Maydin RH.Sijabat, SE MM, “IKBA 53 HARUS SIAP HADAPI BONUS DEMOGRAFI THN.2045”

Maydin RH.Sijabat SE MM,

“IKBA 53 HARUS SIAP HADAPI BONUS DEMOGRAFI THN.2045”

Koranjokowi.com, OPINi:

SEJARAH SMAN 53

SMA Negeri 53 Jakarta pada waktu itu merupakan kelas jauh (filial) dari SMA 14 Cililitan Jakarta Timur. Kemudian berdasarkan SK. Mendikbud nomor 0220/0/1981, ditetapkan menjadi SMA Negeri 53 Jakarta dan peresmiannya tanggal 27 Maret 1982. Pada pertengahan tahun 2005, di bawah pimpinan Drs. H. Sudirman Bur MM, gedung SMA dilakukan renovasi  ulang dan Gedung baru pun  efektif dipergunakan sejak Januari 2006. Selama renovasi ulang dari pertengahan tahun 2005 – awal tahun 2006,  kegiatan belajar mengajar (KBM) di gedung SDN Cipinang Besar Selatan dengan jadwal sekolah petang.Sekedar informasi, Tahun Pelajaran 2021/2022 saat ini SMA Negeri 53 Jakarta dipimpin oleh Dra. Hera Sihombing, M.Pd sebagai Kepala sekolah.

Seiring waktu SMAN 53 yang ditahun 1980-an identik dengan sekolah negeri  yang ada diantara rumah penduduk padat,  empang/rawa dan hilir-mudiknya ayam, bebek bahkan kambing milik penduduk yang kadang masuk kelas , … terus berbenah diri melalui Program Kerja Sarana Prasarana , dimana semua tentang perencanaan semua kegiatan di bidang sarana dan prasarana sekolah yang disusun sebagai pedoman dan acuan dalam melaksanakan kegiatan berupa inventarisasi, perbaikan dan pengadaan barang dan sarana lainnya berdasarkan prioritas kebutuhan yang disesuaikan dengan ketersediaan anggaran sekolah. Sehingga pelaksanaan kegiatan sekolah dan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan tertib dan lancar.

PERAN SERTA IKBA53

Kami, sebagai alumni SMAN 53 tahun 1984 khususnya IKBA53 (Ikatan Keluarga Besar Alumni SMAN 53) pastinya merasa bangga sekaligus terharu melihat pembangunan dan perubahan fisik sekolah dari waktu kewaktu , semoga semua berjalan dengan baik sesuai harapan  kita semua ( Kemendiknas RI, Kepala sekolah, para guru, para staf pengajar, orangtua murid)  dan para alumni SMAN 53 – IKBA53 Jakarta Timur sejak thn.1982 – 2023 , Aamiin Yarabil’alamiin.

Saat HUT IKBA 53 Ke-15 tahun 2023 lalu, hari Sabtu, 27 Mei 2023, pkl.09.00-selesai. Di SMAN 53, Jl. Cipinang Jaya II B, Jatinegara, Jakarta Timur dalam acara Talkshow tentang ‘Bonus Demografi & Peran Alumni SMAN 53’, saya mencatat kesimpulan dari para pemapar materi ;  Keynote speaker – Perwakilan Kemendikbud RI – DR.Didang Setiawan Mpd, TCM , Dra. Herawati Sihombing, M.Pd – Kepsek SMAN 53 , Maydin RH.Sijabat SE MM – Penasehat IKBA53 ,  Sangap Sidauruk SH MH – Ketum IKBA53 , maupun para alumni yang bertanya saat itu, kesimpulannya sbb :

1.Pasca Pandemi Covid 19 pemerintah melalui Presiden Ir H Joko Widodo (Jokowi) terus gencar meminta semua stakeholder terkait sektor pendidikan, agar fokus mengembangkan kualitas SDM – Sumber Daya Manusia (SDM) dengan metode baru, sehingga kita lebih siap menghadapi ‘Bonus demografi tahun 2030-2050 menjadi hal positip. Yaitu optimalisasi akan kebutuhan SDM yang berbudi pekerti luhur, berkarakter kuat, serta menguasai keterampilan dan ilmu pengetahuan masa kini dan masa depan
.
2. Program optimalisasi SDM Unggul adalah salah satu jawaban bahwa pemerintah demikian fokus atas angka kemiskinan yag masih sekitar 9,57% (26,36 juta orang) dan jumlah pengangguran sekitar 8,4 juta orang dimana usia produktif 15-55 thn pun masih mendominasi 62% .
.
3.Bonus Demografi mendatang yang jika salah ‘urus’ maka akan menjadi hantu bangsa dan negara besar ini. Karena akan ada kelompok usia >62 tahun hingga 60% ditahun 2030 yad. Apakah akan masih ada kesempatan & lap.kerja untuk ini khususnya bagi orang miskin dan lulusan sekolah tanpa sepesialisasi tambahan karena kendala biaya.
.
4.Lembaga-lembaga pendidikan seperti di SMAN 53 mempunyai kewajiban menyiapkan lulusan yang mampu bersaing di dunia industri. Dengan lulusan yang berkualitas dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dianggap mampu menghadapi fenomena bonus demografi. Juga peningkatan kreativitas dan inovasi dengan bekal kompetensi di bidangnya masing-masing. Dengan kompetensi dan bakat yang dimiliki diharapkan generasi muda dapat memenuhi kebutuhan dunia industri dan wirausaha.

6.IKBA53 siap mendukung program pemerintah untuk hal ini diperlukan sinerjitas dan komunikasi yang tiada putus dalam setiap kegiatan internalnya dan ini telah dimulai sejak diadakannya acara Talkshow seperti ini

Saat di acara HUT IKBA ke-16, Sabtu, 1 Juni 2024 lalu, Maydin RH.Sijabat SE MM – Penasehat IKBA53 kembali mengingatkan  bahwa peran Alumni (IKBA53) harus terus dikongkritkan bukan hanya dikalangan internal saja namun eksternal, baik melalui sosial media , acara/event dsb. Hal lain yang tidak boleh dikesampingkan adalah :

1. Memiliki keahlian sesuai kebutuhan industri

Semakin ketatnya persaingan antar pencari kerja, Alumni (IKBA53) diharapkan dapat memiliki keahlian sesuai dengan kebutuhan industri melalui pelatihan/kursus atau mengikuti program magang di industri. Sehingga akan lebih siap dan memiliki pengalaman untuk dapat terjun langsung ke dalam industri tersebut.

(Budi Mandala,SE-Ikba53/82, Sangap Sidauruk SH MH Ikba53/84  & Maydin RH.Sijabat SE MM /Ikba53/82)

2. Mengurangi Pengangguran

Alumni (IKBA53)  yang memang telah berhasil dalam pekerjaannya diharapkan dapat mengikut-sertakan alumni atau keluarga alumni untuk bekerja sehingga akan berdampak kepada program pemerintah dalam hal mengurangi tingkat pengangguran

3.Menjadi Wirausahawan

Yang terakhir masih kata Bang Maydin, panggilan akrab kami, Alumni (IKBA53) harus mampu dan mau  bertahan dalam kerasnya persaingan mencari sumber penghasilan akan lebih baik mampu  membuka usaha sendiri  (wirausaha/enterpreneur) sehingga  tidak hanya bertahan dalam menghadapi bonus demografi tetapi juga memenangkannya. “Hal lain adalah Alumni harus memahami potensi diri, dan rasa optimistis menghadapi masa depan, dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Di Kementerian terkait dan lembaga penduidikan tingkat Perguruan Tinggi  kiranya semakin meningkatkan ketersediaan Program beasiswa  baik untuk Diplomasi, Strata-1,2,3 dsb. Karena ini juga salah satu solusi bagi mereka yang ingin terus menimba ilmu namun terkendala karena kemiskinan”, tutup Bang Maydin, yang juga Dewan Redaksi Koranjokowi.com dan Dewan Penasehat Alwanmi – Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia melalui seluler (4/6) lalu

(Red-01/Foto.ist)

Lainnya,

(Silahkan klik tautan ini)

Gambar Tanda Panah Melengkung - (546x596) Png Clipart Download

@koranjokowi.com

Link Tiktok dibawah ini sudah dimakan ‘hantu’ sejak tgl.19 Maret 2024 lalu, ngeri ya.

@koranjokowi

https://sman53jkt.sch.id/

 

Tentang RedaksiKJ 3845 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan