SETELAH KOMISI-III/DPRD KOTA CIMAHI  SIDAK, WHATS NEXT !?

SETELAH KOMISI-III/DPRD KOTA CIMAHI  SIDAK, WHATS NEXT !?

KoranJokowi.com, Cimahi, Jawa Barat :  Komisi-3/ DPRD Kota Cimahi melakukan inspeksi mendadak(Sidak/ Rabu ;28/10)  terhadap sejumlah  pembangunan infrastuktur drainase  dan sarana penunjang BTS (Base Tranceiver Stasion) atau yang lebih sering disebut dengan  tower telekomunikasi .Hal itu dilakukan mengingat kota cimahi masuk kategori rawan bencana dan banyak BTS yang belum memenuhi syarat izin mendirikan bangunan. Juga masih  banyak ditemukan insfrastuktur tata ruang  yang harus dibenahi dan bahkan diperbaiki,serta masih kurangnya pengawasan terhadap proses perijinan pembangunan.

Juga hal ini dipicu dengan adanya warga yang terhanyut  saat terpelosok jatuh di gorong-gorong di jln Cihanjuang beberapa hari. Rombongan ini diketuai Yus Rusnaya,Wakil Ketua DPRD Rini Marthini serta para anggotanya,H.Nabsun,Enang Sahri,Aida Cakrawati dan H.Asep Rukmansyah melakukan mediasi dan menemui para pihak,baik eksekutif maupun keluarga korban di lokasi kejadian termasuk memantau kondisi  Menara  tower telekomunikasi diarea Cipageran yang telah disegel oleh Satpol PP kota Cimahi,beberapa hari sebelumnya.

Ketua Komisi 3,Yus Rusnaya kepada KoranJokowi.com mengatakan “Ya kami akan terus melakukan pengawasan terhadap infrastuktur kota.Sebagai bagian dari pemerintah  juga, kami telah  mengantisipasi dengan   mencari solusi  agar tidak terjadi lagi hal-hal  serupa.Secara teknis  agar pembangunan fisik lainnya harus betul-betul  dijaga kualitas dan ditegaskannya  agar  grand design  ini,tidak saja dikawasan Cihanjuang saja,tetapi  keseluruh drainase yang ada dikota Cimahi, demi menjaga ketenangan dan kenyamanan warga”.

Kemudian rombongan menelusuri  Kelurahan Citereup,Kecamatan Cimahi Utara meninjau langsung drainase yang melintasi jalan tersebut.Disana ditemukan kondisi drainase  di wilayah hulu memliki dimensi yang lebih besar,sedangkan ditengahnya mengalami penyempitan  dan tidak bisa menampung air bahkan tidak berfungsi sama sekali,akibatnya apabila curah hujan tinggi air akan mengalir kebahu jalan.Dengan ini membuat H.Enang Sahril meminta agar dibuatkan akses dan diprioritaskan anggaran bagi penataan drainase tersebut kepada pihak pemerintah yang secara kebetulan hadir mendampingi inspeksi tersebut..

Kepala Dinas PUPR Kota Cimahi,Metty  Mustika setelah mendengar arahan dan masukan dari pihak legislative,kepada KoranJokowi.com menuturkan akan memperhatikan membersihkan sendimen-sendimen tanah, dan meng- anggarkan buat perbaikan drainase tersebut kedepan.

SIDAK BANGUNAN TAK BERIJIN ?

Saat tiba dilokasi   tower yang telah disegel oleh pihak satpol di jln Karya Bhakti RT 01 RW 18,Kampung lembak saat,Kelurahan Cipageran,kecamatan Cimahi Utara.Kondisi tower yang sudah hampir rampung(80 persen) pembangunan itu,terpaksa disegel oleh satuan Pamong Praja Kota Cimahi.Hal itu dikarenakan pembangunan tower tersebut melanggar Perda Kota Cimahi, No 5 tahun 2010 tentang penataan telekomunikasi,nomor 6 tahun 2011,tentang retribusi mendirikan bangunan dan nomor 16 tahun 2012 tentang penelenggaraan perizinan pemanfaatan ruang.

Atas kejadian itu,Kepala Bidang Tata ruang DPUPR,Amy Pringgo,Ketika dimintai keterangannya menyayangkan bahwa pihak pengembang tidak beritikad baik dengan memanfaatkan jeda waktu yang kami berikan.Apapun  kita harus berikan toleransi juga sesuai aturan,namun toleransi itu tidak dilaksanakan dengan baik malah melanjutkan pembangunan .Ditegaskannya, kami tidak bisa menegur dan langsung bertindak makanya ada jeda waktu antara SP 1,SP 2 dan SP 3 yang kami berikan sejak ditemukan ada indikasi pembangunan tersebut.

H.Asep Rukmasyah,Ketika dimintai komentarnya” Warga mendukung apa yang dilakukan oleh satpol PP dan meminta agar pengawasan terus dilakukan,jangan sampai  penyegelan ji dibuka,sebelum pihak Menara tower  membereskan ijinnya terlebih dahulu”.

Begitupun  warga sekitar,Beny B Arifin  Ketika dimintai pendapatnya mengatakan kami selalu memberi saran agar melakukan perijinan terlebih dahulu ,tetapi pihak Menara tower  ngeyel dan tidak mengindahkan anjuran dari warga sekitar.. Terus kumaha atuh !?, Whats Next , Ahahah.. (Sinto)

Tentang RedaksiKJ 1757 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan