Maydin RH Gusar Sijabat,SE.MM. ‘LESTARIKAN DAN AMALKAN DALIHAN NA TOLU”

Maydin RH Gusar Sijabat,SE.MM.

“LESTARIKAN DAN AMALKAN DALIHAN NA TOLU”

Koranjokowi.com, Alwanmi, OPINi:

Bona Taon atau yang secara harfiah berarti pangkal tahun adalah acara yang dilakukan sebagai bentuk penyambutan tahun baru dalam tradisi Batak. Meskipun terdapat kesamaan dengan tradisi Mangase Taon yang digelar di akhir tahun, Bona Taon memiliki ciri khas tersendiri yang tak kalah meriah.

Juga di acara Pesta Bona Taon ” PARTANGIANGAN PUNGUAN POMPARAN TOGA SIJABAT & BORUNA SE-JABODETABEK”, tgl. 14 April 2024 lalu di Gd.Pertemuan Graha Delima, Kota Bekasi  yang dihadiri lebih dari 1.300 an lalu pun adalah bagian dari itu. Hanya yang membedakan dari yang lain, acara ini juga merupakan pelantikan kepada  Maydin RH Gusar Sijabat,SE.MM sebagai Ketua Umum  TOGA SIJABAT SE-JABODETABEK Thn. 2024-2028, yang merupakan pertama kalinya Raja Gusar Sijabat dipercayakan sebagai Ketua umum.

Dalam sambutannya, Maydin yang juga Komisioner Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) dan Koranjokowi.com  mengatakan melalui seluler (16/4) lalu.

1.Sejatinya kita semua melestarikan prinsip-prinsip dasar Dalihan Na Tolu. Saling hormat-menghormati dalam keluarga, masyarakat dan bernegara.

Juga melestarikan falsafah hidup dalam tatanan kekerabatan antara sesama yang bersaudara, paranak dengan hulahula dan boru. Perlu keseimbangan yang absolut dalam tatanan hidup antara tiga unsur. Untuk menjaga keseimbangan tersebut kita harus menyadari bahwa semua orang akan pernah menjadi hula-hula, pernah menjadi boru, dan pernah menjadi dongan tubu

3.Siap menerima dan menghadapi tantangan – tantangan baru dalam kehidupan Toga Sijabat dengan prilaku – prilaku baik dan membahagiakan orang lain.

“Tanggung-jawab selaku Ketua Umum pastinya besar, bagaimana?”, tanya saya

“Semua pastinya akan menjadi ringan disaat dikerjakan secara kolektif/bersama – sama. Suka duka, tiada sekat apapun dalam membangun kekerabatan adat yang telah dilakukan para pendahulu dan leluhur. Saya akan menjaga semuanya dengan baik”, jawab Bang May ,panggilan akrab saya.

“Hal lain?”

“Sederhana saja lakukan dan praktekkan sebagaimana Inti ajaran Dalihan Na Tolu ,  ajaran saling menghormati (masipasangapon) dengan dukungan kaidah moral: saling menghargai dan menolong. Karena,  Dalihan Na Tolu merupakan satu media ampuh  yang memuat asas hukum yang objektif”

Bang Maydin juga mengatakan bahwa Toga Sijabat ada II OMPUNG :

I. OPUNG PANSUR NABOLON ;
1. Raja Gusar
2. Raja Panjabat
3. Raja Boltok
4. Raja Datu Tala

II. OMPUNG HOMBAN NABOLON ;
1. Raja Tuan Diangkat
2. Raja Holbung
3. Raja Manungkuhuk.

“Leluhur kita itulah yang mewariskan sekaligus memerintahkan agar ajaran Dalihan Na Tolu diamalkan, dicontohkan dan disebarkan lintas generasi melalui POMPARAN TOGA SIJABAT & BORUNA SE-JABODETABEK ini. Jika saja di anggota kami ini didominasi usia muda, maka bagaimana memperkenalkan dan melestarikan ajaran atau falsafah Dalihan Na Tolu pada kalangan generasi muda, apalagi mereka demikian akrab dengan teknologi dan media sosial. Dengan narasi, informasi, foto atau apapun mereka lebih  agresif dalam bekerja yang sekaligus merupakan tantangan kami. Sederhananya seperti itu ya kira – kira”, tutup bang Maydin.

(Red-01/Foto.ist)

————————- .

————————- .

Lainnya

(Silahkan klik tautan ini)

Gambar Tanda Panah Melengkung - (546x596) Png Clipart Download

@koranjokowi.com

Link Tiktok dibawah ini sudah dimakan ‘hantu’ sejak tgl.19 Maret 2024 lalu, ngeri ya.

@koranjokowi

 

FOTO BICARA INDONESIA

Maydin RH. Sitanggang, SE, MM (4), “TEGURAN PRESIDEN JOKOWI KE MENDAG RI ITU SEPERTI AYAH KE ANAK, BIASA SAJA”

Maydin RH. Sitanggang, SE, MM (4), “TEGURAN PRESIDEN JOKOWI KE MENDAG RI ITU SEPERTI AYAH KE ANAK, BIASA SAJA” Koranjokowi.com, Bandung : Teguran Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada  Dr. (H.C.) H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M –  […]

Diary Relawan Jokowi: KONGRES RELAWAN JOKOWI SEDUNIA 2013, BANDUNG. “Koranjokowi.com & Alwanmi”

Tentang RedaksiKJ 3837 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan