Istisqa di Masjid Amrulloh, Kompleks TNI AU, Lanud RSN, Pekanbaru, Riau.

Dalam rombongan turut menemani presiden, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian (saat itu), Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo, dan Gubernur Riau Syamsuar.

Usai meninjau, Jokowi langsung mengadakan rapat tertutup juga digelar bersama sejumlah menteri, kepala daerah, Panglima TNI, dan Kapolri beserta jajaran di Riau.

Adapun foto tulisan tersebut disinyalir berada di kawasan Jakarta Barat. Hal itu terlihat dari tulisan Kelurahan Kalideres di sudut spanduk yang berada di atas tulisan tersebut.

Kesimpulan:
Klaim bahwa Presiden Jokowi berdiri dengan latar belakang tulisan utang pemerintah adalah salah. Faktanya adalah foto tersebut hasil suntingan dari foto sebenarnya saat Presiden Joko Widodo meninjau kebakaran hutan di Riau tahun lalu.

Informasi ini jenis hoaks Misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

Check Fakta Medcom.id memang ‘keren, cukup mewakili suara kami para Relawan Jokowi, nuhun Kang Whisnu !

Pertanyaannya kemudian untuk kita semua, masih kurang cukupkah sipelaku dijerat UU ITE !? (Red)

Tentang RedaksiKJ 1202 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

1 Trackback / Pingback

  1. | KORAN JOKOWI | Media Independent Relawan

Tinggalkan Balasan