BISA APA RELAWAN JOKOWI KAB. BANYUWANGI TAHUN 2021 – 2024 ?

BISA APA RELAWAN JOKOWI KAB. BANYUWANGI TAHUN 2021 – 2024 ?

KoranJokowi.com, Bandung : Kabupaten Banyuwangi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa TimurIndonesia. Ibu kotanya adalah Kota Banyuwangi. Yang merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur sekaligus menjadi yang terluas di Pulau Jawa, dengan luas wilayahnya yang mencapai 5.782,50 km², atau lebih luas dari Pulau Bali (5.636,66 km²). Di pesisir Kabupaten Banyuwangi, terdapat Pelabuhan Ketapang, yang merupakan penghubung utama antara pulau Jawa dengan pulau Bali (Pelabuhan Gilimanuk).

Jumlah penduduk > 1,7 juta jiwa tersebar di 25 kecamatan, 28 kelurahan dan 189  desa, yang ber-hari jadi Tgl.17 Desember 1771.

Saat Pilpres 2019 suara Presiden Jokowi di Kab. Banyuwangi mencapai unggul 70,94% atau lebih dari 711.000 suara. Jumlah tersebut meningkat drastis dibanding Pilpres 2014, yang sekitar 59,8%. Peningkatan suara ini disinyalir karena basis suara santri dan relawan Jokowi demikian militan 

Kabupaten Banyuwangi menyandang beberapa julukan, di antaranya:

  • The Sunrise of Java

Julukan The Sunrise of Java disandang Kabupaten Banyuwangi tidak lain karena daerah yang pertama terkena sinar matahari terbit di pulau Jawa.

  • Bumi Blambangan

Sejarah berdirinya Banyuwangi tidak bisa dilepaskan dari sejarah kerajaan Blambangan, karena Blambangan merupakan cikal bakal dari Banyuwangi. Blambangan adalah kerajaan yang semasa dengan kerajaan Majapahit bahkan dua abad lebih panjang umurnya. Blambangan adalah kerajaan yang paling gigih bertahan terhadap serangan Mataram dan VOC serta Blambanganlah kerajaan yang paling akhir ditaklukkan penjajah Belanda di pulau Jawa.

  • Kota Osing

Salah satu keunikan Banyuwangi adalah penduduk yang multikultur, dibentuk oleh 3 elemen masyarakat yaitu Jawa Mataraman, Madura, dan Osing. Suku Osing adalah penduduk asli Banyuwangi. Sebagai keturunan kerajaan Blambangan, suku osing mempunyai adat-istiadat, budaya maupun bahasa yang berbeda dari masyarakat Jawa dan Madura.

  • Kota Santet

Julukan Banyuwangi kota santet terkenal sejak peristiwa memilukan ketika 100 orang lebih dibunuh secara misterius karena dituduh memiliki ilmu santet. Peristiwa ini dikenal luas oleh masyarakat sebagai “Tragedi Santet” Tahun 1998.

  • Kota Gandrung

Kabupaten Banyuwangi terkenal dengan Tari Gandrung yang menjadi maskot kabupaten ini.

  • Kota Banteng

Kabupaten Banyuwangi dijuluki kota banteng dikarenakan di Banyuwangi tepatnya di Taman Nasional Alas Purwo terdapat banyak banteng jawa.

  • Kota Pisang

Sejak dahulu Kabupaten Banyuwangi sangat dikenal sebagai penghasil pisang terbesar, bahkan tiap dipekarangan rumah warga selalu terdapat pohon pisang.

  • Kota Festival

Berawal dari sukses penyelenggaraan kegiatan budaya Banyuwangi Ethno Carnival pertama pada tahun 2011 lalu, maka pada tahun-tahun berikutnya seakan tak terbendung lagi semangat dan kegairahan masyarakat Banyuwangi untuk mengangkat potensi dan budaya daerah melalui rangkaian kegiatan yang dikemas dalam tajuk Banyuwangi Festival.

(64) Semarak Banyuwangi Ethno Carnival – YouTube

Maka sejak 2012 acara Banyuwangi Ethno Carnival ditahbiskan menjadi agenda tahunan berbarengan dengan kegiatan lain, baik yang bersifat seni, budaya, fesyen, dan wisata olahraga.

Sebentar lagi akan HUT yang ke-250 , tgl. 18 Desember 2021.

Mari persiapkan diri , recovery pasca  Covid 19 dan Penegasan kembali slogan SATYA BHAKTI PRAJA MUKTI, selalu mengabdi kepada kebenaran demi kesejahteraan dan kebahagiaan rakyat.

Salam dari Kota Bandung !

 

Tentang RedaksiKJ 3070 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

1 Trackback / Pingback

  1. Kabar BANYUWANGI - (21), "ALAS PURWO BUKAN SEKEDAR OBYEK WISATA BIASA, DIA ADALAH HUTAN PERTAMA DI PULAU JAWA " - KORAN JOKOWI

Tinggalkan Balasan