KEDAI KOPI AREN KAB. KUANSING RIAU , OPTIMALKAN PRODUK LOKAL DAN MENYERAP TENAGA KERJA WARGA DESA.

KEDAI KOPI AREN KAB. KUANSING RIAU , OPTIMALKAN PRODUK LOKAL DAN MENYERAP TENAGA KERJA WARGA DESA.

KoranJokowi.com, Bandung : Disaat semua orang terkagum dengan lonjakan jumlah penduduk Provinsi yang hingga akhir tahun 2020 lalu menjadi 6,9 juta dan tersebar diseluruh Kabupaten/Kota maka semua mulai mengkalkulasi lonjakan itu dengan Pemberdayaan masyarakatnya termasuk di Kab.Kuansing Singingi, Riau.

“Banyak pekerja media (Pers) saat rehat datang kesini bang”, kata Rowandri – Staf Khusus KoranJokowi.com dari Prov.Riau yang diamini oleh Budi Adrian – KordProv Riau.

Kata mereka pangsa penikmat kopi sepertinya sudah bosan dengan sajian sebagaimana yang ada kedai kedai kopi di Kab.Kuansing. Maka diversifikasi KOPI AREN menjadi icon baru.

Ditambahkan Rowandri, Kedai kopi dimana pun berada adalah
tempat nongkrong, dulu budaya ngopi memegang peranan penting dalam era revolusi di berbagai negara termasuk ditanah air

Disebagian sumber disebutkan Alan Sejarah panjang tentang budaya ngopi sebenarnya sudah ada sejak zaman Kesultanan Ottoman (Utsmaniyah/Turki) bahkan jauh sebelum abad 16. Kemudian dari sana mulai bermunculan kedai kopi di berbagai negara yang jadi tempat banyak orang menciptakan ide hingga membicarakan tentang revolusi.

Budi menambahkan,Kebiasaan ngopi mengalami penyesuaian dengan gaya hidup di tiap negara. Bukan hanya racikan kopi saja yang berbeda tetap packaging/namanya.

Di Pandemi COVID 19 ini pun Saya lihat kedai KOPI AREN ini tidak ditinggal pelanggannya Karena mereka bisa menggunakan aplikasi Gojek dsb. Pastinya semua ini tidak mengurangi ‘rasa sebagaimana ngopi di TKP, tambah Ardepi -Wartawan KoranJokowi.com Kab.Kuansing yang juga hadir disana (27/4)

Jumlah penduduk Provinsi Riau memang menempati urutan ke-10 se Indonesia, dengan jumlah 6,97 juta jiwa sebagaimana rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau tahun 2020 lalu,

KoranJokowi.com mencatat laju pertumbuhan penduduk Provinsi Riau mencapai 2,52% dan Kota Pekanbaru masih menjadi daerah terpadat di Riau dengan jumlah penduduk al:

-Pekanbaru: 1.143.360
-Kampar: 871.120
-Indragiri Hilir: 740.600
-Rokan Hilir: 714.500
-Rokan Hulu: 692.120
-Bengkalis: 573.000
-Siak: 490.000
-Pelalawan: 483.620
-Indragiri Hulu: 441.790
-Kuantan Singingi: 327.320
-Dumai: 308.810
-Kepulauan Meranti: 185.520

Kini dengan viralnya kedai KOPI AREN milk Keluarga Ny.Elva Dianur ,AMK yang berdiri sejak Februari 2020 dan beralamat di Jl.R.Abrus Kel.Sei Jering,Kec.Kuantan Tengah, Kab.Kuansing, Riau Ini adalah jawaban atas semua itu. Bahkan menjadi viral dan ‘icon baru.

Karena ada konsep Pemberdayaan produk lokal sekaligus penyerapan tenaga kerja warga sekitar,  salah satunya kini mulai marak budidaya Aren dsb. “Apa betul  sudah banyak ‘investor’ yang siap bermitra dengan Ibu?”, tanya kami.

“Sepertinya belum seperti Itu,namun Inshaa allah. Ini harus dibicarakan dulu dengan keluarga“, tutup Ny.Elva . ‘Tuh kan ! (Red-01/Foto.ist)

 

Tentang RedaksiKJ 1045 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan