Pengurus FLOBAMORA Jabar segera Dibentuk

Pengurus FLOBAMORA Jabar segera Dibentuk

Koran Jokowi. Com,Bandung:. Flobamora merupakan organisasi komunitas diaspora orang Flores, Sumba, Timor dan Alor yang berada didalam maupun luar negeri. Flobamora Jabar akan segera dibentuk di Bandung Jawa Barat (Jabar).

Berawal dari dua kali program bantuan sosial Forum Masyarakat Nusa Tenggara Timur (Formas NTT) yang membantu beberapa panti asuhan dan panti jompo dilanjutkan dengan penggalangan bantuan dana untuk korban erupsi Gunung Ile Lewotolok Kecamatan Ile Ape Kabupaten Lembata Provinsi NTT. Sudah saatnya dibentuk pengurus baru masyarakat Flobamora Jabar.

Hal itu disampaikan Kompol Pol (Purn) Abimelek Tobe disela sela rapat evaluasi bantuan bencana, di Jalan Karang Tinggal Dalam No 1 Kota Bandung, Minggu (20/12/2020).

IklanGulir untuk Melanjutkan
“Sejauh ini baru masuk bantuan dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang dipimpin oleh Yoseph Selan dan keluarga besar Oenan Banan Onam TTS koordinatornya Oktaviana Talan dan bapa Felix koordinator Kabupaten Kupang dan Arisan Keluarga Tale Kebote Flores Timur, dan sambil menunggu penggalangan dana dari kabupaten dan kota lain hingga batas waktu 10 Januari mendatang,” kata Abe Tobe.

Selain penggalangan dana disinggung juga pembentukan nama pengurus baru tidak lagi menggunakan nama Formas NTT.

“Sudah saatnya kita merevitalisasi kinerja pengurus dan masyarakat NTT di Jabar khususnya Kota Bandung yang selama ini belum maksimal dan belum sinergi dengan para stakeholder lebih dikenal dengan para kepala suku atau perwakilan daerah, sehingga kita ingin melengkapi dan memperbaiki kinerja supaya untuk kedepan akan jauh lebih baik lagi,” jelas Abe Tobe.

Kepengurusan selama ini diakui Abe Tobe sudah bagus mulai dari tahun 1970 an sudah muncul nama Ikemas (Ikatan Masyarakat) NTT Jabar yang diprakarsai sesepuh, diantaranya dr. J. Manoe dan para tokoh dari kalangan TNI-Polri seperti Mayjen (Purn) TNI Herman Musakabe sempat menjabat sebagai Komandan Seskoad dan Brigjen Pol (Purn) Anthon Tifaona sebagai Wakapolda Jabar dan banyak tokoh terkenal lainnya yang tinggal di Kota Bandung, mereka sudah banyak berkontribusi positif terhadap program pembangunan di Bandung umumnya Jabar.

Dengan perjalanan waktu para sesepuh NTT di Bandung mengizinkan generasi muda asal NTT membentuk Forum Masyarakat (Formas) Jabar yang pertama kali dipimpin oleh Donkers Mayorga SE, beliau jebolan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) juga sebagai pelaku usaha di Jabar, dari tangan Donkers inilah Formas semakin dikenal hingga memfasilitasi pembentukan generasi muda NTT di Kota Bandung.

“Langkah positif yang sudah dibangun Donkers Mayorga perlu ditingkatkan dengan menyatuhkan semua elemen masyarakat tanpa membedakan suku agama dan golongan apapun dalam wadah Flobamora dan akan menempatkan para kepala suku masing masing daerah sebagai garda terdepan didalam memberikan pelayanan kepada sesama,” imbuh Abe Tobe.

Karenanya, Abe Tobe menegaskan bahwa untuk program kerja kedepan nama Formas tidak lagi dipakai tetapi dirubah menjadi nama Flobamora mewakili semua nama daerah yang ada di NTT yaitu Flores, Sumba, Timor, Alor dan sekitarnya.

“Ini menjadi keharusan yang tidak bisa dirubah seenaknya karena nama ini sudah melekat dan menjadi seragam digunakan mulai dari Kantor Penghubung Pemerintah NTT di ibu kota negara maupun komunitas Flobamora diluar negeri termasuk juga disemua ibu kota provinsi yang tersebar ditanah air semuanya menggunakan nama Flobamora,” tandas Abe Tobe. (Hms lauren) sinto

Tentang RedaksiKJ 901 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan