“RAGU BERDOA KARENA DOA NABI MUSA DIKABULKAN SETELAH 40 TAHUN.OPO MENEH !?”

CU060711-001hr

“RAGU BERDOA KARENA DOA NABI MUSA DIKABULKAN SETELAH 40 TAHUN.OPO MENEH !?”
Koranjokowi.com, Edukasi:

Bulan Ramadhan 1444 H menjelang akhir menuju 1 Syawal 1444 H, 30 hari lamanya kita memaksimalkan ibadah di bulan  penuh keberkahan dan mulia ini. Sebagaimana dijanjikan Allah SWT, “Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad, 2: 305)

“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, ‘Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.'” (HR. Bukhari no. 1145 dan Muslim no. 758)

Di bulan Ramadhan kita mengenal waktu doa yang mustajab , yaang pertama, doa saat  Sahur, sahur menjadi waktu ketika rahmat tersebar, nikmat menjadi semakin sempurna, dan permintaan dikabulkan. Yang kedua, doanya orang yang berpuasa , Dan yang ketiga, doa saat berbuka puasa,  “Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak akan ditolak ketika berbuka.” (HR. Ibnu Majah 1753, sahih menurut Al-Bushiri)

Peristiwa Muharram: Raja Firaun Tenggelam di Lautan, Mulutnya Disumpal oleh Malaikat Jibril dengan Lumpur
Apakah doa doa kita ini dikabulkan Allah, wallahualam bishowab.

Kemarin, saat khutbah sholat Jumat, pengkhotbah bercerita bahwa Nabi Musa AS  butuh waktu 40 tahun agar doanya mengalahkan Firaun dikabulkan Allah. Kita kadang suka lupa bahkan  mendikte Allah ketika diberikan sebuah kegagalan atau doanya belum dikabulkan dengan cepat. Kitapun gundah karena doa kita ‘belum juga dikabulkan’

Ketika Nabi Musa AS lalu berperang melawan Firaun, beliau berdoa kepada Allah SWT agar bisa mengalahkan Firaun. Sebagaimana hal ini disampaikan dalam surat Yunus ayat 88-89,  “Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau telah memberi kepada Fir’aun dan pemuka-pemuka kaumnya perhiasan dan harta kekayaan dalam kehidupan dunia, ya Tuhan Kami — akibatnya mereka menyesatkan (manusia) dari jalan Engkau. Ya Tuhan kami, binasakanlah harta benda mereka, dan kunci matilah hati mereka, maka mereka tidak beriman hingga mereka melihat siksaan yang pedih”.

Moses and the Tablets, by Jerry Harston; GAB 14; Primary manual 6-24; Exodus 19–20

AlIah berfirman: “Sesungguhnya telah diperkenankan permohonan kamu berdua, sebab itu tetaplah kamu berdua pada jalan yang lurus dan janganlah sekali-kali kamu mengikuti jalan orang-orang yang tidak mengetahui”.

Masih kata pengkhotbah , “Nabi Musa Alaihisalam dikabulkan doanya setelah 40 tahun lamanya, beliau baru bisa  mengalahkan Firaun dengan menenggelamkannya bersama pasukannya di Laut Merah, Malaikat  Jibril sangat membenci Raja Firaun karena kesombongannya. Kisah tentang kebencian Jibril kepada Fir’aun tersebut diceritakan dalam hadis yang diriwayatkan Tirmidzi dalam Kitab Tafsir, bab dari surat Yunus, 4/287 yang dishahih Sunan Tirmidzi”

Diriwayatkan, Jibril telah memberitahu Rasulullah SAW bahwa pada saat Firaun tenggelam dia berkata, bahwa  Jibril telah  menyumbat mulutnya dengan lumpur laut, sehingga dia tidak bisa berucap kalimat tauhid. “Wahai Muhammad, seandainya kamu melihatku mengambil lumpur laut, lalu aku suapkan di mulutnya karena aku takut rahmat mendapatinya,” ujar Jibril kepada Rasulullah. Jibril khawatir dia meraih rahmat Allah dan tobatnya diterima.


Masih akankah kita berdoa?

(Red-01/Foto.ist)

Lainnya,

#Melawan Lupa (153), “YOS SUDARSO, KATOLIK & SETIA BUNG KARNO”

EDITORIAL

SURAT TERBUKA UNTUK KETUM PDI PERJUANGAN IBU HJ. MEGAWATI SUKARNOPUTRI (Kiranya dapat segera Mencapreskan Ganjar Pranowo)

SURAT TERBUKA UNTUK KETUM PDI PERJUANGAN IBU HJ. MEGAWATI SUKARNOPUTRI (Kiranya dapat segera Mencapreskan Ganjar Pranowo) Yth Ibu Megawati, Dalam setahun belak

 

Tentang RedaksiKJ 3837 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan