BENDUNG KARET DALAM PERSPEKTIF PRESIDEN JOKOWI

BENDUNG KARET DALAM PERSPEKTIF PRESIDEN JOKOWI

Koranjokowi.com, Bandung : Sudah lama Presiden Jokowi mendukung Kementerian PUPR dalam menerapkan inovasi Bendung Karet untuk mendukung ketahanan air dan pangan di Indonesia.

Bendung karet, bagi Presiden yang insinyur ini memahami jika kantong karet yang dipasang melintang sungai atau saluran air untuk menaikan tinggi muka air sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengairi saluran irigasi, penyediaan air baku, dan sarana pengendali banjir.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan bahwa inovasi dan teknologi diperlukan dalam pembangunan infrastruktur untuk menjadi lebih baik, cepat, dan lebih murah.

Secara teknis pengoperasian teknologi ini dilakukan dengan memompa air atau udara pada bendung karet untuk menahan aliran air. Saat karet menggelembung, aliran air sungai akan tertahan untuk menaikkan tinggi muka air.

Bendung karet dapat diumpamakan sebagai kantong karet yang dipasang melintang sungai atau saluran air. Dengan memompa air/udara kedalamnya, bendung karet akan menggelembung sehingga menahan aliran serta dapat menaikan tinggi muka air di sungai/saluran tersebut. Sebaliknya dengan mengempiskan secara manual atau otomatis akan dapat dibuat rata penuh dengan dasar sungai/saluran. Dan diinginkan dapat dikempiskan sebagian.

Keunggulan:
– Waktu pelaksanaan relatif cepat, sederhana / mudah
– Bentang dapat lebih panjang (maksimum 100 m), tanpa/ sedikit pilar.
– Tubuh bendung fleksibel dapat mengikuti bentuk pondasi
– Konstruksi sub struktur (pondasi) relatif lebih ringan sehingga biaya lebih murah dan flesibel terhadap nurunan tanah dan pondasi.
– Operasi dan pemeliharaan tanpa membutuhkan dayayang besar, biaya rendah,tidakperlu pengecatan dan tidak korosi.(Red-01/Foto.ist)

Tentang RedaksiKJ 901 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan