IDUL ADHA TAMAN BUNGA CILAME DITENGAH PANDEMI COVID 19


KoranJokowi.com, Bandung Barat, Jabar : Ada yang berbeda  dengan pelaksanaan hari Raya Idul Adha 1441 H kali ini ,jumat (31/7) di kompleks Perumahan Taman Bunga Cilame, Ngamprah, Bandung Barat,Jawa Barat.Lantaran banyaknya imbauan pembatasan hingga pelarangan akibat covid-19 oleh pemerintah membuat puncaknya ibadah haji kaum muslimin itu sempat mengharuskan untuk tetap menjaga jarak, memakai masker dan menaati protokol kesehatan. Dimana kebijakan itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan virus  Covid 19luas di pemukiman warga.

“Ada sejumlah aturan teknis yang kami terapkan dalam mengantisipasi penyebaran virus covid 19 ,mulai dari aturan menjalankan sholat Ied dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti memeriksa suhu tubuh,mencuci tangan sebelum masuk masjid,memakai masker,menjaga jarak hingga sampai pada proses penyembelihan hewan kurban ,” ungkap Ketua Dewan Masjid Al Fallah, Usup Suryana.

“Kami selaku pengurus masjid mengapresiasi setinggi setingginya atas partisipasi serta keikut-sertaan warga dalam menyukseskan hari kurban kali ini,baik dalam keikutsertaan melakukan program nabung selama 10 bulan sehingga meski dilanda pandemi warga tidak merasa terbebani”,tukas Usup sambil membagikan piagam penghargaan kepada 50 warga yang telah melakukan korban, baik berupa sapi maupun kambing.

Ketua panitia pelaksanaan, Pudji Mulyono menuturkan proses pelaksanaan Idul Adha kali ini tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya.Cuma yang sedikit berbeda kami lebih mengefisiensi waktu dengan mengadakan mesin pemotongan tulang. Sementara jumlah hewan kurban sedikit mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.Sapi sebanyak 6 ekor dan kambing 8 ekor,tahun sebelumnya (sapi 7 ekor dan kambing 8 ekor).Dengan kondisi yang ada kami dari masjid Al Fallah akan mendistribusikan kepada 4 Rukun Tetangga (RT) 05,06,09 dan RT 01, serta tetangga perumahan, yaitu kampungCibatu,Cipametingan,Pondok pesantren serta yayasan yang telah mengajukan proposalnya.

Bapak Purgio sebagai perwakilan Rt 05 ketika dimintai komentarnya mengungkapkan apresiasinya atas partisipasi semua pihak yang telah bahu membahu ikut terlibat proses penyembelihan hewan kurban.Dengan tetap berharap makin banyak warga yang ikut berkurban untuk kepentingan bersama dan untuk membantu warga masyarakat yang membutuhkan sehingga kita merasakan keiklasan dari korban kita sendiri.

Ditempat yang berbeda Ketua Panitia sekaligus Ketua DKM Masjid Miftahul Jana,H Holid menuturkan “Alhamdulilah tingkat partisipasi sumbangan mukhorim cukup tinggi.Hal itu merupakan evaluasi sekaligus kebahagian kami,tahun kemarin kami hanya mendapat 4 sapi saja dan tahun ini titipan kurban meningkat menjadi 6 ekor sapi”.
Dikatakannya pula, kami akan kelola dengan baik dan akan mendistribusikan kepada masyarakat yang meminta maupun yang tidak meminta kurang lebih kepada 230 KK dari 4 RT di Taman Bunga serta ditambah masyarakat sekitar, Kampung simpati maupun cipametingan.

Mudah mudahan dengan idul adha lebih mendekatkan umat muslim kepada semangat untuk terus berbagi,berkorban dengan keiklasan atas segala sesuatu yg dilakukan,mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan semangat silahturahminya. Selamat matH Raya  Idul Adha (Sinto/Foto.ist)

Tentang RedaksiKJ 1725 Articles
MEDIA INDEPENDEN RELAWAN JOKOWI : *Alumni Kongres Relawan Jokowi 2013 (AkarJokowi2013), *Aliansi Wartawan Non-mainstream Indonesia (Alwanmi) & Para Relawan Jokowi Garis Lurus lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan