Kabar Kuansing (37), “SUKSESKAN PACU JALUR 21-25 AGUSTUS 2022 MENDATANG, POLRES KUANSING SIGAP”

Kabar Kuansing (37),

“SUKSESKAN PACU JALUR 21-25 AGUSTUS 2022 MENDATANG, POLRES KUANSING SIGAP”

Koranjokowi.com, Kuansing, Riau :

Setelah 2 tahun absen karena Pandemi Covid 19, rencana even ‘Pacu Jalur’ , Festival Kebudayaan masyarakat Kuansing yang akan dilaksanakan tgl.21-25 Agustus 2022 mendatang kembali akan dilaksanakan. Hal ini terbukti dengan dilakukannya ‘uji coba’ di  Tepian Teluk Bayur Desa Gunung Kec, Gunung Toar  (30/7) lalu dengan pengamanan penuh dari Polres Kuantan Singingi.

” Selama tiga hari pelaksanaan Pacu Jalur Ajang Uji Coba ini, berjalan aman, lancar dan kondusif, dengan menerjunkan Personil Polri sebanyak 70 Personil, Satpol PP sebanyak 6 Personil dan TNI 10 Personil,’ Ujar Kapolres Kuansing – AKBP Rendra Oktha Dinata,SIK M.Si melalui Kapolsek Kuantan Mudik Iptu Ferry M Fadillah,SH.

Pengamanan Pacu Jalur tersebut, menerjunkan personil dari Polsek Kuantan Mudik dan di backup juga oleh personil Polres Kuansing. Pada hari ketiga, sambung Ferry, kegiatan pacu jalur ajang uji coba tersebut ikut disaksikan oleh mewakili  Kasat Samapta – AKP Hajjar Aswadiman (mewakili Kapolres),  Kapolsek Kuantan mudik – IPTU Ferry M. Fadillah SH dan Kasi Humas AKP Tapip Usman,SH.

See the source image

Teman teman Relawanjokowi.com dimana saja berada,

Dari berbagai sumber yang Koranjokowi.com himpun, Pacu Jalur merupakan sebuah perlombaan mendayung di sungai dengan menggunakan sebuah perahu panjang yang terbuat dari kayu pohon. Panjang perahu ini bisa mencapai 25 hingga 40 meter dan lebar bagian tengah kir-kira 1,3 m s/d 1,5 m, dalam bahasa penduduk setempat, kata Jalur berarti Perahu

Pacu jalur biasanya dilakukan di Sungai Batang Kuantan. Hal ini tak lepas dari catatan panjang sejarah, Sungai Batang Kuantan yang terletak antara Kecamatan Hulu Kuantan di bagian hulu dan Kecamatan Cerenti di hilir, telah digunakan sebagai jalur pelayaran jalur sejak awal abad ke-17. Dan, di sungai ini pulalah perlombaan pacu jalur pertama kali dilakukan. Sedangkan, arena lomba pacu jalur bentuknya mengikuti aliran Sungai Batang Kuantan, dengan panjang lintasan sekitar 1 km yang ditandai dengan enam tiang pancang

Bapak Jusup kala saat Wapres pernah membuka event ini, dan insyaallah mendatang akan dibuka oleh Menparekraf RI – Sandiaga Uno

TERIMA KASIH KEPADA KAPOLRES KUANSING & JAJARANNYA SERTA PARA PANITIA , SEMOGA EVEN INI AKAN MENAMBAH HASANAH SEKTOR WISATA KAB. KUANSING MENDATANG,  AAMIIN ALLAHUMA AAMIIN.

(AndiS/Foto.ist)

Lainnya,

Kabar Kuansing Riau (36), KERUGIAN NEGARA RP.649 JUTA AKIBAT ULAH PNS INI, SIAP DIBUI 3 – 20 TAHUN ? – KORAN JOKOWI

Tentang RedaksiKJ 3342 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan